Pidato Bahasa Indonesia : SMA negeri

Assalamuallaikum wr. Wb

Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat bapak/ibu guru dan staff karyawan SMA negeri , serta siswa-siswi SMA ..yang saya cintai. puji syukur kita atas rahmat dan karunia Tuhan YME kita semua dapat berkumpul disini dalam acara hari pendidikan yang jatuh pada tanggal 2 mei dalam keadaan sehat wal afiat. Saya sebagai kepala sekolah di SMA .. ini, ingin menyampaikan beberapa makna dari hari besar ini.

Lebih dari 67 tahun yang lalu bapak presiden pertama Indonesia menyatakan bahwa tanggal 2 mei adalah hari pendidikan nasional yang kita peringati setiap tahun sampai saat ini. Ditetapkannya tanggal 2 mei ini berdasarkan hari dimana ki hajar dewantara lahir. Ki hajar dewantara adalah pahlawan revolusi yang mengangkat pendidikan di tanah air kita ini. Beliau menjujung tinggi pendidikan yang ada di Indonesia. Beliau yang mengorbankan jiwa dan raga demi kemajuan pendidikan yang ada di tanah air kita ini. Kalian patut bersyukur kepada Tuhan YME dan berterima kasih kepada ki hajar dewantara. Tanpa perjuangan dan semangat beliau, mungkin Indonesia tidak ada pendidikan yang saat ini kalian nikmati.

Setiap sekolah yang ada di Indonesia atau bahkan di dunia ini memiliki visi dan misi yang berbeda. Tetapi setiap sekolah memilki tujuan yang sama. Yaitu untuk mendidik para siswa sampai menjadi seorang pemimpin yang berhasil dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan tujuan tersebut tercantum dalam undang-undang dasar 1945 yang menyebutkan bahwa .mencerdaskan kehidupan bangsa .

Sejak kita kecil sampai tua kita perlu adanya ilmu pengetahuan. Saat kita masih usia balita kita di ajarkan oleh orang tua kita, saat kita duduk di bangku taman kanak-kanak,sd, smp, sma, kuliah kita di ajarkan pendidikan oleh bapak/ibu guru kita. Bahkan sampai tua pun kita masih membutuhkan ilmu pengetahuan agar dapat membimbing kita dalam mejalankan kehidupan kita. Sejak kecil kita telah dibekali dengan jiwa kepemimpinan yang telah kita peroleh dari sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Di kehidupan sehari-hari pun banyak pemimpin yang telah memimpin. Contohnya adalah rt, rw, lurah, camat, sampai presiden. Pemimpin yang berhasil ataupun pemimpin yang gagal menjadi pemimpin. Dasar dari kesuksesan seorang pemimpin adalah pendidikan baik formal maupun informal. Apabila seorang pemimpin yang memiliki penerapan pendidikan yang salah maka ia akan mengalami kegagalan dalam memimpin. Karena seorang pemimpin haruslah mempunyai jiwa yang pantang putus asa, semangat dalam menghadapi masalah, bertanggung jawab, mampu menjadi pengayom masyarakat.

Banyak sekali contoh dalam masyarakat, seorang pemimpin yang gagal dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pemimpin. Di Indonesia hampir setiap tahun menerima laporan mengenai kasus-kasus yang menyangkut seorang pemimpin. Contohnya gayus tambunan seorang kepala pajak yang terduga korupsi, bupati garut yang memiliki kasus hubungan gelap dengan wanita lain, anas urbaningrum ketua umum democrat yang masuk sebagai terduga korupsi, dan masih banyak lagi pemimpin bangsa ini yang salah dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin. Dan kasus-kasus tersebut meningkat setiap tahunnya. Karena hokum Indonesia yang ketat namun penegak hokum yang lalai dalam menjalankan tugasnya. Banyak pemimpin yang tidak takut atau bahkan tidak jera dengan hukuman yang diberikan oleh hukum.

Anak-anakku yang saya cintai dan saya banggakan. Disini kalian di ajarakan oleh bapak ibu guru untuk menjadi calon pemimpin masa depan yang dapat membuat bangsa kita menjadi lebih baik. Bapak ibu guru hanya membimbing kalian kearah yang benar, agar kelak di masa yang akan datang di Indonesia mempunyai banyak pemimpin yang baik dan bijaksana dalam memimpin bangsa kita. Tidak perlu kita jauh-jauh menjadi pemimpin yang besar, saat ini pun kalian dapat mengaplikasikannya dengan menjadi seorang ketua kelas. Kalian memupuk jiwa kepemimpinan itu dari hal yang kecil dengan memimpin kelas kalian dengan baik. Marilah kita mejadi pribadi yang baik dan saya sebagai kepala sekolah sekaligus orangtua berharap siswa siswi SMA negeri. dapat menjadi pemimpin yang sukses di masa depan.

Sekian pidato dari saya, apabila ada salah kata maupun perbuatan mohon dimaafkan.

Wasalamuallaikum Wr Wb.

Leave a Reply