PIDATO TENTANG PENDIDIKAN

PIDATO TENTANG PENDIDIKAN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Yang terhormat Ibu guru, serta teman-teman yang saya banggakan. Puji serta syukur, marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan nikmat yang tak terhingga, sehingga sampai saat ini kita dapat merasakan nikmat jasmani dan rohani dengan segala kesempurnaan yang dimiliki-Nya. Shalawat serta salam kita panjatkan kehadirat Baginda Alam Nabi Besar Muhammad SAW. Beserta Sahabatnya, keluarganya, juga kita semua sebagai umatnya yang semoga mendapatkan safaatnya di hari akhir nanti, Amiin, Amiin Ya Allah
  baiklah saya akan membacakan pidato singkat tentang pendidikan di Indonesia. Tahukah anda bahwa beberapa tahun silam banyak bangunan yang rusak serta bangunan yang di bangun dengan bahan bangunan seadanya tetap di fungsikan sebagai sesuatu yang di sebut dengan sekolah, namun suatu hal yang mengejutkan banyak pelajar yang berhasil meraih prestasi yang berasal dari sekolah-sekolah seperti yang saya kemukakan tadi, baik prestasi lokal maupun internasional yang kesemuanya itu tentu saja adalah suatu hal yang mengharumkan nama bangsa. Standarisasi tingkat kelulusan yang di pasang pemerintah boleh dicapai dengan baik. Hal itu merupakan suatu kesuksesan tersendiri di kalangan pendidik.
  Berdasarkan semua itu dapat kita simpulkan bahwa tingkat pembelajaran di Indonesia tergolong tinggi, namun apakah yang melatar belakangi semua prestasi itu? bagaimanakah semua itu dapat kita capai? Caranya yaitu,dengan adanya minat yang tinggi serta dorongan moral, dan alasan sosial untuk bangkit dari keterpurukan. itu semua akan terwujud jika pemerintah mulai gencar dan berani menggangarkan Pendidikan pada APBD negara pada posisi yang tinggi sehingga banyak fasilitas yang dibenahi. Seperti fasilitas sekolah yang berhubungan dengan IPTEK,yakni komputer dan internet yang mewakili teknologi.
  Banyak rasa ingin tahu serta menarik perhatian para siswa setelah Komputer masuk di sekolah, banyak yang mengharapkan berbagai peluang hidup dari komputer karena setelah memelajari itu,kita dapat mempelajari banyak hal-hal menarik yang dapat kita ketahui.

  oleh karena itu,marilah kita memanfaatkan dengan sebagaimana mestinya semua itu agar dapat menggapai prestasi demi cita-cita dan marilah kita menjaga itu semua dan merawat semua itu agar dapat di wariskan kepada generasi yang akan dating agar di masa yang akan datang dapat bertahan dan hidup sejahtera dan terealisasi seperti yang di dambakan setiap manusia, karena Apalah jadinya dunia ini tanpa Pendidikan dan Teknologi.
Cukup sekian dari saya, Terima Kasih atas perhatiannya. saya mohon maaf apabila ada kesalahan atau kata-kata yang kurang berkenan. saya akhiri..Wasalamu’alaikum wr.wb

Dampak Globalisasi Terhadap Bahasa Indonesia

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang terhormat Ibu guru, serta teman-teman yang saya banggakan. Puji serta syukur, marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan nikmat yang tak terhingga, sehingga sampai saat ini kita dapat merasakan nikmat jasmani dan rohani dengan segala kesempurnaan yang dimiliki-Nya. Shalawat serta salam kita panjatkan kehadirat Baginda Alam Nabi Besar Muhammad SAW. Beserta Sahabatnya, keluarganya, juga kita semua sebagai umatnya yang semoga mendapatkan safaatnya di hari akhir nanti, Amiin, Amiin Ya Allah

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan mencoba menyampaikan apa yang telah saya pelajari, yaitu membahas tentang Dampak Globalisasi Bahasa Indonesia .

Di era globalisasi ini, banyak sekali perubahan hal-hal baru, ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa kita dapatkan dan rasakan dengan cepat, diantaranya ialah masuknya budaya dan ideologi dari bangsa lain, barat maupun timur, dan juga dampak terhadap bahasa nasional kita yaitu bahasa Indonesia. Banyak manfaat dan juga kekurangan dari dampak globalisasi terhadap bahasa Indonesia. Dari segi positifnya bahasa kita sudah mulai dikenal oleh dunia internasional, terbukti ada beberapa Universitas di luar negeri yang mempunyai fakultas Sastra Bahasa Indonesia, karena menurut mereka negeri kita ini adalah negeri yang subur dan kaya raya, yang mempunyai bermacam-macam budaya, flora fauna, serta potensi-potensi lainnya yang sangat membanggakan kita

Dampak lain yang kita rasakan saat ini ialah sepertinya orang-orang Indonesia sudah tidak mengidolakan bahasanya sendiri, banyak orang yang lebih bangga dan membangga-banggakan menggunakan bahasa negeri orang lain. Ini adalah dampak yang negatif, Di mana di Negara lain bahasa kita serius di pelajari mereka, sedangkan kita sendiri sebagai warga Negara ini sudah acuh tak acuh terhadap bangsa Indonesia. Lalu, apa akibatnya jika ini lama berlangsung? Tidak hanya budaya kita yang di ambil Negara lain, tetapi juga bisa jadi bahasa kita di ambil Negara lain.

Menurut saya, salah satu penyelesaiannya ialah mengajarkan kepada geneasi muda dengan cara menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan etika dan budaya bangsa kita sehingga para generasi muda kita akan meneladani itu semua. Jikalau para orang tuanya saja sudah tidak dapat meneladani , pada siapa lagi saya selaku generasi muda harus belajar penggunaan bahasa yang baik.

jadi Kesimpulannya, marilah kita pelajari bahasa kita sendiri dengan baik dan benar. Banggakanlah budaya dan bahasa kita agar kita menjadi warga Negara Indonesia yang seutuhnya.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan,apabila ada kesalahan mohon di maafkan. Wassalamualaikum Wr. Wb

Leave a Reply