Pidato Motivasi Untuk Remaja

Nama : Hana Rianti Nurfaridah

Kelas : XII Ipa-2

Membaca Pidato

Pidato Motivasi untuk Remaja

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati, Bapak Kepala SMA Negeri 2 Ciamis, yang saya hormati ibu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Ibu Wiwik, serta rekan-rekan kelas XII Ipa-2 yang saya banggakan.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini. Shalawat serta salam semoga terlimpah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, kepada para sahabatnya, dan semoga sampai kepada kita selaku umatnya.

Hadirin yang berbahagia,

Harus kita ketahui bahwa kita adalah manusia terpilih. Mengapa saya katakan demikian? Sekarang coba kita renungkan, berjuta-juta sel sperma dari ayah kita, hanya 1 sel sperma yang mampu membuahi sel telur ibu kita, dan 1 sel itu adalah kita. Mengapa harus kita? Apakah berarti kita adalah yang terbaik dari yang lainnya? Lantas, apa hal terbaik yang pernah kita lakukan selama ini? Tak ada jawaban lain selain, kita adalah pemenang.

Hidup ini adalah perjuangan tanpa henti. Kemenangan hari ini bukan berarti kemenangan esok hari , tidak ada yang jatuh dari langit dengan cuma-Cuma. Semua berasal dari usaha dan doa.

Hadirin yang berbahagia ,

Kita tidak tahu bagaimana hari esok, yang bisa kita lakukan adalah berbuat sebaik-baiknya dan berbahagia hari ini . Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras dan mau belajar dari kegagalan. Orang-orang yang sukses telah belajar membuat diri mereka melakukan hal yang harus dikerjakan ketika hal itu memang harus dikerjakan, entah mereka menyukainya atau tidak. Oleh karena itu, cara untuk menjadi yang terdepan adalah memulai dari sekarang. Kita tidak akan mengetahui masa depan jika kita hanya menunggu.

Kegagalan dapat dibagi menjadi dua sebab. Yakni orang yang berpikir tapi tidak pernah bertindak dan orang yang bertindak tapi tidak pernah berpikir. Maka dari itu, belajarlah dari kegagalan untuk mencapai tujuan yang sama dengan sebelumnya namun lakukan dengan cara yang berbeda. Tetapi seandainya kita tidak memiliki pengalaman kegagalan, belajarlah dari kegagalan-kegagalan orang lain, karena kita tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kegagalan itu sendiri.

Salah satu yang pasti adalah kita harus rajin belajar dan bertekad untuk menghasilkan prestasi yang membanggakan. Kemudian kita bisa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang bisa meningkatkan kemampuan kita dalam bergaul, berkomunikasi dan memiliki tingkat kematangan sikap maupun berpikir. Dari situ kita bisa menempa diri, menambah pengalaman dan pengetahuan.

Bangunlah karakter yang positif. Bagaimana kalian bersikap, berbicara maupun memilih teman dan lingkungan bergaul. Kita harus lebih hati-hati jangan sampai terjerumus kepada hal-hal buruk akibat pengaruh teman dan lingkungan kalian. Semua yang kita bangun dari sekarang akan kembali lagi kepada kita. Jika kita menanam kebaikan maka kita akan memetik kebaikan juga.

Hidup adalah pilihan yang kita tentukan sendiri. Tidak ada satu orang pun yang bisa memaksa kita untuk menjadi ini atau itu kecuali kalian sendiri. Dan jangan salahkan siapa pun jika kalian terjerumus kepada keburukan atau kegagalan di masa depan. Karena semua itu adalah hasil pilihan kita sejak awal.

Mulailah dari hal kecil.

Mulai dari diri sendiri.

Mulailah dari saat ini.

Sekian pidato dari saya, mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan. Atas perhatian Saudara, saya ucapkan terima kasih. Semoga kita semua dapat menjadi orang-orang sukses di masa depan.

Wassalamu ‘alaikum wr.wb.

Sumber naskah pidato :

http://sastraindonesiaoke.blogspot.com/p/contoh-pidato-motivasi.html

http://pidatosekolah.blogspot.com/2010/06/contoh-pidato-motivasi.html

Leave a Reply