Pidato HARDIKNAS : Contoh Tema Pendidikan

Contoh Pidato Tema Pendidikan

PIDATO PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2008

Yang terhormat Bapak/Ibu guru SMA Negeri 4 Singaraja serta teman-teman yang saya banggakan,

Om Swastiastu,

Pada kesempatan yang baik ini marilah kita bersama-sama sejenak memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya sampai dengan detik ini kita masih diperkenankan berkumpul bersama dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2008.

Setiap kali bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), kita selalu mengenang tokoh pahlawan nasional Ki Hajar Dewantara sebagai peintis pembangunan pendidikan nasional. Beliau adalah teladan bagi generasi penerus bangsa karena dalam hidupnya beliau dengan gigih berjuang untuk memajukan pendidikan dan mencerdaskan bangsa Indonesia.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air, pendidikan pada hakikatnya merupakan proses membangun peradaban bangsa. Oleh karena itu, pendidikan harus selalu bertumpu pada konsep pertumbuhan, pengembangan, pembaharuan, dan kelangsungannya sehingga penyelenggaraan pendidikan harus dikelola secara profesional. Mengingat pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam proses pembangunan peradaban bangsa, maka bidang pendidikan perlu komitmen nasional. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pemerataan kesempatan belajar bagi masyarakat dan meningkatkan mutu pendidikan pada semua jenjang, jalur, dan jenis pendidikan. Pendidikan adalah usaha untuk mengembangkan seluruh potensi peserta didik agar menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni ( ipteks ),berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, serta memiliki kesehatan jasmani dan rohani. Pentingnya siswa diberikan orientasi pendidikan kecakapan hidup ( life skill ) agar lembaga pendidikan mampu memberikan harapan hidup bagi alumninya. Sejalan dengan hal itu, proses kegiatan pembelajaran harus dijaga agar tetap dalam suasana yang menyenangkan dan mengasyikkan serta kompetesi yang sehat.

Upaya pembentukan lembaga pengawas dan sekaligus penunjang mutu pendidikan juga telah banyak dilakukan. Selain itu, perlu menggalang potensi semua komponen bangsa untuk peduli dan memberdayakan peran serta masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional. Kita hendaknya dapat menyikapi berbagai pemikiran mengenai perlunya perubahan dan inovasi dalam kerangka pengembangan paradigma baru di bidang pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya mengajak semua pihak terutama yang terlibat langsung dalam proses penyelenggaraan pendidikan nasional untuk terus berjuang dan membangun manusia Indonesia yang bermutu sebagai perwujudan dalam mengemban amanat UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dirgahayu Hari Pendidikan Nasional tahun 2008.

Om Santih Santih Santih Om.

Leave a Reply