Pidato Kesehatan Pola Hidup Sehat

Syarifudin Zakiy Atmaja

9H/23

PIDATO KESEHATAN POLA HIDUP SEHAT

Yang saya hormati, Bapak Teguh Widada selaku guru Bahasa Indonesia

Serta teman-teman, yang saya sayangi.

Assalamualaikum. Wr. Wb

Pertama-tama dan yang paling utama mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan taufik, hidayah, dan inayah serta nikmat iman, islam dan kesehatan kepada kita, sehingga kita bisa bertemu kembali pada acara ini. Salawat serta salam semoga tercurahkan kepada tuntunan kita, uswatun kita, Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari jalan yang gelap gulita menuju jalan yang terang benderang.

Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan pidato bertema kesehatan tentang menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari .

Bapak Guru, dan teman-teman yang saya banggakan

Siapapun tidak akan ingin mengalami sakit. Sehat senantiasa selalu kita harapkan untuk dapat menjalani kehidupan sehari-hari. Pepatah mengatakan, sehat itu mahal harganya. Apabila kita sakit kita akan berjuang dengan sekuat tenaga untuk dapat kembali sehat. Semua harta akan dihabiskan untuk dapat menemui sehat, semua tenaga akan dikerahkan untuk dapat kembali ke keadaan sehat.

Maka dari itu, daripada kita mengorbankan harta dan tenaga yang banyak untuk dapat memperoleh kembali kesehatan, kita harus mencegah penyakit tersebut datang dengan menerapkan pola hidup sehat yang tentunya dapat menjaga kita dari bahaya kesakitan.

Bapak Guru, dan teman-teman yang berbahagia

Sebelum kita menerapkannya kita harus mengetahui terlebih dahulu, apakah pola hidup sehat itu ?

Pola hidup sehat adalah kebiasaan seseorang untuk menerapkan kehidupan sehat dalam kehidupan sehari-hari dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Dengan menerapkan pola hidup sehat, kita akan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, aktivitas sehari-hari dapat dilaksanakan dengan lancar, serta akan penampilan lebih menarik.

Lalu, bagaimana cara kita untuk menerapkan pola hidup sehat ?

Pola hidup sehat sangat mudah untuk menerapkannya namun sering disepelekan orang, kita hanya perlu melaksanakannya dengan giat dan terus menerus. Pola hidup sehat dapat kita laksanakan dengan perilaku sebagai berikut :

Memakan makanan bergizi

Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan air. Dengan memakan makanan yang bergizi kita akan selalu sehat dan jarang terkena penyakit, karena kandungan yang terdapat pada makanan bergizi dapat menjadi tameng terhadap penyakit-penyakit yang mengincar kita.

Berolahraga

Olahraga dapat membuat kita sehat dan segar, bukan hanya itu, berolahraga dapat mengatur sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Olahraga tidak harus menggunakan fasilitas yang mewah. Contohnya dengan lari / jogging secara rutin dapat membuat badan kita tetap kebal dari berbagai penyakit.

Menjaga lingkungan tetap bersih

Apa gunanya makanan yang kita makan bergizi, sering berolahraga jika lingkungan sekitar dan kebersihan rumah tidak terjaga ? Berguna, tapi kemungkinan sangat kecil atau bahkan tidak sama sekali. tidak sulit untuk melaksanakannya, contohnya dari hal yang sepele seperti membuang sampah pada tempatnya, kita akan dapat menjaga lingkungan kita dari bibit-bibit penyakit. Maka sepantasnya kita harus segera membersihkan lingkungan sekitar kita agar bibit-bibit penyakit cepat mati .

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga mulai dari sekarang kita bisa menjaga diri kita dan keluarga kita dari serangan penyakit dengan membiasakan pola hidup sehat.

Terima kasih atas perhatian bapak guru dan teman-teman semua. Bila ada kelebihan itu datangnya dari Allah SWT dan bila ada kesalahan itu datangnya dari saya sendiri. Terima kasih.

Wassalamualaikum. Wr. Wb

Leave a Reply