Naskah Pidato Tema Akhlak

Naskah Pidato Tema Akhlak

Assalamualaikum wr wb,

Saudara-saudaraku sekalian yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, Tak juga lupa saya ucapkan banyak-banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang bertemakan tentang pentingnya membangun sebuah akhlak yang mulia didalam diri kita.

Saudara-saudaraku sekalian yang saya cintai

Marilah kita melihat ke hal yang paling mendasar dalam kehidupan kita, yaitu "Pendidikan". Dalam era teknologi saat ini, pendidikan moral sangat dibutuhkan oleh pelajar-pelajar generasi sekarang ini. Bukan hanya sekedar pelajar formal yang kita butuhkan saat ini, tapi dibutuhkan pendidikan moral yang harus terus dibangun agar kelak para pelajar akan menghasilkan manusia-manusia yang bermoral dan berakhlak mulia. Banyak contoh yang terjadi disekitar kita, tidak sedikit para intelektual yang pintar-pintar tapi tidak dibarengi  dengan moral dan akhlak yang baik, banyak para oknum-oknum pejabat yang korup, juga tidak sedikit yang terkena  atau terkait kasus asusila di negara ini, itu semua merupakan hasil dari pendidikan yang kurang dibarengi dengan pendidikan moral yang baik.

Saudara-saudaraku semua, sebagai generasi muda penerus cita-cita mulia para pendahulu kita ini. maka seharusnya kita bekerja keras, karena kelak kita akan menjadi pengganti tiang penyangga sang saka, merah putih Indonesia, menggantikan tiang yang sudah rapuh. Dalam hal menyangga sang saka, pengetahuan di perlukan agar sang saka bisa ditempatkan di tempat yang layak. Sedangkan moral di butuhkan agar sebagai tiang penyangga tidak mudah rapuh. Belum lagi sekarang jutaan, bahkan miliyaran telur rayap telah menetas. Jadi sulit mempertahankan kekokohan tiang penyangga. Tapi tetaplah kembangkan moralmu! Perbanyak ilmumu! Kobarkan semangat! Semangat patriotis! Semangat nasionalis! Semangat generasi muda! Semangat yang bermoral! Semangat generasi pembawa perubahan!

Demikian yang dapat saya sampaikan, Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih,

Wassalamualaikum wr wb

Assalamualaikum Wr.Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena berkah dan rahmatNyalah kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW serta kepada keluarganya, sahabatnya, dan kepada kita sebagai pengikutNya.

Amien….

Bapak-ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato tentang Khasiat dan Manfaat alam yang ada disekitar kita.

Teman-teman sekalian, tanpa kita sadari banyak sekali manfaat yang telah kita ambil dari alam ini, baik kita sadari maupun tanpa kita sadari kita telah banyak mengambilnya. banyak manfaat yang bisa kita ambil dari alam disekitar kita ini, baik berupa tanaman, sayuran, buah-buahan, sungai dan lain-lain.

Masih banyak contoh lainya yang tidak mungkin saya beberkan satu persatu disini, oleh karena itu… kita harus bijak dalam mengolah alam ini dengan cara mempertahankan keseimbangannya, jangan sampai alam ini malah menjadi becana bagi kita semua.

Temen-teman sekalian, banyak tumbuhan disekitar kita yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan dipakai sebagai salah satu obat alternatif dan ada juga tanaman yang bisa kita gunakan juga sebagai makanan, baik untuk lalab maupun hanya sebagai cemilan. Oleh karena itu, kita sebagai seorang pelajar alangkah baiknya untuk dapat mengenal alam ini secara lebih dekat agar kita bisa lebih memahami dan mengerti akan manfaat dengan apa yang ada disekeliling kita.

Wasalamualaikum wrwb

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak/Ibu Guru yang saya hormati, juga teman-teman semua yang saya cintai.

Marilah kita ucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, atas nikmat dan rahmatNya sehingga kita semua yang hadir di ruangan ini masih diberi kesehatan olehNya sehingga kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat.

Teman-temanku sekalian, bila kita mendengar kata "sahabat" di telinga kita, kira-kira apa yang terbersit dalam pikiran dan hati kita? Mungkin akan terbayang sebuah hubungan yang terjalin atas dasar ikhlas, sehingga menjadikan satu kesetiaan dan saling pengertian dalam sebuah hubungan pertemanan.

Teman-temanku semua yang hadir di ruangan ini, bila saya boleh bertanya "siapa diantara kalian yang merasa mempunyai sahabat?". Suatu pertanyaan yang wajar, tapi tidak harus dijawab. Mungkin setiap orang mempunyai teman, mungkin juga setiap orang mempunyai banyak teman, tapi… Apakah semua teman-teman kita adalah sahabat kita? Jawabannya sangat jelas "TIDAK".Kenapa saya bilang "tidak"?. Sudah sangat jelas, semua orang boleh saja mengaku teman kita, tapi… apakah mereka juga dapat menjadi sahabat kita?

Teman-temanku yang saya cintai, carilah teman sebanyak banyaknya, tapi janganlah kalian mencari seorang sahabat. Biarkan alam yang akan menyortir teman-teman kita, mudah-mudahan satu diantara teman-teman kita ada yang menjadi sahabat. Ada banyak ciri dan perbedaan antara teman dan sahabat.

Jangan terlalu cepat kita menilai dan menjadikan teman kita menjadi sahabat.
Sahabat tidak akan pernah datang bila kita sendiri tidak bisa membuka diri terhadap teman-teman kita.

Bapak/Ibu Guru yang saya hormati, juga teman-teman yang saya cintai. Terimakasih atas waktu yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini. Maaf bila ada kata-kata saya yang tidak berkenan.

Terimakasih atas perhatiannya.

Wassalamu Alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Leave a Reply