Pidato Bin : Cara Belajar Yang Efektif Dan Efisien

Pidato Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien

Assalamualaikum wr wb,

Yang saya hormati Ibu Hardiyanti selaku guru bahasa Indonesia X.8, serta rekan rekan X.8 yang saya banggakan,

Mari kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah swt, karena berkat rahmat serta hidayah-Nya kita dapat berkumpul dikelas ini dengan keadaan sehat walafiat tanpa suatu kekurangan apapun, dan semoga kegiatan kita ini mendapat ridha dari-Nya, amin…

Ibu Hardiyanti yang saya hormati, serta rekan-rekan yang saya banggakan. Kita berkumpul dikelas ini untuk mendiskusikan Cara Belajar Siswa Yang Efektif dan Efisien. Seperti yang kita ketahui, Belajar Merupakan Kunci Keberhasilan. Belajar adalah memahami, merasakan, mengetahui, mencari, menjelaskan, sehingga dengan belajar orang akan mengetahui segala yang belum diketahui. Terutama bagi kita remaja masa sekolah, belajar sangatlah penting sekali karena itu untuk bekal dimasa depan dan dalam hal belajar ini perlu sekali suasana yang tenang , karena dalam suasana demikan kita akan dapat berkonsentrasi, memusatkan pikiran pada pelajaran yang hendak di pelajari dan suasana yang tenang itu membuat semangat belajar jadi lebih giat.

Belajar yang paling efektif adalah jika dilakukan pada waktu subuh dimana suasananya masih tenang sehingga bisa lebih kosentrasi dalam memahami pelajaran. Namun sebaiknya ketika baru bangun tidur jangan langsung belajar, tetapi mencuci muka atau langsung mandi, dan jika beragama islam lakukan sholat subuh terlebih dahulu, serta jangan lupa berdoa agar mendapat ilmu yang bermanfaat.

Melakukan beberapa gerakan badan atau senam kecil seperti menggerak-gerakkan tangan, kaki dan leher secara perlahan akan membantu agar badan menjadi lebih segar. Dengan badan yang segar, pikiran akan mudah menangkap apa yang akan dipelajari.

Kita juga tidak boleh lupa, saat akan memulai belajar niatkan dalam diri, dan berikan motivasi belajar terlebih dahulu. Yakin dan berikan semangat dalam hati. Bahwa, dengan belajar kita dapat mendapatkan nilai yang baik di sekolah. Kemudian, mulai belajar dengan membaca terlebih dahulu. Setelah membaca, buatlah rangkuman dari buku yang kita baca.

Perlu kita ketahui, bahwa membaca sambil menulis meningkatkan kinerja ingatan pada otak kita. Dan, apabila nanti ada yang tidak dimengerti, kita tidak boleh malu untuk bertanya. Misalnya pada saat belajar kelompok, belajar kelompok dapat menjadi alternative belajar yang efisien. Jika tidak ada yang dimengerti, kita bisa bertanya langsung kepada teman belajar kelompok Anda. Dan kita juga tidak boleh malu untuk menjawab pertanyaan dari orang lain atau teman kita. Karena, belajar dari pertanyaan orang lain akan menambah pengetahuan.

Belajar yang terlalu serius tidak baik untuk otak, jadi kita harus memberi jenjang waktu belajar dan refreshing. Kita perlu membuat perencanaan waktu belajar yang baik. Misalnya, jika kita bersekolah dari jam 7 sampai dengan jam 2 siang, berikan waktu 2 jam pada jam 7 malam sampai dengan jam 9 untuk mengulang pelajaran di sekolah. Dan kita harus tekun belajar, serta terus berlatih mengerjakan soal-soal pelajaran sehingga kita semakin mantap dalam pelajaran yang kita pelajari.

Demikianlah, pidato saya mengenai cara belajar yang efektif dan efisien. Semoga, diskusi kita hari ini dapat membawa manfaat bagi kita semua terutama rekan-rekan X.8. Dengan mengetahui cara belajar yang efektif dan efisien saya berharap teman-teman yang belum mempraktekan cara belajar ini agar mencoba mempraktekan. Dan bagi teman-teman yang sudah, agar tetap dilanjutkan sehingga kita dapat meraih prestasi yang setinggi-tinggi nya, amin amin ya robbal alamin…

Kemudian, saya juga tidak lupa meminta maaf yang sebesar-besarnya apabila ada salah kata dan juga mohon kemakluman dari Ibu Hardiyanti serta teman-teman apabila pidato saya ini banyak kekurangan, karena sesungguhnya di dunia ini tidak ada yang sempurna selain Dia, Allah SWT. Dan, saya juga berterimakasih karena telah diberi kesempatan untuk berpidato disini, dan saya juga berterimakasih atas perhatian teman-teman sejak awal kalimat tadi hingga sekarang.

Akhir kata, wasalamualikum wr wb…

Leave a Reply