Pidato Agama Islam Tentang Sedekah

Pidato Agama Islam tentang Sedekah

Assalamualaikum wr wb, Bapak-bapak/ibu-ibu beserta rekan-rekan yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat yang Insya Allah penuh barokah ini, amiiin

Tidak lupa shalawat dan salam semoga terpanjatkan kepada Nabi Muhammad SAW, sang Nabi yang telah mengajarkan kita peka terhadap tetangga, sahabat, keluarga, dan karib kerabat dengan zakat dan sedekah.

Hadirin rahimakumullah
saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk menyampaikan sebuah pidato tentang sedekah …

sedekah mempunyai banyak sekali manfaat dan barokah diantaranya adalah :

Sedekah menjadi penyebab bertambahnya rezeki

Manfaat sedekah yang pertama adalah bahawa sedekah adalah sebab bertambahnya rezeki. Bukannya berkurang, harta kita justru akan bertambah jikalau kita bersedekah. Rasululah SAW bersabda, "Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian". (Al-Wasail 6: 255, hadis ke 11)

Bahkan di dalam Ayat yang lain Allah akan melipat pahala sodaqoh kita berlipat-lipat jumlahnya. Dalam Al-Quran Surat 6:160, Allah menjanjikan balasan 10x lipat bagi mereka yang mau berbuat baik. Bahkan di dalam Al-Quran Surat: 2: 261, Allah menjanjikan balasan sampai 700 x lipat. Allah SWT berfirman :

Artinya : Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui. (Al Baqarah: 261).

Sedekah adalah perantara kepada tercapainya hakikat kebaikan

Diantara manfaat sedekah yang keduanya adalah bahwa sedekah adalah bukti nyata hakikat suatu kebaikan. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Taala dalam surat Ali Imran ayat 92:

Artinya: Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. dan apa saja yang kamu nafkahkan Maka Sesungguhnya Allah mengetahuinya. (Ali Imran: 92)

Malaikat akan mendoakan orang yang bersedekah dan melaknat orang yang bakhil

Manfat bersedekah yang ketiga adalah bahwa malaikat akan senantiasa berada dengan orang yang selalu bersedekah dan juga mendoakannya. Hal ini karena Nabi Muhammad SAW pernah bersabda :

Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Nabi saw. bersabda, Ketika seorang hamba berada pada waktu pagi, dua malaikat akan turun kepadanya, lalu salah satu berkata, Ya Allah, berilah pahala kepada orang yang menginfakkan hartanya. Kemudian malaikat yang satu berkata, Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil. (Muttafaq Alaih).

Mengangkat derajat

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Allah swt. akan menambah kemuliaan kepada hamba-Nya yang pemaaf. Dan bagi hamba yang tawadhu karena Allah swt., Allah swt. akan mengangkat (derajatnya). (HR. Muslim)

Itulah beberapa manfaat sedekah, sebetulnya banyak sekali manffat sedekah yang akan didapat oleh seorang muslim. Karena itulah, kita tak lagi asing mendengar kisah para sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yang amat ringan tangan dalam bersedekah. Abu Bakar Ash-Shiddiq Radhiallahuanhu telah menginfakkan seluruh hartanya dalam suatu kesempatan, dan Umar Radhiallahuanhu menginfakkan separoh hartanya, sedangkan Utsman Radhiallahuanhu menyiapkan bekal seluruh pasukan al-usrah. Jika kita merasa berat dengan sedekah harta, ada banyak bentuk sedekah lain yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah sebagaimana dinyatakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bahwa Senyum dihadapan saudaramu adalah sedekah (Riwayat Muslim).

Sifat kikir, merasa rugi dan juga takut miskin adalah penghalang bagi seseorang untuk membagikan hartanya yang dimiliki, apalagi sesuatu yang amat dicintai. Padahal, di balik uluran tangan atau menyedekahkan harta itu ada keutamaan yang Allah Subhanahu wa Taala janjikan.

Mudah-mudahan dengan banyaknya kita bersedekah menjadi jalan terbuakanya ridha Allah SWT.
Wassalamu’alaikum wr. wb.

Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh

Alhamdulilah-alhamdulilah hirabil alamin, asholatu washolatu wasalamu ngala asrofil amyai war mursalim syayidina wanabi muhamadin wa ngala alihi wasyohbihi ajekmain,ama bakdu

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah swt yang telah melimpahkan rahmad dan hidayahNYA kepada kita semua. Tidak lupa Shalawat dan salam kita haturkan kepada Nabi Muhamad SAW, Mudah-mudahan kita mendapat syavaatnya di hari yaumul kiamah. Allohuma amin.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul Islam dan Lingkungan Hidup

Pertama Agama Islam adalah sebuah agama yang mulia disisi Allah, sesuai dengan asal katanya, aslama, yuslimu, islaman, yang artinya selamat, sejahtera atau damai. Maksudnya Allah SWT menurunkan agama Islam adalah agar seluruh umat manusia dapat hidup selamat, , sejahtera ,damai sampai dunia kiamat.

Dan Sebagai khalifah di dunia, manusia diciptakan Allah untuk menjaga kebaikan alam semesta dan bukan merusaknya. Dahulu, sebelum Allah Subhanahu Wataala menciptakan nabi Adam, para malaikat khawatir kepada manusia yang hanya akan membuat kerusakan di muka bumi ini. Para malaikat telah melihat contoh dari golongan jin yang telah ada di dunia jauh sebelum nabi Adam diturunkan, sehingga mereka khawatir manusia akan melakukan hal yang sama .

Hadirin yang dimuliakan Allah banyak ayat al Quran yang menjelaskan bahwa manusia tidak boleh membuat kerusakan di dunia ini . Salah satu di antaranya adalah ayat yang berbunyi:

Artinya:Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah Allah memperbaikinya (QS. Al Araf: 56). Kerusakan yang dimaksud ada dua macam, yang pertama, kerusakan zhahiriah (material), dan yang kedua, adalah kerusakan batiniyah (spiritual). Kerusakan zhahiriah (material) dapat mengakibatkan bencana dan membawa kerugian yang besar bagi umat manusia. Tidak saja harta benda yang akan hancur binasa, akan tetapi jiwa raga pun dapat musnah karenaNYA.

Akhir-akhir ini, kerusakan alam yang telah nyata dan tidak diragukan lagi adalah apa yang diistilahkan manusia sebagai global warming, yakni pemanasan bumi secara menyeluruh, yang menyebabkan mencairnya es-es di Kutub, mengubah cuaca menjadi ekstrim dan tidak menentu, menaikkan permukaan laut, menghancurkan kehidupan ikan-ikan di laut dan banyak lagi permasalahan yang mengerikan. Semua kerusakan itu semua karena ulah manusia yang rakus.

Nah sekarang apakah ada solusi dari permasalahan diatas,tentu kita dapat menyelamatkan bumi ini dari global warming, yaitu ada lima solusi yang pertama: Berhenti atau kurangi makan daging karena industri peternakan penyumbang terbesar pencemaran tanah dan sumber air bersih,batasilah emisi karbondioksida, tanamlah lebih banyak pohon, daur ulang dan gunakan ulang, gunakan alat transportasi yang ramah lingkungan.

Islam juga memerintahkan untuk menjaga lingkungan. Rasulullah SAW pernah bersabda: Tiadalah seseorang yang menanam sebatang pohon, maka Allah Azza Wajalla mencatat pahala baginya sebanyak buah yang dihasilkan oleh pohon itu. (HR. Ahmad). Dalam hadis yang lain Rasulullah bersabda: Tiadalah seorang muslim yang menanam sebatang pohon, kecuali apa saja yang dimakan dari pohon itu adalah sedekah baginya, yang dicuri dari pohon itu juga sedekah baginya, yang dimakan binatang buas juga menjadi sedekah baginya, yang dimakan burung juga sedekah baginya, dan tidaklah siapa pun yang mengambil dari pohon itu, melainkan itu juga menjadi sedekah bagi orang yang menanamnya. (HR. Muslim)

Ada fakta bahwa sseorang vegetarian dengan standard diet kita akan menghemat 1,5 ton emisi rumah kaca setiap tahunnya

Demikian pentingnya menjaga keseimbangan alam serta senangtiasa membiasakan hidup sehat dan bersih. Yang terpenting adalah kita memberikan anak cucu kita tempat yang lebih baik untuk ditinggali. Kita itu masih punya kesempatan untuk melakukannya yang kita butuhkan hanyalah kemauan yang kuat untuk berubah. Maha Suci Allah Yang telah menurunkan Agama Islam yang mulia untuk dijadikan pegangan bagi manusia-manusia yang dimuliakan-Nya

Demikian pidato yang saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua,banyak salah kata mohon maaf yang sebesar-besarnya

Wal hitaufik wal hidayah

Wassalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh

Leave a Reply