Pidato Perpisahan Sekolah Yang Ke 6

Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Illahi Robbi atas rahmat dan hidayah-Nya, kita semua masih dapat bersama-sama mengikuti acara pekan kreatifitas siswa sekolah dasar se kecamatan Juntinyuat. Sholawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi akhir zaman, Rosulullah Muhammad Sholallahu Alaihi Wassalam. Yang telah membawa zaman kegelapan menjadi zaman terang benderang.

Hadirin yang saya hormati ..

Kita sebagai anak Indonesia sudah sepantasnya mengucapkan syukur Alhamdulillah, karena kita lahir di Negara tercinta Indonesia ini setelah merdeka, Negara kita sudah terlepas dari belenggu penjajahan dari bangsa lain. Kita semua mengetahui dari bangku sekolah tentang sejarah perjuangan para pahlawan dalam merebut, dan mempertahankan kemerdekaan. Bukan hanya harta benda bahkan jiwa mereka rela korbankan demi kemerdekaan Negara kita ini. Untuk itu kita sebagai bangsa Indonesia sudah merupakan suatu kewajiban bagi kita untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang dan berkorban untuk kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga amal baktinya dapat diterima oleh Allah Subhanahu Wataala. Amin.

Temanku

Lalu bagaimana sikap kita selanjutnya setelah Negara ini merdeka? Tiada kata lain bahwa kita harus dan wajib untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan serta mengisi kemerdekaan ini sesuai dengan bidang kita masing-masing. Kita sebagai generasi muda yang masih duduk di bangku sekolah harus belajar dengan rajin, karena kita tahu untuk membangun suatu Negara diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas, sumber daya manusia yang berkualitas itu diperoleh melalui pendidikan, terutama pendidikan melalui sekolah-sekolah, pesantren, kursus-kursus. Apalagi Pemerintah telah menjamin dalam UUD 1945 bahwa setiap warga Negara berhak memperoleh pendidikan. Bahkan tidak sampai disitu Pemerintah telah menggratiskan siswa-siswa yang tidak mampu untuk sekolah, dengan adanya program BOS, beasiswa, dan orang tua asuh menunjukkan bahwa Pemerintah dan warga Negara yang telah sadar akan pendidikan sangat memperhatikan pendidikan bagi warga negaranya dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Teman-temanku yang tercinta

sadarkah kita, saat ini sebenarnya bangsa kita ini sebenarnya masih dijajah oleh bangsa lain? Kita masih dijajah Ilmu Pengetahuan oleh bangsa lain, sama-sama kita lihat peralatan kerja, sekolah, rumah, kantor, kesehatan, militer dan segala bidang termasuk tenaga ahli banyak produk luar negeri. Kita masih merupakan bangsa konsumen belum bangsa produsen. Bangsa kita kaya tetapi kita belum bisa memanfaatkannya secara maksimal. Sungguh betapa pentingnya pendidikan, karenanya marilah mulai dari sekarang kita semua belajar dan belajar dengan giat, dimanapun kita, sampai kapanpun kita harus terus belajar sebagaimana hadits Rasulullah SAW Tolabul Ilmi Ngala Kulli Muslimina Wal Muslimat Menuntut Ilmu itu wajib bagi muslim dan muslimat. Kalau masyarakat Indonesia mau belajar akan tercipta manusia-manusia Indonesia yang berkualitas, dan bangsa kita ini akan dapat mensejajarkan diri dengan Negara-negara lain yang lebih maju bahkan bisa lebih maju dari mereka.

Demikian yang dapat saya sampaikan mudah-mudahan dapat dijadikan motivasi oleh kita semua dengan menumbuhkan semangat pada diri kita untuk memulai belajar dengan giat. Sekian mohon maaf bila ada kesalahan karena kebenaran hanya datang dari Allah SWT. Semata.Untuk yang terakhir saya ingin membaca pantun :

Masak angsa dikuali

Bukan saja di perigi

Hendaklah kamu mengabdi

Di pangkuan ibu pertiwi

Pergilah ke tepi kali
Jangan lupa bawa guci
Bangkitlah anak pertiwi
Bangunlah negerimu ini

Jika kita pegang kuas
Melukislah pada kertas
Jika anak bangsa cerdas
Bangsa pun berkualitas

Wassalamualaikum Wr. Wb.

loading...

Leave a Reply