Naskah Pidato Final :

NASKAH PIDATO

Yang saya hormati, Ibu/Bapak _________________________

Yang saya hormati, Teman-teman sekalian,

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakaatuh.

Segala puji dan syukur, kita panjatkan kehadirat Allah subhanallahu wataala, yang telah member kita nikmat umur, kesehatan dan iman, sehingga kita bisa berkumpul disini pda kesempatan yang berbahagia ini.

Dalam beberapa bulan terakhir ini, kita meliha banyak sekali musibah yang diakibatkan oleh cuaca. Hujan lebat yang berkepanjangan, Banjir diamana-mana, tanah longsor, Angin kencang yang menghancurkan banyak rumah, ombak laut yang tinggi sehingga membahayakan para nelayan untuk melaut, dan lain sebagainya.

Semua itu mungkin terlihat sebagai fenomena cuaca biasa saja. Tapi, melihat luasnya cakupan bencana yang terjadi, tidak hanya di Indonesia, juga di negara lain dan hampir merata di seluruh dunia, tentunya menjadikan hal ini tidak biasa lagi. Banyak ahli yang mengatakan, kejadian ini akibat dari PEMANASAN GLOBAL.

Tahukah teman-teman apa itu pemanasan global?

Pemanasan Global adalah meningkatnya suhu permukaan bumi, akibat menipisnya lapisan Ozon yang melindungi atmosfir. Penipisan lapisan Ozon ini mengakibatkan semakin banyaknya gelombang panas dari matahari yang tembus langsung ke permukaan bumi, dan memantul balik ke lapisan dalam Atmosfir dan seterusnya kembali ke permukaan bumi. Pantul memantulnya gelombang sinar matahari didalam atmosfir ini mengakibatkan efek rumah kaca yang meningkatkan suhu di bumi, dan melelehkan es di kutub utara dan selatan bumi. Fenomena ini berlangsung terus dan mengakibatkan iklim dan cuaca dibumi berubah.

Penipisan lapisan ozon tersebut terjadi sebagai akibat dari penggundulan hutan, tingkat polusi yang tinggi dari pabrik, kendaraan dan industry, yang karbondioksidanya tidak dapat disaring oleh tumbuhan di hutan-hutan karena sudah gundul, juga sebagai akibat dari pemborosan energy lainnya.

Kita harus mencegah terjadinya pemanasan global yang lebih parah lagi. Caranya adalah dengan menjaga kelestarian alam dan mengurangi pemborosan energy yang tidak perlu. Menanam pohon akan dapat membentuk paru-paru baru bagi bumi kita. Semakin banyak pohon yang kita tanam, semakin besar paru paru bumi terbentuk, dan semakin kecil penyusutan lapisan ozon terjadi.

Kita juga dapat melestarikan alam dengan penghematan pemakaian energy. Dengan mengurangi pemborosan energy, berarti berkurang juga pemakaian bahan bakar yang mengakibatkan polusi udara. Sehingga lebih sedikit udara kotor yang harus dibersihkan oleh paru paru bumi.

Kita perlu mengembangkan energy alternatif yang lebih ramah lingkungan. Siapa tahu, ada diantara kita disini yang bisa menemukan energy alternatif yang ramah lingkungan tersebut dikemudian hari. Tentunya dengan belajar yang tekun, cita cita kita tersebut akan bisa terwujud, insyaAllah.

Maka, melalui pidato singkat ini, saya menghimbau teman-teman sekalian, marilah kita menjaga kelestarian lingkungan dan bumi kita ini, karena Cuma satu inilah BUMI yang kita miliki. Seyogyanya kita sebagai umat muslim, bisa menjadi Rahmatan lil Alamin

Wassalamualaikum warahmatullahi wa barrakatuh.

Raditya Arga Laksmana

Kelas VI-C

Leave a Reply