Pidato : Berjudul Menghindari Malas

TUGAS PIDATO

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Kepada bapak guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas curahan nikmat-Nya yang tiada terhingga diberikan kepada kita, sehingga kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal afiat. Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan pidato yang berjudul Menghindari Malas.

Hadirin yang saya hormati,

Jika kita melihat kenyataan sekarang, manusia sangat dimanjakan oleh zaman. Kemajuan teknologi yang semakin tinggi ini semakin membuat kita tidur terlelap. Televisi sudah memakai remote, handphone memiliki fasilitas yang sangat lengkap, dan internet yang penyebarannya semakin luas di kalangan masyarakat. Semua yang kita inginkan tersedia dengan lengkap. Tanpa kita sadari, semua fasilitas yang kita miliki pada saat ini telah membuat kita memiliki suatu kebiasaan yang buruk, yaitu bermalas-malasan. Semua jadi serba mudah, yang akhirnya sedikit melakukan hal sulit tidak kita lakukan.

Jika hal ini dibiarkan, tentu dampaknya akan sangat buruk bagi masa depan bangsa. Kita, sebagai generasi muda, harus menghindari sifat malas karena sifat malas ini sangat berbahaya bagi bagi masa depan kita jika tetap dibiarkan.

Hadirin,

Untuk mengatasi sikap bermalas-malasan, kita dapat melakukan tiga cara.

Pertama, jangan menyerah sebelum bertarung. Paksakan diri kita untuk berdiri, janganlah berpikir bahwa kita tidak bisa atau hal ini terlalu sulit, namun kita harus tetap berpikir positif, untuk tetap maju dan berjuang dalam meraih sesuatu yang kita inginkan.

Kedua, Pelihara harapan sukses kita. Harapan adalah kekuatan yang membuat kita sanggup bertahan dalam kondisi apapun. Harapan yang senantiasa mengelora dalam dada akan membinasakan racun kemalasan yang mengekang raga kita. Kita harus selalu ingat bahwa kita tidak boleh berhenti berharap, karena Tuhan akan senantiasa memeluk harapan-harapan yang kita inginkan selama ini.

Ketiga, manfaatkanlah fasilitas yang kita miliki dengan baik. Pada era globalisasi ini, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teknologi sudah sangat maju. Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi ini harus kita manfaatkan dengan baik, bukan untuk memanjakan kita, namun untuk memotivasi kita agar dapat melakukan hal yang lebih baik lagi.

Hadirin yang saya hormati,

Dari pidato singkat di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa kita, sebagai generasi muda, harus menghindari sifat malas dari dalam diri kita. Cukup sekian pidato yang saya sampaikan. Semoga kita dapat memberi manfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kesalahan atau kata yang kurang berkenan.

Bila ada jarum yang patah

Jangan simpan di dalam peti

Bila ada kata yang salah

Jangan simpan di dalam hati

Wabilahitaufik wal hidayah

Wassssalamu’alaikum wr.wb.

Nama: Dilla Anindita

Kelas: X-4

Absen: 9

Leave a Reply