Pidato Diva : NAMA AZORA HIMMATANIA

NAMA : DIVA AZORA HIMMATANIA

KELAS : 3 (TIGA)

SEKOLAH : SDN BANJARARUM 03 SINGOSARI

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi kepada para hadirin sekalian,

Kepada Dewan juri yang kami hormati

Serta teman-teman yang kami berbahagia,

Puji syukur kehadiran Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Sehingga kita dapat menghadiri acara pada hari ini dengan sehat walafiat. Serta tak lupa kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita menuju jalan yang benar.

Hadirin yang kami hormati,

Pada hari ini, kami akan menyampaikan tentang makna dari sebuah keterbukaan dan kejujuran. Keterbukaan dan kejujuran itu sendiri dapat disampaikan dalam ucapan maupun perbuatan. Keterbukaan dan kejujuran itu mempunyai banyak sekali manfaatnya, selain kita tidak timbul saling curiga antar teman maupun orang lain. Kita dapat melatih diri dari sejak dini untuk berbuat baik dan selalu berperilaku terbuka dan jujur terhadap sesuatu, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kita bisa dipercaya jika diberi tanggung jawab, dan orang lain juga dapat terbuka dan tidak timbul curiga antar kita dengan orang lain.

Jika dalam kehidupan sehari-hari satu kali saja kita tidak berbuat terbuka dan jujur, maka orang lain pun kehilangan kepercayaan kepada kita dan dampaknya pun tidak hanya kepada orang lain namun juga terhadap diri kita. Seperti hal nya kita berbuat menyontek saat ujian atau tidak mengerjakan pekerjaan rumah sendiri, itu merupakan perbuatan yang tidak terpuji. Karena kita tidak berbuat jujur, dan nilai yang dihasilkan pun tidak mempunyai makna apapun. Dikemudian hari saat kita dihadapkan pada ujian, kita juga tidak bisa mengerjakannya. Seperti kata pepatah Lempar batu sembunyi tangan, sepintar-pintarnya kita menyembunyikan sesuatu kepada orang lain, pasti suatu saat akan ketahuan juga, misal kita mencuri pensil milik teman kita, namun kita tidak mengaku jika kita mengambil dan menuduh orang lain yang mencurinya. Suatu saat nanti perbuatan kita akan diketahui oleh teman kita, meskipun kita pintar untuk menyembunyikannya. Selain itu juga, kita dapat dibenci dan kepercayaan teman ke kita hilang.

Maka dari itu, mulailah untuk membiasakan diri untuk berbuat saling terbuka dan jujur antara teman sendiri, orang lain, orang tua, dan kakak-adik kita. Lebih baik kita jujur daripada kita kehilangan kepercayaan orang lain.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat kita terapkan dikehidupan sehari-hari. Jika ada kesalahan kami mohon maaf dan terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

loading...

Leave a Reply