Pidato Bahasa Indonesia : Mahatma Aji Pangestu

PENGARUH HANDPHONE TERHADAP PRESTASI SISWA

Assalamu alaikum wr. wb.

Yang saya hormati ibu Mahayuni dan ibu Rini serta teman-teman yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang dengan rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini dalam keadaan sehat.

Pada hari ini perkenankan saya menyampaikan pidato dengan judul Pengaruh Handphone Terhadap Prestasi Siswa .

Di jaman yang semakin maju ini kebutuhan akan komunikasi semakin besar. Hal ini berdampak pada seluruh elemen masyarakat baik tua maupun muda. Dalam hal ini pemudalah yang banyak mendapatkan dapak tersebut tidak terkecuali para siswa sekolah.

Alat komunikasi yang paling berkembang pesat saat ini adalah handphone atau hp, yang merupakan alat komunikasi vital pada saat ini. Hampir semua siswa sekolah sekarang sudah memiliki handphone mulai dari tingkat sekolah dasar sampai siswa SMA. Selain sebagai alat komunikasi dalam tanda kutip telephone dan sms, handphone sekarang bertransformasi menjadi lebih dari sekedar alat komunikasi, seperti bisa digunakan sebagai kamera, pemutar musik, maupun akses internet. Dan tidak hanya itu, sekarang handphone pun menjadi trend gaya hidup.

Teman-teman sekalian, maraknya penggunaan handphone hampir dipastikan siswa penggunanya mendapatkan dampak yang signifikan, dari dampak yang positif sampai dampak negatifnya. Dan dampak tersebut bisa dirasakan secara langsung maupun dalam jangka waktu tertentu.

Mudahnya berkomunikasi merupakan salah satu dampak positif dari penggunaan handphone. Bagi siswa, mereka dapat berkomunikasi dengan teman-temannya mengenai pelajaran di sekolah lewat sms ataupun telephone, selain itu bahan informasi yang menyangkut pembelajaran dapat dengan mudah mereka dapatkan dari internet handphone .Sangat banyak sekali dampak positif dari handphone tersebut, tinggal kita bagaimana mengelola sumber daya dari handphone itu, sehingga bisa meningkatkan prestasi siswa.

Teman-teman yang berbahagia, di balik nikmatnya kemudahan yang diberikan handphone, sebenarnya tersimpan berbagai dampak negatifnya. Mulai dari menurunnya tingkat belajar siswa yang disebabkan terlalu sibuknya mereka bermain dengan handphonenya sehingga mereka menjadi siswa yang malas untuk belajar dan dampaknya terasa pada prestasi-prestasi yang menurun. Selain itu banyak siswa sekolah yang menggunakan handphone disaat jam pembelajaran, hal ini tentu mempengaruhi konsentrasi mereka pada pelajaran tersebut.

Kita tahu dampak positif maupun negatif dari handphone dapat dikatakan berimbang, dibalik banyaknya kemudahan yang ditawarkan, ternyata juga menyembunyikan berbagai dampak negatif khususnya bagi prestasi siswa.

Pemakaian handphone dalam penurunan prestasi, itu tidak 100% benar. Tergantung dari diri kita sendiri. Semua pelajar dari SD, SMP, SMA pasti pernah memakai handphone, namun jika hanya memakainya tapi tidak terlalu mengetahui fungsi yang sebenarnya percuma juga. Jadi, pelajar memakai handphone boleh-boleh saja, namun tidak boleh sampai ketagihan dan lupa waktu akan belajar. Jika sudah sampai titik ketagihan, itulah yang membuat kita lambat laun malas belajar dan menimbulkan penurunan prestasi di kelas.

Akhirnya, saya ingin menegasakan bahwa sebagai siswa kita sepatutnya bijak dalam pemakaian hanphone sehingga dampak negatifnya dapat di perkecil, dan tidak mempengaruhi penurunan prestasi, atau bahkan malah meningkatkan prestasi kita.

Terima kasih atas perhatian teman-teman semua, ada kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamu alaikum wr. wb.

Mahatma Aji Pangestu

21-01-014-3

XII IPA 1

Leave a Reply