Pidato : Tema Lingkungan

Tema : Lingkungan

Om Swastyastu.

Pertama-tama, marilah kita ucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmatnya kita semua dapat berkumpul di sini, dan saya ucapkan terima kasih kepada hadirin yang telah berkenan untuk menghadiri acara pada hari ini.

Hadirin yang saya hormati, pada kesempatan kali ini saya akan berpidato mengenai banjir di Jakarta.

Seperti yang kita ketahui, banjir di ibu kota memang kerap kali terjadi, bahkan ada banjir tahunan yang sudah pasti terjadi, dan tentu saja lokasi yang terkena bencana banjir pun masih yang itu-itu saja. Tak dapat dipungkiri, wilayah Jakarta yang termasuk ke dalam dataran rendah memang meningkatkan potensi terjadinya banjir, entah banjir karena air kiriman dari dataran yang lebih tinggi, seperti daerah puncak ataupun air pasang laut.

Walau demikian, banjir yang terjadi tak hanya disebabkan oleh faktor alam, melainkan karena faktor manusia juga. Perilaku masyarakat Jakarta yang suka membuang sampah sembarangan mengakibatkan penumpukan sampah di mana-mana, mulai dari kali/sungai sampai ke jalanan. Juga pendirian rumah-rumah dibantaran kali yang mengakibatkan semakin kecilnya volume kali tersebut. Belum lagi pembangunan perumahan dan gedung-gedung yang tidak memperhatikan lingkungan, pembuangan limbah pabrik ke kali, serta eksploitasi terhadap air tanah yang berlebihan yang mengakibatkan semakin rendahnya dataran Jakarta.

Akibat dari perilaku-perilaku tersebut adalah banjir yang kita alami sekarang ini. Banjir memiliki banyak dampak yang sangat merugian masyarakat, sementara banjir itu sendiri bukanlah hal yang mudah untuk ditanggulangi. Oleh karena itu mari kita lakukan upaya pencegahan terhadap banjir yang dapat dimulai dari hal-hal kecil dan dari diri sendiri, seperti membuang sampah pada tempatnya. Ingat, bahwa satu perubahan kecil memang tidak akan berarti apa-apa, tapi jutaan perubahan kecil akan memberi hasil yang menakjubkan terhadap Jakarta kita ini.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan pada hari ini, saya mohon maaf atas kekurangannya dan terima kasih atas perhatiannya.

Om Santih..Santih..Santih.. Om

Incoming search terms:

  • pidato tentang kota
  • contoh pidato tentang jakarta
  • naskah pidato upaya pengelolaan sampah
  • pidato tentang jakarta
  • pidato tentang lingkungan kota
  • pidato tentang lingkungan perkotaan
  • teks pidato tentang jakarta
loading...

Leave a Reply