Contoh Pidato Panitia Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak .,

Ibu-ibu, Bapak-bapak, hadirin dan hadirat,

Para remaja yang berbahagia

Bismilahirrahmanirrahim, alhadulillahirabbil aalamin, marilah kita brsama sama bersyukur ke hadirat Allah SWT, atas rahmat, taufik dan hidayah-Nya kpd kita semua, sehingga hingga detik ini kita masih diberi kesempatan yang baik untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW junjungan kita.

Yang kedua salam dan shalawat juga kita panjatkan kepada Nabi Besar kita Muhammad SAW,

semoga beliau senantiasa di tempatkan oleh Allah di sisi-Nya sebagai umat yang memperoleh

derajat yang paling tinggi di akhirat. Amin !

Hadirin yang mulia, sebagai umat Islam kita wajib menjunjung nilai-nilai agama kita, yakni nilainilai yang ada pada kaidah Al Quran dan hadits. Pada malam yang berbahagia ini, kita mencoba menggali nilai-nilai agama Islam lebih jauh lagi, khususnya yang berkaitan dengan sejarah lahirnya Nabi Besar kita Muhammad SAW.

Saya yakin bahwa kelahiran Muhammad di dunia ini merupakan petunjuk yang lebih meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Untuk itu tepatlah jika kita malam ini mengkaji lebih jauh tentang Muhammad sebagai Nabi akhir zaman, yang sekaligus menjadi panutan dalam memperaktekkan hidup ini hingga di akhirat nanti.

Atas nama Ketua Panitia, sekali lagi kami menyampaikan selamat datang kepada hadirin,

sekaligus selamat mendengarkan ceramah agama tentang Maulid Nabi Muhammad SAW, yang nsya Allah akan segera disampaikan oleh yang terhormat Al Ustad Al Muakarrom Bapak Kyai

Haji ..

Terima kasih kami sampaikan pula kepada beliau yang terhormat Bapak Kyai H. Bunyamin yang malam ini berkenan hadir untuk memberikan siraman rohani kepada kami semua.

Akhirul kalam, wabillahi taufiq wal hidayah.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tentang Akhlak dan Budi Pekerti

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bapak/Ibu/Saudara dan Saudari yang saya hormati, pertama dan utama marilah kita panjatkan puji serta syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan hidayah-Nya kita bisa hadir dan berkumpul ditempat ini.

Kepada panita penyelenggara saya ucapkan terimakasih yang tak terhingga atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk berbicara dan menyampaikan sebuah pidato tentang betapa pentingnya membangun sebuah akhlak budi pekerti di dalam diri kita.

Bapak/Ibu/Saudara dan Saudari yang saya cintai.
Dalam proses kehidupan seorang anak manusia, hal yang menjadi dasar adalah proses pendidikan. Pendidikan bukan hanya berupa pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi saja, namun yang tidak kalah pentingnya pendidikan agama, akhlak dan budi pekerti.

Pintar dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak diikuti dengan ilmu agama, akhlak dan budi pekerti akan membuat seseorang bertindak tanpa memikirkan akibat yang akan diterimanya di alam akhirat nanti. Sehingga banyak kita dengar pejabat yang melakukan Kolusi Korupsi dan Nepotisme, kasus-kasus yang bertentangan dengan moral dan akhlak dalam beragama, perselingkuhan, sek bebas, narkoba dan lain-lain yang bisa membawa seseorangke jurang kehancuran.

Saudara-saudaraku khususnya generasi muda, sebagai generasi penerus bangsa sudah selayaknya kita bekerja keras untuk menimba ilmu pengetahuan dan teknologi serta ilmu agama yang akan membentuk akhlak yang baik. Beberapa tahun kedepan kalianlah yang akan menggantikan para pemimpin di negeri ini, dengan bekal ilmu dan akhlak yang mulia Insya Allah negeri kita akan menjadi negeri yang baldatun thoyyibatun wa robuun ghofuur, negeri yang aman penuh ampunan Tuhan. 

Belajar tidak mengenal usia, latar belakang dan tempat. Dimana saja, kapan saja dan siapa saja wajib untuk belajar dan menuntut ilmu. Jangan sampai kita menjadi generasi yang hanya menjadi pelayan karena kebodohan kita, tapi jadilah generasi yang akan memimpin semua sektor kehidupan berbangsa dan bernegara. Sekali lagi belajar, belajar dan belajarlah semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingannya kepada kita bersama. Aamin.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan, atas segala kekurangannya saya mohon maaf karena yang benar semata-mata datang dari Allah dan yang salah adalah karena kebodohan saya sendiri.

Akhirul kalam Wabilahit taufiq wal hidayah, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Acara HUT Kemerdekaan RI

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak Kepala Kelurahan .

Yang terhormat Bapak Ketua RW .

Yang terhormat Bapak Ketua RT .

Dan hadirin sekalian yang kami muliakan!

Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Taala, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, pada hari ini kita semua masih diberi kesempatan untuk ikut serta memeriahkan acara hari ulang tahun kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-65 dalam keadaan sehat wal-afiat.

Selanjutnya dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan kita ini kami berharap, semoga kita lebih meningkatkan rasa cinta kita pada tanah air dan bangsa, lebih meningkatkan daya juang kita terhadap bangsa dan negara, lebih mempersatukan jiwa dan segenap raga kita untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Hadirin sekalian yang berbahagia, jika kita kenang perjuangan para pahlawan tahun 1945 maka terlintas jelas di benak kita bahwa semangat pertempuran yang bagaikan api yang tak kunjung padam itu begitu hebat menyatu pada jiwa para pahlawan pejuang 45 itu. Namun demikian tak kalah pentingnya dengan peran kita semua sekarang ini. Perjuangan belumlah selesai. Korban telah banyak berjatuhan maka marilah kita tingkatkan terus jiwa dan semangat 45, dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh.

