Pidato : Sambutan Perwakilan Siswa Methodist-5 Pada Hari

Sambutan Perwakilan Siswa Methodist-5 pada Hari Lingkungan Hidup Nasional

Selamat pagi,

Salam sejahtera untuk kita semua

Yang saya hormati Bapak Rony Siregar

Serta teman-teman yang saya kasihi

Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi rahmatnya kepada kita sehingga dapat berkumpul di tempat ini.

Teman-teman sebangsa dan setanah air,

Melalui sebuah momen yang sangat tepat ini, di tempat ini, kelas XII-IPA, Sekolah Methodist-5,perkenankan saya menyampaikan pidato yang berjudul Lingkungan Hidup dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada tanggal 11 Maret hari ini, untuk dijadikan sebagai refleksi dan perenungan bagi kita semua.

Teman-teman yang saya banggakan,

Pertama-tama perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat kita tinggal dan menggantungkan hidup bagi kita semua, umat manusia. Maka lingkungan tersebut harus kita jaga dengan baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita.

Dalam menjaga kelestarian alam, maka yang harus kita lakukan salah satunya adalah menjaga kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan sesungguhnya adalah suatu tempat dimana lingkungan tersebut layak untuk ditinggali manusia sehingga kesehatan kita secara fisik dapat terjamin.

Teman-teman yang berbahagia,

Menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik untuk menghindari penyakit yang tidak kita inginkan tentunya. Hal tersebut dapat kita wujudkan dengan melakukan hal yang sederhana, seperti membuang sampah pada tempatnya, serta membersihkan lingkungan sekolah tempat kita belajar dan menggali ilmu, sebab jika sekolah kita bersih, kegiatan belajar mengajar pun dapat terlaksana dengan nyaman.

Teman-teman sekalian,

Juga seperti yang kita ketahui bersama, kondisi bumi kita semakin hari semakin memprihatinkan. Pencemaran lingkungan yang semakin tidak terkendali menuntut kita semakin peduli terhadap kondisi bumi secara global. Untuk itu, langkah awal yang dapat kita tempuh adalah dengan memerhatikan serta menjaga kondisi lingkungan sekitar kita. Kita semua yang ada disini pasti setuju bahwa langkah kecil yang kita tempuh akan membawa perubahan yang besar bagi kehidupan anak cucu kita kelak.

Pencemaran lingkungan tersebut salah satunya yaitu penebangan terhadap pohon secara sembarangan oleh orang-orang yang mementingkan kepentingan pribadinya .Hal tersebut tentu akan berdampak negatif dimana kemampuan daya serap air yang bisa dilakukan oleh pohon kini menjadi hilang sehingga ketika terjadi banjir, tidak ada lagi pohon yang berfungsi.

Salah satu penanggulangan terhadap hal tersebut adalah dengan melakukan reboisasi. Reboisasi merupakan penanaman kembali terhadap lahan yang telah gundul. Dengan melakukan reboisasi, kita telah membantu tanah untuk mempunyai daya serap yang lebih tinggi sehingga mencegah terjadinya banjir, tanah longsor, dan beberapa bencana alam yang lain akibat dari rusaknya alam.

Teman-teman sekalian,

Kita juga sering mendengar berita tentang adanya penebangan dan perusakan hutan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang tidak memiliki rasa kepedulian terhadap kelestarian alam. Sungguh hati ini merasa prihatin atas kebiasaan buruk yang dilakukan oleh orang-orang yang mengutamakan bisnis dan mengesampingkan kelestarian hutan.

Sadarlah, bahwa lingkungan ini merupakan suatu sistem yang terkait antar yang satu dengan yang lain. Jika salah satu bagiannya telah rusak, maka bagian yang lain juga akan merasakan akibatnya.

Maka dari itu teman-teman sekalian,

Sudahilah kegiatan yang dapat merusak huta , mulailah melestarikan lingkungan kita sebagai wujud syukur kita terhadap Sang Pencipta dan berilah hak kepada anak cucu kita berupa alam yang lestari untuk kelangsungan hidup yang lebih baik kedepannya.

Sebagai penutup, saya mengutip kata pepatah yang mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman kita dimana seseorang yang tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Saya berharap kedepannya kita sebagai manusia bisa lebih giat lagi menjaga kebersihan lingkungan kita.

Demikian pidato dari saya, saya harap hal-hal yang saya sampaikan dapat diterima dan bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Incoming search terms:

  • sambutan singkat dengan pokok sambutan melestarikan lingkungan kita sebagai wujud syukur kita kepada tuhan
  • sambutan singkat melestarikan lingkungan kita sbg wujud syukur kepada tuhan
  • sambutan singkat tentangMelestarikan lingkungan kita sebagai wujud syukur kita
loading...

Leave a Reply