Pidato : NAMA TIRI DUWIYANI

NAMA : TIRI DUWIYANI
KELAS : XII IPS 1

BERKURBAN DI HARI RAYA IDUL ADHA

Assalamualaikum Wr . Wb
Yang terhormat kepada guru bahasa Indonesia dan teman-teman ku kelas xii ips 1 yang saya banggakan.
Puji syukur dengan kehadiran Allah swt yang telah memberi kesempatan pada kita untuk berkumpul disini dengan keadaan sehat. Pada kesempatan ini saya akan berpidaton mengenai Berkurban Di Hari Raya Idul Adha.
Hadirin yang saya hormati,
Setiap tahun kita tahu kalau di hari raya idul adha itu ada orang yang berkurban (bagi orang yang mampu), tepat nya pada tanggal 10 Djulhijah. Di tanggal 9 Djulhijah kita di sunnah kan untuk berpuasa sebagai mana itu yang di lakukan para rosul kita. Berkurban di bagi menjadi 3, yaitu:
1. Berkurban untuk orang yang sudah meninggal, dan daging nya harus di bagi kan sampai habis tidak ada yang tersisa. Contoh: sebelum orang tua kita meninggal, dia mengucap kan ingin berkurban, tetapi dia sudah meninggal terlebih dahulu sebelum dia berkurban, kita sebagai anak-anak nya maka kita harus memenuhi ucapan itu.
2. Berkurban untuk dazar.
3.berkurban di hari raya idul adha, daging tersebut dibagi kan kepada anak yatim piatu, untuk fakir miskin dan selebih nya untuk amal kita.
Berkurban itu sunnah dari rosul yaitu Nabi Ibrahim Saw. Kita sebagai mahluk Allah Swt harus bisa mengikuti jejak-jejak para rosul dan mengambil hikmah dari beliau.|
Sekian pidato dari saya, mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati Anda.
Wasalamualaikum Wr . Wb

Leave a Reply