PIDATO HARI IBU : PUJI SYUKUR MARI KITA PANJATKAN KEHADIRAT

ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

PUJI SYUKUR MARI KITA PANJATKAN KEHADIRAT ALLAH SUBHANAHU WATAALA, YANG MANA HINGGA DETIK INI KITA MASIH DIBERIKAN NIKMAT YANG LUAR BIASA, YAITU NIKMAT SEHAT, SEHINGGA KITA MASIH DAPAT BERKUMPUL DI ACARA INI DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI IBU, YANG JATUH PADA TANGGAL 22 DESEMBER.

PERINGATAN HARI IBU SESUNGGUHNYA DIMAKSUDKAN UNTUK MENINGKATKAN ASPIRASI MASYARAKAT TERHADAP KELUHURAN KODRAT, HARKAT DAN MARTABAT SERTA PERANAN DAN KEDUDUKAN WANITA DALAM UPAYA KEUTUHAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN KUALITAS DAN PERAN SERTA PEREMPUAN DALAM BERBAGAI PEMBANGUNAN.

KAUM PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI SESUNGGUHNYA MENJADI BAGIAN YANG TIDAK TERPISAHKAN DALAM PROSES PEMBANGUNAN, SEPERTI HALNYA DAHULU PADA MASA PERJUANGAN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA, DIMANA SESUNGGUHNYA PEREMPUAN TELAH MEMILIKI ANDIL YANG CUKUP BESAR DALAM MENGGAPAI DAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA. PARA WANITA YANG BERADA DI POS-POS KESEHATAN DAN DAPUR-DAPUR UMUM MENJADI PENYANGGA UTAMA PERJUANGAN PARA KAUM LAKI-LAKI DALAM MEMPERJUANGKAN KEMERDEKAAN.

PADA SAAT INI, KAUM WANITA TELAH MEMULAI DALAM PENYAMAAN KEDUDUKAAN DENGAN KAUM LAKI-LAKI. HAL TERSEBUT MERUPAKAN BENTUK PERJUANGAN KAUM WANITA DALAM MENYETARAKAN KODRAD DEMI MEMBANGUN BERSAMA BANGSA DAN NEGARA. HAL INI TIDAK TERLEPAS DARI PERJUANGAN R.A. KARTINI YANG TELAH MEMBUKA MATA KAUM WANITA DENGAN PERJUANGANNYA TERDAHULU DALAM MENUNTUT HAK KAUM PEREMPUAN DAN MELEPASKAN DIRI DARI BELENGGU PERLAKUAN DISKRIMINATIF TERHADAP PEREMPUAN.

DAN KINI, DENGAN TELAH ADANYA PERSAMAAN DERAJAT ANTARA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM MENDAPATKAN PEKERJAAN DAN MENDAPATKAN PENDIDIKAN, MAKA SAATNYA BAGI PARA PEREMPUAN UNTUK MAU MENGEMBANGKAN DIRI DENGAN CARA MENAMBAH PENGETAHUAN BAIK MELALUI PENDIDIKAN-PENDIDIKAN FORMAL MAUPUN INFORMAL. DENGAN BEGITU, PEREMPUAN DAPAT LEBIH MEMAKSIMALKAN DIRI DALAM PROSES PEMBANGUNAN.

LALU PERAN YANG BAGAIMANAKAH YANG DAPAT DIBERIKAN PEREMPUAN BAGI PEMBANGUNAN???

PERAN STRATEGIS PEREMPUAN DALAM MENYUKSESKAN PEMBANGUNAN BANGSA DAPAT DILAKUKAN MELALUI:

PERANAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA, DIMANA PEREMPUAN SEBAGAI BENTENG UTAMA DALAM KELUARGA. PENINGKATAN KUALITAS SDM DIMULAI DARI PERAN PEREMPUAN DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN TERBAIK KEPADA ANAKNYA SEBAGAI GENERASI PENERUS BANGSA.

PERANAN PEREMPUAN DALAM PENDIDIK, DIMANA DENGAN MENGELOLA POTENSI PEREMPUAN MELALUI BIDANG PENDIDIKAN DAN PELATIHAN MAKA TENAGA KERJA PEREMPUAN AKAN SEMAKIN MENEMPATI POSISI LEBIH TERHORMAT UNTUK MAMPU MENGANGKAT DERAJAT BANGSA.

