PIDATO PERPISAHAN : Iwal Mursaliin Wa Alaa Aalihii

‘Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Alhamdulillaahi rabbil aalamiin. Wasshalaatu wassalaamu alaa asyrafil anbiyaa iwal mursaliin wa alaa aalihii washahbihii ajmaiin ammaa badu.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan anugerah Iman, Islam dan kesehatan kepada kita, sehingga kita semua dapat berhadir dalam acara kenaikan kelas sekaligus perpisahan  kelas enam yang akan meninggalkan sekolah ini. Teriring shalawat dan salam marilah kita persembahkan  kepada seorang manusia yang sempurna, yang  telah membawa ummat ini menuju cahaya hidayah. Yakni junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat serta pengikut beliau hingga hari kiamat.

Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada pembawa acara yang telah memberi waktu kepada saya untuk menyampaikan kata perpisahan atas nama siswa yang meninggalkan.

Yang saya hormati dan saya muliakan, Kepala Sekolah beserta dewan guru. Yang saya hormati Bapak dan Ibu wali murid. Yang saya hormati para undangan serta adik-adik dan teman-teman semua yang saya sayangi.

Tiada terasa, hari berganti, minggu berlalu, bulan berjalan dan tahun pun mengantarkan  kita pada satu kata perpisahan. Satu kata yang dapat membuat kita bersedih, terharu, bahkan menangis.

Hari ini ada rasa duka yang mendalam di hati kami. karena tidak lama lagi, kami akan meninggalkan sekolah yang telah menjadikan kami dari tidak tahu menjadi mengerti, meninggalkan bapak dan ibu guru yang selalu sabar membimbing dan mencurahkan ilmunya kepada kami, meninggalkan adik-adik kami semua. Meninggalkan masa-masa yang penuh suka,duka,canda,tawa,sedih dan bahagia.

Kami sadar selama kebersamaan kita di sekolah ini banyak tingkah laku kami yang tidak berkenan di hati bapak/ibu guru serta adik-adik semua. Tingkah laku yang mungkin menyakiti, menyinggung, membuat marah dan sedih guru dan adik-adik kami. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini izinkanlah kami memohon maaf yang sebesar-besarya atas semua kesalahan yang telah kami lakukan selama ini.

Tak lupa pula kami sampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya atas segala pengabdian, bimbingan,nasihat, dan ilmu yang telah bapak dan ibu guru berikan kepada kami selama ini. Tanpa kalian, kami bukan apa-apa. Banyak hal yang diajarkan pada kami, meski terkadang kami merasa lelah, jenuh, bosan, tapi dengan sabarnya kami dibimbing. 

Akhirnya, tak ada kado yang lebih berharga yang  dapat kami berikan untuk bapak dan ibu guru semua selain ucapan terima kasih dan untaian doa semoga jasa dan pengabdian yang diberikan memberi manfaat bagi kami, dan Allah SWT memberikan balasan yang setimpal. Amin yang rabbal Alamiin.

Di ujung pidato ini  kami titipkan  sebuah puisi perpisahan:

Untaian tahun telah terlewati
ada banyak senyum tercipta
diantara riangnya tawa
diantara canda belia

di sini….
tempat berteduhnya tunas bangsa
tempat menuang segala asa

seperti putih cita-citanya
seperti merah semangatnya

setelah lama merenda hari mengusung mimpi
berat terasa kami lepaskan
Selamat tinggal cerita indah

tapi,
perpisahan bukanlah kehilangan
hanya batas tipis antara kenangan dan harapan
jalan panjang yang masih terbentang
jembatan menggapai hari esok yang cemerlang

PIDATO

Assalamualaikum wr. Wb

Asshaduallailahaillalah waashaduanna muhamadar rosulullah. Ama badu

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang mana pada kesempatan kali ini kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat amin ya robbal alamin.Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, kepada para sahabatnya, keluarganya, dan kepada kita selaku umatnya. Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan amanat dalam rangka perpisahan ini.

Tidak terasa sudah 6 tahun kita berada disini.. Semua cerita indah disini hanya akan menjadi sepenggal kenangan di masa depan. Suatu hari nanti kita pasti akan merindukan masa-masa indah seperti ini. Tak lupa juga kami sangat berterima kasih kepada guru-guru kami yang telah mengajarkan kami arti dari sebuah perjuangan untuk menuju pada kehidupan yang sebenarnya. Tanpa beliau-beliau, kami bukan apa-apa. Mudah-mudahan apa yang kita dapatkan disini bisa menjadi ilmu yang insya Allah akan bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama dan yang terpenting berguna bagi diri kita sendiri. Amien. Dan semoga saja perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf, karena kesalahan adalah milik saya dan kelebihan datangnya dari Allah SWT.

Sekian dari saya.

Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr.wb

PIDATO PERPISAHAN ANAK SD KELAS VI

‘Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Alhamdulillaahi rabbil aalamiin. Wasshalaatu wassalaamu alaa asyrafil anbiyaa iwal mursaliin wa alaa aalihii washahbihii ajmaiin ammaa badu.

Yang terhormat Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu guru, juga teman-teman yang saya kasih.

Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji syukur ke hadirat Allah karena semua rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama untuk mengadakan acara perpisahan sekolah.

Hadirin yang saya hormati…

Ijinkan saya untuk mewakili teman-teman untuk beberapa dua patah kata di sini. Selama sekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterimakasih kepada semua guru yang mengajar di sekolah ini, yang sangat baik, yang selalu adil dalam mengajar, selalu sabar dan lelah.

Terima kasih atas jerih payah semua guru hingga kami dapat lulus dari SD Inpres 6/75 Majang ini. Mudah-mudahan semua guru di sekolah ini dapat diberikan kesehatan dan kebahagiaan. Juga untuk semua teman-teman, karena kita sudah bersama-sama selama 6 tahun ini. Namun tetap, saya juga berdoa agar teman-teman semua dapat melanjutkan ke pendidikan tinggi, yaitu ke SMP untuk mencapai cita-cita.

Kejarlah cita-citamu teman, agar dapat meraih kehidupan yang lebih baik dimasa depan.

Mudah-mudahan apa yang kita dapatkan disini bisa menjadi ilmu yang Insya Allah akan bermanfaat bagi nusa, bangsa, agama, keluarga dan yang terpenting berguna bagi diri kita sendiri. Amien.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf, karena kekurangan adalah milik saya dan kesempurnaan itu milik Allah SWT.

Sekian dari saya, Muh.Arief Dahlan.

Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum wr.wb

Leave a Reply