Pidato : Teman- Teman Sekalian,

Assalamualaikum Wr. Wb.

Teman- teman sekalian,

Marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT karena berkat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini. Tak lupa juga kita kirimkan shalawat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Pada kesempatan kali ini saya akan membawakan pidato yang berjudul Menangani krisis lingkungan

Teman teman sekalian,

Bumi kita ini akan hancur jika kita tidak di rawat dengan saksama. Banyak orang, hampir bosan dengan seruan untuk menjaga bumi, waspada pemanasan global, dan sederet tulisan yang menyerukan untuk segera mungkin mengurangi gas gas pembentuk rumah kaca. Tapi, untuk lingkungan sekitar, sebaiknya kita harus mulai mengenal 3R ( Reduce, Reuse, dan Recycle). Salah satu yang menyebabkan bumi tidak nyaman adalah karena adanya sampah yang menyebabkan bau yang tidak sedap untuk di hirup dan dipandang. Sampah merupakan bahan padat atau cair yang tidak dipergunakan kembali dan di buang. Sebenarnya ada cara mudah untuk mencegah pemanasan global. Mudah, tetapi berkelanjutan dan jangka panjang. Kita tidak bisa mengharapkan pencegahan pemanasan global akan berdampak cepat. Layaknya menanam pohon mangga. Kita hanya bisa menikmati buah mangga yang berasal dari pohon yang kita tanam selama 4 5 tahun kemudian. Cara yang mudah itu adalah dengan melakukan 3R :

Reduce

Reduce atau mengurangi adalah bentuk kegiatan atau perilaku yang dapat mengurangi penggunaan produk secara berlebihan sehingga meningkatkan volume sampah rumah tangga, jadi belilah barang berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan dan sebisa mungkin barang tersebut bisa di pakai ulang. Contohnya : Berhemat BBM, jika jarak tempuh dekat dan cuaca bersahabat, gunakanlah sepeda, atau usahakan memakai kendaraan umum.

Reuse

Reuse atau menggunakan kembali barang barang lama yang masih bisa digunakan, seperti botol minum yang bisa diisi ulang, untuk mengurangi pembelian air minum dalam kemasan atau memberikan baju bekas kepada yag membutuhkannya. Intinya adalah mengurangi pola hidup konsumtif yang menyebabkan tingginya produksi barang barang tersebut akan menyerap banyak energi alam. Contohnya : bungkus makanan ringan dapat digunakan untuk membuat tas, dompet dan lain lain, Koran, majalah dan kertas yang tidak dipakai untuk di rekayasa menjadi figura dan sebagainya.

Recycle

Recycle atau mendaur ulang yaitu kegiatan yang memanfaatkan barang bekas dengan cara mengolah materinya dengan merubahnya menjadi barang yang sama atau merubah kain kain bekas menjadi tas belanja, atau botol plastik yang bisa di daur ulang menjadi mainan anak anak.

Teman- temanku yang sayangi,

Selain melakukan 3R, kita juga perlu melakukan penghijauan. Penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan. Begitu pentingnya, sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Atau secara luas, Penghijauan adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara, dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan. Penghijauan itu sendiri mempunyai banyak peran seperti Paru paru kota, pengatur lingkungan, pencipta lingkungan hidup, penyeimbangan alam, perlindungan dll.

Teman-temanku tercinta,

Begitu pentingnya peranan tumbuhan di bumi ini dalam menangani krisis lingkungan terutama di perkotaan, sangat tepat jika keberadaan tumbuhan mendapat perhatian serius dalam pelakasanaan penghijauan perkotaan sebagai unsur hutan kota.

Demikianlah, pidato saya yang singkat ini. Mudah-mudahan dapat membawa banyak manfaat. Atas perhatian teman- teman sekalian. Saya ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Leave a Reply