Pidato Musik : Selamat Pagi Saudara-saudara.

Assalamualikum. Wr. Wb.

Selamat pagi saudara-saudara.

Yang terhormat Bpk. Setya, S. Pd.

Dan kepada Saudara-saudara yang turut serta dalam pertemuan kali ini.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah, Tuhan yang Maha Esa dan

Maha Pengasih karena atas rahmat yang telah dilimpahkan-Nya kepada kita terutama

rahmat iman dan kekuatan.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan membawakan tema pengaruh musik

terhadap perkembangan kepribadian seseorang, terutama untuk kita sebagai remaja yang masih labil. Dan juga mengingat banyak aliran-aliran musik yang berkembang di seluruh negara, terutama Indonesia.

Saudara-saudara yang saya hormati, Kita semua tahu Band Koesploes. Koesploes merupakan band pertama di Indonesia,band pionir yang menebarkan aransemen-aransemen indah di Indonesia era 60-an. Sejak itu, bangsa Indonesia yang semula masih terpaku pada irama musik kedaerahan, mengalami kemajuan dalam perkembangannya. Koesploes juga merupakan band pertama beraliran musik pop. Sejak itu pula, pemuda-pemuda Indonesia mulai tertarik untuk menekuni bidang musik pop klasik. Begitu pula para pengusaha, mereka melihat peluang bisnis dalam industri musik Indonesia. Perlu kita semua ketahui, musik pop merupakan salah satu perkembangan dari musik klasik. Menurut fakta yang saya klarifikasi, musik modern yang pertama kali muncul adalah adalah musik klasik. Musik ini berkembang pada abad ke-12 di negara-negara Eropa Barat tengah. Musik ini dikembangkan di Italia. Mulanya, musik ini dibuat sebagai wujud Pengangungan Tuhan. Dan akhirnya terus berkembang, hingga dari musik dibuatlah opera-opera klasik yang bertemakan kisah cinta dengan latar kerajaan.

Saudara-saudara yang saya hormati,

Para ilmuwan zaman dahulu mempunyai persepsi bahwa sangat kecil

kemungkinan musik yang berpengaruh pada kepribadian seseorang. Inilah yang

mendasari cara pandang manusia zaman dahulu. Lebih-lebih pekerjaan sebagai pemusik banyak dihindari oleh orang zaman dahulu. Mereka-manusia zaman dahulu-berpikir bahwa masih banyak alternatif pekerjaan lain daripada memilih menjadi pemusik. Padahal, sekarang kita mengetahui ternyata menjadi pemusik merupakan pilihan yang menjanjikan masa depan yang cerah. Hingga diawal abad ke-21 ini, para ilmuwan merevisi teori para pendahulunya. Melalui berbagai penelitian yang memakan waktu bertahun-tahun, ilmuwan kali ini sepakat mengatakan musik mempunyai pengaruh terhadap perkembangan kepribadian seseorang. Pada penelitian itu, dua subjek diperdengarkan beberapa lagu. Pada sebuah lagu, subjek merasa pernah mendengar lagu tersebut, padahal lagu itu baru diperdengarkan. Subjek pun lebih mudah untuk mempelajari lagu tersebut dibandingkankan dengan yang lainnya. Beruntungnya, musik itu adalah musik klasik, dan usut punya usut, lagu itu merupakan lagu yang diperdengarkan ibu subjek kepadanya. Dalam kesehariannya, subjek memiliki perasaan yang peka terhadap lingkungannya, lebih bijaksana dibandingkan anak seumurannya. Lebih tegas ilmuwan mengatakan musik klasik merupakan musik yang terbaik dalam perkembangan kepribadian seseorang, terutama anak-anak.

Saudara-saudara yang saya hormati,

Bila dianalisis oleh saya, pengaruh musik terhadap kepribadian remaja seperti kita

adalah dalam hal subjek pemusiknya. Seperti yang telah dijelaskan, di Indonesia

pemusik-pemusik umumnya membentuk band-band. Remaja umumnya merupakan

penggemar dari band-band tersebut. Hingga mereka cenderung melakukan imitasi bahkan dapat berlanjut hingga tahap identifikasi. Yang perlu dikhawatirkan adalah apabila band tersebut memberikan contoh sikap yang buruk, hingga pada akhirnya remaja ikut terpengaruh. Dari sekian banyak kasus, sudah sepatutnya kita mengambil hikmah. Dan perlu kita tekankan bahwa negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Inggris telah mencoba metode baru dalam pembelajaran dengan musik, terutama musik klasik. Mereka terbukti berhasil mencetak sumber daya manusia yang unggul dari sekian abad ini. Dan perlu kita sadari musik klasik merupakan musik dengan alunan melodi indah yang terbukti memberikan nilai konsentrasi tinggi, sehingga manusia lebih mudah mengerti tentang adanya getaran-getaran kosmik dari keindahan penciptaan alam semesta.

Saudara-saudara yang saya hormati,

Semoga pidato singkat ini dapat memberikan khasanah baru terhadap pemikiran-pemikiran kita sebagai manusia modern-klasik. Tak ada yang perlu diragukan akan

penciptaan langit dan bumi, terlebih dengan alunan musik. Mohon maaf segala

kekurangan saya dalam penyampaian pidato ini. Semoga semua ini dapat dijadikan bahan instropeksi diri dan memotivasi menjadi pribadi yang unggul. Terima kasih.

Wassalamualikum. Wr. Wb

Leave a Reply