Kemakmuran berdasarkan keadilan dan Ketuhanan Yang Maha Esa belum kita capai. Untuk itu masih banyak yang harus kita perjuangkan. Kemerdekaan sebagai warisan para pahlawan kita ini hendaknya kita isi dengan jiwa pembangunan tanpa mengenal kepentingan pribadi terlebih dahulu.

Jiwa dan semangat 45 ialah jiwa dan semangat kebersamaan. Jiwa yang mendahulukan

kepentingan bersama di atas kepentingan golongan. Untuk itu pula maka kita wajib menigkatkan rasa solidaritas berbangsa dan bernegara. Persatuan dan kesatuan nasional lebih di atas kepentingan kita secara pribadi dan golongan. Tumbuhkan terus semangat kebersamaan dalam memperjuangkan cita-cita kemerdekaan.

Insya Allah harapan bangsa Indonesia mencapai kehidupan yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan ridla Allah Subhanahu wa Taala tercapai dengan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan nasional Indonesia. Amin, amin, yaa robbal alamin.

Akhirul kata, selamat berjuang, selamat membangun bangsa dan negara kita tercinta ini.

Sambutan dalam bulan Ramadhan 1434 H/2013 M

Auzubillahi Minas-syaitonirrozim.

Bismillahir Rohmanir Rohim.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarkatuh.

Yang terhormat Bapak/Ibu para jamaah sholat Isya yang dirahmati oleh Allah SWT.

Serta anak-anak, para remaja-remaji yang berbahagia.

Sebelumnya marilah kita bersama-sama mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang mana kita dapat berkumpul di Masjid Jami Dusun Sekadim, Desa Pusaka. Malam ini adalah malam pertama bulan Ramadhan 1434 H, dan berakhirnya bulan Syaban, bulan yang penuh dengan kekenyangan. Karena pada bulan Syaban banyak orang-orang yang sedekah nasi dan lain sebagainya. Pada malam ini adalah malam yang sangat penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Karena malam ini adalah malam pertama bulan Ramadhan, suatu malam yang penuh keberkahan.

Para jamaah yang berbahagia. Malam ini adalah malam pertama kita akan melaksanakan sholat Isya, tarawih dan witir berjamaah, dan setelah itu kita akan tadarusan bersama-sama. Sebelumnya akan saya sampaikan fadhilah sholat tarawih pada malam ini adalah Sholat tarawih adalah sholat malam yang dikerjakan pada bulan Ramadhan setelah selesai sholat Isya. Sholat tarawih dikerjakan paling sedkit 8 rakaat dengan ditambah sholat witir 3 rakaat menjadi 11 rakaat. Sholat tarawih dikerjakan 2 rakaat satu kali salam atau 4 rakaat satu kali salam, begitu juga dengan sholat witir ada yang tiga rakaat 1 kali salam, atau 2 rakaat dan 1 rakaat sekali salam. Fadilah sholat tarawih malam pertama adalah Orang mukmin terlepas dari dosanya pada permulaan tarawih, bersih seperti hari dia dilahirkan dari kandungan ibunya.

Catatan: Orang yang mendapat seperti di atas ini, tentu saja mereka yang mengerjakan puasa, tarawih, witir dan amal lainnya dengan iman dan yakin serta taqwa, hanya mengharap ridho Allah semata-mata.

Para jamaah yang dimuliakan oleh Allah SWT, mari kita sambut bulan suci yang mulia ini, yaitu bulan Ramadhan dengan penuh rasa cinta dan gembira. Mari kita panjatkan rasa sukur kepada Ilahi, atas karunia dan nikmatnya pada kita semua.

Cuma itu, yang dapat saya sampaikan, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Jika pedang lukai tubuh, pastikan ada harapan sembuh, jika lisan yang melukai hati, dimana obat hendak saya cari. Yang benar datangnya dari Allah yang salah dari saya sendiri, akhir kata. wabilahi taufik walhidayah, wasalamualaikum warah matullahi wabarkatuh.

Assalamualaikum warohmatullohi wa barokatuh..

Sebelumnya saya mengucapkan puji dan syukur kepada Alloh SWT, yang telah banyak memberikan nikmat karunianya, khususnya kepada saya dan keluarga pada hari ini.
Sholawat dan salam kepada contoh ayah terbaik yakni nabi kita Muhammad SAW. Yang telah mengajarkan kita dari jalan yang salah menuju jalan yang benar yakni Al-islam.
Yang saya hormati bapak ust
Yang saya hormati bapak rt..
Dan juga seluruh para undangan yang telah berkenan hadir, kami sekeluarga mengucapkan jazakalloh khoiron kasiron. Semoga Alloh membalas kebaikan saudara semua dengan pahala terbaik.
Perlu kami informasikan bahwa hari ini, hari.. tanggal. Yang bertepatan hari ke 7 dari kelahiran putra kami yang ke untuk itu, atas dasar iman kepada Alloh dan mengikuti sunnah Rosulnya, kami mengundang bapak ibu untuk menghadiri acara walimatul aqiqahputra kami yang insya Alloh akan kita laksanakan bersama. Namun sebelumnya kami sekeluarga mohon maaf bila ada kata-kata ataupun sikap dan pelayanan kami yang tidak bekenan.
Demikian sambutan dari saya dan keluarga Assalamualaikum warohmatullohi wa barokaatuh.

Leave a Reply