PERANAN PEREMPUAN DALAM BIDANG EKONOMI, DIMANA DALAM RUANG LINGKUP KECILNYA PEREMPUAN DAPAT MEMBANTU PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA MELALUI BERBAGAI JALUR BAIK KEWIRAUSAHAAN MAUPUN SEBAGAI TENAGA KERJA YANG TERDIDIK.

PERANAN PEREMPUAN DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN. PEREMPUAN MEMILIKI POTENSI YANG BESAR UNTUK BERPERAN SERTA DALAM PENATAAN DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN.

DARI KEEMPAT PERAN STRATEGIS TERSEBUT, DAN DENGAN KITA TELAAH SECARA BERSAMA BAHWA, SEDERHANANYA PERAN STRATEGIS PEREMPUAN DALAM PEMBANGUNAN DIMULAI DARI LINGKUNGAN KELUARGA. SEBUAH RUANG LINGKUP DIMANA SEORANG WANITA MEMILIKI PERANAN YANG LUAR BIASA DALAM MENJAGA DAN MENGHARMONISKAN KEUTUHAN KELUARGA TERSEBUT. APABILA PEREMPUAN DAPAT DENGAN SUKSES MEMBANGUN KELUARGA YANG BAIK DAN MENCIPTAKAN GENERASI-GENERASI PENERUS YANG BERKUALITAS, MAKA SECARA TIDAK LANGSUNG, PEREMPUAN TELAH IKUT ANDIL DALAM PROSES PEMBANGUNAN YANG LEBIH LUAS, YAITU MEMBANGUN MASYARAKAT DAN NEGARA.

LALU APA SAJA YANG HARUS DISIAPKAN PARA PEREMPUAN UNTUK DAPAT BERPERAN SERTA DALAM PEMBANGUNAN???

YANG PERTAMA ADALAH PENDIDIKAN

PENDIDIKAN SANGAT PENTING BAGI KAUM PEREMPUAN KARENA KAUM PEREMPUANLAH YANG LEBIH BANYAK MEMBERIKAN PENDIDIKAN KEPADA ANAK-ANAKNYA DI DALAM KELUARGA, SEHINGGA KAUM PEREMPUAN TERDIDIK DAPAT MEMBANTU MENINGKATKAN KUALITAS GENERASI PENERUS BANGSA. SEORANG IBU DENGAN PENGETAHUAN YANG LUAS DAPAT MEMBERIKAN PENDIDIKAN KEPADA SANG ANAK SESUAI DENGAN PERKEMBANGANNYA, HAL INI AKAN SANGAT BERBEDA APABILA SANG IBU TIDAK MEMILIKI CUKUP PENGETAHUAN SEHINGGA TIDAK DAPAT MEMBERIKAN PENDIDIKAN YANG CUKUP TERHADAP SANG ANAK. DENGAN PENDIDIKAN JUGA SEORANG IBU DAPAT DENGAN EFEKTIF MENGATUR POLA HIDUP KELUARGANYA SEHINGGA TERCIPTA KONDISI KELUARGA YANG HARMONIS DAN TERATUR.

LEBIH LUAS LAGI, DENGAN PENDIDIKAN PARA PEREMPUAN DAPAT BEKERJA DAN MENCARI NAFKAH SENDIRI, MENGEMBANGKAN SELURUH KEMAMPUAN DAN DIMENSI KEMANUSIAANNYA DAN TIDAK BERGANTUNG PADA SIAPAPUN TERMASUK PADA SANG SUAMI. DENGAN BEGITU PEREMPUAN TELAH TURUT SERTA MEMBANGUN PEREKONOMIAN KELUARGA.

YANG PERLU DIPERHATIKAN ADALAH BAHWASANYA PENDIDIKAN ATAU PENGETAHUAN TIDAK SELALU HARUS DIDAPAT MELALUI PENDIDIKAN FORMAL. DENGAN MENGIKUTI PELATIHAN-PELATIHAN ATAUPUN SEMINAR-SEMINAR PUN DAPAT MENAMBAH PENGETAHUAN DAN KREATIFITAS.

KEBIASAAN MEMBACA PUN DAPAT MENAMBAH PENGETAHUAN. SAAT INI ADA BANYAK MEDIA YANG MEMUDAHKAN PARA IBU UNTUK MENDAPATKAN BAHAN BACAAN, BAIK ITU DARI MAJALAH, TABLOID MAUPUN MEDIA-MEDIA ONLINE YANG DAPAT DENGAN MUDAH DI AKSES DENGAN HANDPHONE YANG PARA IBU MILIKI, SEHINGGA TIDAK LAGI ADA ALASAN BAGI PARA IBU UNTUK MALAS MEMBACA.

