Pidato Bahasa Indonesia : Yang Terhomat Bapak Ibu Guru SMA

Assalamu Alaikum Wr.Wb

Yang terhomat bapak ibu guru SMA Negeri 3 Semarang

Dan anak-anakku siswa kelas 12 yang Ibu banggakan

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga kita semua bisa berkumpul dalam acara Renungan Detik-Detik menuju Ujian Nasional.

Anak-anakku Seluruh Siswa Kelas 3 SMA N 3 Semarang yang Ibu banggakan.

Kalian sekarang sedang berada diujung tanduk. Detik waktu terus melaju. Seakan tak memberi toleransi. Bagaikan kereta api yang berjalan terus tanpa kenal kompromi sebelum mencapai tujuannya yaitu stasiun.

Kereta api itu ibarat UN (Ujian Nasional). Sistem Ujian yang banyak membuat siswa/siswi merasa gugup dan takut menghadapinya merupakan sebuah kenyataan yang mau tidak mau, suka tidak suka, siap tidak siap, memang harus kita hadapi.

Mungkin bagi siswa kelas 6 SD atau siswa kelas 9 SMP, Ujian Nasional merupakan pintu gerbang untuk melanjutkan sekolah yang lebih baik, lebih berkualitas, atau mungkin lebih bergengsi. Namun Ujian Nasional untuk siswa kelas 12 SMA merupakan pintu gerbang masa depan seseorang. Karena setelah Ujian Nasional, kalian akan dihadapkan pada empat alternatif pilihan. Yang pertama kalian akan meneruskan pendidikan kalian dengan kuliah, yang kedua kalian akan mempraktekan pendidikan kalian dengan langsung bekerja, yang ketiga kalian akan menghentikan sementara pendidikan kalian dengan berumah tangga, dan yang keempat kalian akan menyia-nyiakan pendidikan kalian dengan tidak melakukan apa-apa alias nganggur. Jadi bisa dikatakan bahwa Ujian Nasional merupakan penentu masa depan pendidikan kalian.

Ujian Nasional sudah di depan mata. Banyak yang harus dipersiapkan mulai dari materi, drill soal, kesehatan, keberanian, dan kepercayaan diri. Ada beberapa tips untuk sukses dalam Ujian Nasional. Yang pertama, otomatis belajar. Cari waktu-waktu belajar yang otak lebih fresh, misalnya setelah shubuh. Yang kedua banyak drill soal, belajar kelompok. Yang ketiga jaga kesehatan dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, olahraga rutin. Yang terakhir, perbanyak sholat malam untuk yang muslim dan banyak berdoa, karena segala sesuatunya pada akhirnya hanya Allah lah yang menentukan.

Semoga apa yang Ibu sampaikan tadi bermanfaat bagi kalian. Mulailah menyiapkan diri untuk menyongsong Ujian Nasional. Tidak ada kata terlambat untuk kebaikan. Semoga semua usaha dan jerih payah kalian dibalas dengan kelulusan oleh Allah SWT. Kiranya cukup sekian. Mohon maaf bila ada salah kata.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Incoming search terms:

  • contoh kerangka ceramah dengan topik sukses dalam ujian
  • buatlah contoh kerangka ceramah dengan topik sukses dalam ujian
loading...

Leave a Reply