Pidato Bupati JUNI 2013

PIDATO

BIMBINGAN DAN ARAHAN

BUPATI LABUHANBATU UTARA

PADA

APEL GABUNGAN PEGAWAI NEGERI SIPIL DILINGKUNGAN

PEMKAB LABUHANBATU UTARA

HARI SENIN, TANGGAL 10 JUNI 2013

TEMPAT

DI HALAMAN KANTOR BUPATI

LABUHANBATU UTARA

PIDATO

BIMBINGAN DAN ARAHAN

BUPATI LABUHANBATU UTARA

PADA

APEL GABUNGAN PEGAWAI NEGERI SIPIL DILINGKUNGAN

PEMKAB LABUHANBATU UTARA

HARI SENIN, TANGGAL 10 JUNI 2012

SAUDARA WAKIL BUPATI LABUHANBATU UTARA.

SAUDARA SEKRETARIS DAERAH LABUHANBATU UTARA.

SAUDARA PARA STAFF AHLI , ASISTEN , INSPEKTUR KABUPATEN, SEKRETARIS DEWAN, KEPALA SKPD SE­­- KABUPATEN LABUHANBATU UTARA.

SAUDARA PARA KEPALA KANTOR, KEPALA BAGIAN, KEPALA BIDANG, KEPALA SEKSI, DAN STAFF SERTA SELURUH PESERTA APEL GABUNGAN DILINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN LABUHANBATU UTARA

PERTAMA-TAMA MARILAH KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KE HADIRAT ALLAH TUHAN YANG MAHA ESA, KARENA ATAS IZIN-NYA MAKA KITA SENANTIASA BERADA DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT DAN DAPAT SECARA BERSAMA-SAMA MELAKSANAKAN APEL GABUNGAN.

Bapak, ibu, serta hadirin semuanya,

SEKTOR KESEHATAN MERUPAKAN SEKTOR YANG SANGAT STRATEGIS DALAM PENINGKATAN KUALITAS HIDUP MANUSIA, KARENA KITA SEMUA HARUS MENYADARI BAHWA DI DALAM TUBUH YANG SEHAT PASTI AKAN TERCIPTA KUALITAS MANUSIA YANG SEHAT PULA. SEIRING DENGAN HAL TERSEBUT DALAM RANGKA MEWUJUDKAN MASYARAKAT YANG MANDIRI UNTUK HIDUP SEHAT, PEMERINTAH TELAH MENCANANGKAN KEGIATAN PROGRAM PEMBINAAN UPAYA KESEHATAN 2010-2014 BERUPA:

saudara peserta apel yang berbahagia.

kedelapan tujuan pembangunan milenium tersebut diatas memiliki target yang harus kita capai sampai tahun 2015 ,yang hanya lebih kurang bersisa satu setengah tahun lagi kita harus bekerja keras untuk mencapai tujuan dimaksud minimal kita mendekati target nasional.

pepatah mengatakan. Kesehatan itu adalah harta yang sangat berharga dimiliki oleh tubuh kita. Jadi, kita harus menjaga kesehatan dengan benar.

hadirin sekalian yang saya hormati,

Pembangunan bidang kesehatan masyarakat perlu lebih memusatkan diri kepada menumbuh-kembangkan dorongan belajar dalam masyarakat agar mereka menyadari pentingnya hidup dan bergaya hidup sehat. Proses penyadaran ini hendaklah diposisikan oleh pegawai negeri sipil sebagai kegiatan antara lain;

memberikan contoh pengembangan tanaman obat keluarga, tanaman buah dan sayuran dalam pot, berternak ikan dikolam kecil berternah hewan peliharaan lainnya dilingkungan tempat tinggal yang sesuai dengan syarat kesehatan tentunya bisa mencegah kemiskinan dan kelaparan yang selanjutnya akan mengurangi gizi kurang dan sangat kurang dikalangan balita.

pola pendidikan yang berkelanjutan memberikan kontribusi didalam memberikan pengetahuan kepada masyrakat untuk mengerti akan arti sehat dan cara untuk sehat.

memberi contoh keluarga sakinah mawaddah warahmah tentunya pegawai negeri sipil dikabupaten labuhanbatu utara menjadi contoh untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

memberi contoh untuk turut hadir diposyandu dan sebisa mungkin istri pegawai negeri sipil menjadi simpatisan sekaligus sebagai kader posyandu karena anak yang sehat bertambah usia bertambah berat dan kepandaian . tentunya anak akan kuat melawan penyakit yang akhirnya bisa mengurangi kematian bayi dan anak ,

memberi contoh untuk melaksanakan pemeriksaan kehamilan minimal empat kali kepada petugas kesehatan tentunya akan memotivasi ibu hamil untuk melaksanakan pemeriksaan yang serupa dan akhirnya akan membuat ibu hamil yang sehat ,mudah melahirkan serta menyusukan bayi selama enam bulan eksklusif dan menyempunakannya sampai dua tahun akan menurunkan angka kematian ibu

keluarga pegawai negeri sipil harus memberi contoh hidup bersih dan sehat seperti: tidak membuang sampah sembarangan, tidak merokok ditempat umum, tidak mempergunakan narkoba dan tidak selingkuh, memakai kelambu dan rajin memberantas sarang nyamuk tentunya penyakit menular tidak akan menyerang keluarga kita

pegawai negeri sipil harus memberi contoh tidak membuang hajad disembarang tempat, mengajak masyarakat berolah raga, mengajak masyarakat melakukan penanaman pohon pelindung, memakai alat pelindung diri apabila mempergunakan kendaran bermotor ,semuanya memberikan partisipasi dalam kelestarian lingkungan tempat tinggal masing masing.

pegawai negeri sipil harus ikut serta dalam kegiatan kemasyarakatan seperti posyandu, pkk, karang taruna, remaja masjid, perwiritan, gotong royong, memberikan contoh toleransi beragama, dll.dengan demikian para pns lebih mengenal dan lebih tahu persoalan ditengah tengah masyarakat sekaligus dapat memberikan solusi sesuai keahlian masing masing.

HADIRIN YANG BERBAHAGIA,

AKHIR KATA IZINKAN SAYA ATAS NAMA PRIBADI DAN PEMERINTAH KABUPATEN LABUHANBATU UTARA MENGUCAPKAN SELAMAT KEPADA SAUDARA LESI ADE GUSNARIA SKM, DARI PUSKESMAS AEK KOTA BATU YANG TERPILIH SEBAGAI SANITARIAN TERBAIK KABUPATEN SEKALIGUS MEWAKILI KABUPATEN LABUHANBATU UTARA KE TINGKAT PROVINSI SUMATERA UTARA, KAMI MENGAJAK, MARI KITA TINGKATKAN PRESTASI DAN SILATURRAHMI DIANTARA KITA, SEMOGA AMAL IBADAH KITA DI TERIMA ALLAH SWT.

DEMIKIAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN, TERIMA KASIH ATAS SEGALA PERHATIAN, MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN .

WABILLAHITAUFIQ WALHIDAYAH.

WASSALAMUALAIKUM WR,WB.

AEK KANOPAN , 10 JUNI 2013

BUPATI LABUHANBATU UTARA

H.KHARUDDIN SYAH SE.

Leave a Reply