Pidato Promosi Kesehatan : Wr.Wb

AssalammualaikumWr.Wb,
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Yang terhormat Kepala Puskesmas kelurahan Pedurungan Tengah

Yang terhormat Panitia Penyuluhan Kesehatan Masyarakat

Dan hadirin yang berbahagia

        Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas nikmat dan karunia-Nya, kita dapat diberi kesempatan untuk berkumpul pada pagi hari yang cerah ini diacara Penyuluhan Kesehatan Masyarakat. Pada pidato saya kali ini, saya akan mengangkat tema tentang pentingnya vaksinasi dan imunisasi untuk kita semua terutama untuk anak-anak.

          Seperti yang telah kita ketahui imunisasi adalah pengebalan (terhadap penyakit). Dalam bidang kesehatan, imunisasi berarti pemberian vaksin untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu. Biasanya imunisasi diberikan dengan cara disuntikan atau diteteskan pada mulut anak balita. Seperti vaksin polio yang diberikan secara oral, contoh-contoh jenis imunisasi yang biasa diberikan antara lain: imunisasi campak, tetanus, bahkan sekarang imunisasi ada pula yang diberikan hanya untuk anak perempuan yang telah baligh seperti imunisasi kanker serviks.

          Tujuan vaksinasi atau imunisasi adalah untuk mengurangi angka penderita suatu penyakit yang membahayakan kesehatan bahkan bisa menyebabkan kematian pada penderitanya . Setelah kita ketahui pentingnya imunisasi masih ada pula pendapat lain dari masyarakat, pada beberapa artikel yang telah saya baca, disana bertuliskan Anti Vaksinasi/Imunisasi.Tentunya, artikel ini sangat bertolak belakang kepada pentingnya imunisasi.

          Gerakan anti imunisasi sudah merebak di media masa, bahkan pada seminar-seminarnya di perguruan tinggi. Menurut saya, apabila beberapa orang awam membaca artikel tersebut, tentunya mereka akan percaya, karena artikel tersebut seolah-olah benar-benar berdasarkan bukti penelitian yang mencatut nama-nama ahli, tetapi apabila dilihat dengan seksama pendapat para ahli tersebut tidak sepenunya dituliskan, sehingga dapat menimbulkan kesalah pahaman. Yang nantinya akan membuat segelintir orang tidak akan mengimunisasikan anak-anaknya.

          Pada kesempatan kali ini saya mengajak anda semua agar tidak terpengaruh terhadap artikel Anti Vaksinasi/Imunisasi tersebut. Sebenarnya apa sih vaksin itu? Vaksin itu sendiri dapat diartikan sebagai sejumlah kecil antigen, antigen berisi virus yang telah dilemahkan. Pada sistem pertahanan tubuh terdapat sel memory yang telah melawan vaksin tersebut, yang nantinya apabila ada serangan dari virus yang sesungguhnya, sistem pertahanan tubuh mudah untuk menyerang karena telah dilatih pada saat ada antigen yang lebih lemah terdahulu.

          Tetapi ingat, bukan berarti vaksin itu adalah virus, atau sesuatu yang membahayakan untuk tubuh. Vaksin hanyalah antigen lemah yang datang terdahulu, agar tubuh siap untuk melawan virus yang sebenarnya apabila virus tersebut menyerang.

          Setelah tahu apa itu vaksin, juga pentingnya vaksinasidan imunisasi. Saya berharap hadirin sekalian mengerti dan dapat segera mengimunisasikan anak-anak anda semua yang sekiranya belum diimunisasi untuk penyakit-penyakit tertentu. Segeralah sebelum terlambat. Seperti yang kita ketahui Lebih baik mencegah daripada mengobati.

          Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatian bapak, ibu dan saudara sekalian, saya ucapkan terima kasih

Wabillahi taufiq wal hidayah wassalammualaikum Wr.Wb

Leave a Reply