Pidato Bahasa Indonesia : Pengaruh Game Online Bagi Remaja

Pengaruh Game Online Bagi Remaja maupun Anak-Anak

Yang terhormat Bapak / Ibu Guru SMA Negeri 1 Bangli, serta teman teman semua yang saya cintai dan saya banggakan.

Pertama tama marilah kita panjatkan segala puji syukur kita kehadirat Tuhan YME karena dengan rahmat-Nya kita masih dapat dipertemukan di ruangan ini dalam keadaah sehat tanpa suatu kekurangan apapun. Sebelum memulai pidato ini alangkah baiknya kita menghaturkan panganjali umat, Om Swastyastu.

Hadirin yang saya hormati, pada siang hari ini saya akan membawakan pidato yang berjudul Pengaruh Game Online Bagi Remaja maupun Anak-Anak

Seperti yang kita ketahui bersama, permainan game online merupakan salah satu hobby yang sangat digemari oleh para remaja maupun anak-anak, pelajar tingkat pertama hingga menengah bahkan anak-anak TK bukanlah hal yang asing lagi di zaman sekarang ini. Bisnis warnet yang berada di belakang berkembangannya permainan game online ini menjamur di kota-kota besar di Indonesia bahkan sampai ke pedesaan. Perkembangan warnet di Indonesia semenjak beberapa tahun terakhir terlihat sangat pesat. Di beberapa warnet umumnya terlihat dipenuhi oleh kalangan pelajar yang tak kelak selalu datang untuk menghabiskan waktunya bermain game online dan terkadang mereka rela untuk tidak masuk sekolah (bolos ) hanya demi bermain game online.

Apa yang dilakukan pelajar tersebut terkadang tanpa diketahui oleh orang tua mereka, ada saja alasan mereka untuk meyakinkan orang tua nya, entah itu belajar di rumah teman, atau ada acara sekolah. Dalam hal ini seharusnya para orang tua harus lebih memperhatikan lagi anak anak mereka, paling tidak mengetahui kemana mereka setelah pulang sekolah. Game online untuk saat ini sangat digemari oleh anak maupun remaja, tentunya hal itu mempunyai dampak bagi mereka.

Adapun dampak game online adalah sebagai berikut :

Dampak Positif
- Melatih ketelitian, kecermatan, misalnya dalam strategi.
- Bertambahnya ilmu tekhnologi, misalnya bidang komputer.
- Wacana bertambah, misalnya nama-nama senjata, negara, kota, dll.

Dampak Negatif
- Lupa waktu , misalnya lupa belajar, ibadah dan lain-lain
- Boros, uang saku berkurang
- Bermalas-malasan, sehingga terkadang pekerjaan lain ditinggalkan
- Kesehatan mata berkurang

Untuk mencegah seorang anak bermain game online tentu bukan pekerjaan mudah. Fasilitas internet yang banyak tersedia di mana-mana, salah satunya warung internet, menjadikan anak bisa mengakses internet dari mana saja.

Tidak selalu harus bermain di rumah, anak bisa mencuri waktu sepulang  sekolah dengan mengunjungi arena game online atau warung internet yang ada di sekitar sekolah mereka.

Adapun cara-cara untuk mencegah dampak game online sebagai berikut :

1.      Bekerjasama dengan guru di sekolah untuk turut memantau perkembangan belajar siswa.

2.      Menjalin komunikasi informal agar seorang anak bisa terbuka pada orang tua, sehingga orang tua bisa memberikan  pendidikan pada seorang anak tanpa sang anak merasa dihakimi.

3.      Berikan waktu khusus bermain game online, dan tegasi anak Anda untuk tidak bermain di luar waktu yang sudah disepakati.

Hadirin yang saya hormati, demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, apabila terdapat kesalahan kata dalam penyampaian pidato saya yang disengaja maupun tidak disengaja, saya mohon maaf. Saya berharap pidato yang saya buat ini dapat bermanfaat bagi seluruh orang. Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan saya tutup dengan paramasanthi, Om Santhi, Santhi, Santhi Om.

Incoming search terms:

  • pidato game online
  • contoh pidato tentang game online
  • contoh pidato tentang game
  • pidato dampak game online
  • pidato bahaya game online
  • pidato tentang dampak game online
  • contoh pidato yg bertema game yg singkat
  • contoh pidato game online
  • teks pidato tentang game online
  • contoh dialog tentang dampak game online pada remaja
loading...

Leave a Reply