YANG KEDUA ADALAH KESEHATAN

PEREMPUAN DITUNTUT UNTUK DAPAT MENCIPTAKAN DAN MEMBUDAYAKAN POLA HIDUP SEHAT.

DALAM KONDISI TUBUH SEHAT BAIK SECARA FISIK, MENTAL, SPIRITUAL MAUPUN SOSIAL, MAKA AKAN DIMUNGKINKAN SETIAP ORANG UNTUK HIDUP PRODUKTIF SECARA SOSIAL MAUPUN EKONOMIS. DENGAN BANYAKNYA MASYARAKAT YANG SEHAT MAKA DAPAT MEMBANTU MENINGKATKAN PERTUMBUHAN EKONOMI. KELUARGA YANG SEHAT AKAN MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DI SETIAP AKTIVITAS ANGGOTA KELUARGA TERSEBUT. SEORANG AYAH AKAN DAPAT BEKERJA DENGAN BAIK APABILA DALAM KEADAAN SEHAT. SEORANG ANAK DAPAT BELAJAR DENGAN MAKSIMAL APABILA DALAM KEADAAN SEHAT.

KEDUA HAL TERSEBUT DI ATAS SESENGGUHNYA MENJADI BAGIAN YANG TIDAK DAPAT DIPISAHKAN. DENGAN TUBUH YANG SEHAT, IBU-IBU DAPAT MENINGKATKAN WAWASAN DAN ILMU PENGETAHUAN DARI BERMACAM AKTIFITAS. DENGAN PENDIDIKAN PULALAH PARA IBU DAPAT MENGETAHUI BAGAIMANA METODE TERBAIK DALAM MENERAPKAN POLA HIDUP SEHAT DI LINGKUNGAN KELUARGA MAUPUN MASYARAKAT.

PERINGATAN HARI IBU MERUPAKAN MOMEN PENTING BAGI KAUM WANITA TERUTAMA KAUM IBU UNTUK TIDAK HANYA MENJADI ORANG DIBALIK LAYAR DALAM PROSES PEMBANGUNAN, NAMUN DAPAT MENJADI PEMAIN UTAMA YANG BERADA DIGARIS TERDEPAN DALAM PROSES PEMBANGUNAN, MULAI DARI RUANG LINGKUP TERKECIL YAITU MEMBANGUN KELUARGA, LINGKUNGAN, SELANJUTNYA PEMBANGUNAN BANGSA DAN NEGARA. OLEH KARENA ITU SAYA MENGAJAK SERTA SEMUA PEREMPUAN YANG HADIR DI ACARA HARI INI KHUSUSNYA, UNTUK DAPAT MEMANFAATKAN MOMENTUM PERINGATAN HARI IBU INI, SEBAGAI TITIK AWAL PERUBAHAN, TITIK AWAL DALAM MEMBUKA WAWASAN KITA SEBAGAI KAUM PEREMPUAN UNTUK MAU MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DIRI, MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAN KREATIFITAS DIRI SEHINGGA KITA TIDAK HANYA MENJADI PEMAIN PENDUKUNG BAGI PARA SUAMI KITA, TETAPI MENJADI PEMERAN UTAMA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN, MULAI DARI KELUARGA KITA, LINGKUNGAN KITA, MAUPUN BAGI BANGSA DAN NEGARA KITA TERCINTA, INDONESIA.

DEMIKIAN PIDATO DARI SAYA, MOHON MAAF APABILA TERDAPAT KEKURANGAN DAN KESALAHAN.

SELAMAT HARI IBU, WASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

Incoming search terms:

  • pidato tentang perempuan
  • pidato peran wanita dalam pembangunan
  • teks pidato peranan wanita dalam pembangunan
  • pidato tentang peranan wanita
  • Pidato b indonesia yg bertema peranan wanita dalam pembangunan
  • teks pidato tema peran perempuan dalam mengisi pendidikan
  • Isi pidato tentang peranan darma wanita dalam pembangunan
  • download teks pidato peranan wanita dalam pembangunan
  • contoh tex pidato bhs jawa dengan tema wanita sehat negara kuat
  • Contoh teks pidato peran wanita dalam mengisi pendidikan
loading...

Leave a Reply