Pidato : Nama Nurlita Btari Fatimah

Nama : Nurlita Btari Fatimah

Kelas : X 1

Assalammualaikum Wr.Wb.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat-Nya lah kita dapat hadir di tempat berbahagia ini. Serta tidak lupa shalawat beriring salam kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita dari alam jahiliyah menuju alam yang terang benderang ini.

Yang saya hormati Ibu Guru Bahasa Indonesia dan yang saya sayangi teman-teman saya sekalian.

Pada hari ini saya akan berpidato tentang Hari Pendidikan Nasional. Kita tahu bahwa Hari Pendidikan Nasional ditentukan berdasarkan tanggal kelahiran dari Bapak Pendidikan kita yaitu Ki Hajar Dewantara. Beliau lah yang mendirikan lembaga pendidikan Taman Siswa. Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam suatu negara. Suatu negara dinilai dari kualitas pemuda dan pemudinya. Pendidikanlah yang berperan untuk menentukan kualitas pemuda dan pemudi tersebut. Apabila pemuda dan pemudi generasi penerus suatu bangsa tidak berkualitas maka negara tersebut juga dianggap tidak berkualitas dan tidak akan berkembang.

Generasi penerus bangsa harus diberikan pendidikan yang layak agar bangsa tersebut dapat berkembang dan maju. Sekolah adalah lembaga resmi untuk tempat kita memperoleh pendidikan. Tapi tidak semua sekolah memberikan pendidikan yang berkualitas. Masih banyak sekolah yang tidak mempunyai sarana dan prasarana yang memadai dan tidak mempunyai cukup pengajar untuk memberikan pengajaran kepada pelajar. Selain itu masih banyak sekali sekolah terutama di pedalaman yang tidak layak untuk dijadikan tempat belajar. Tragisnya pelajar yang bersekolah di sekolah yang sangat layak dan lengkap sarana dan prasarananya malah menyia-nyiakan kesempatan untuk menimba ilmu. Mereka tidak menyadari masih banyak anak-anak yang belum mempunyai kesempatan untuk menimba ilmu padahal mereka mempunyai keinginan yang besar untuk belajar. Para pengajar juga harus diberikan kesejahteraan dan pelatihan atau penataran. Karena tidak semua pengajar tahu bagaimana cara mengajar yang benar agar pelajar yang diajarnya mengerti dan tertarik untuh belajar hal tersebut. Saya sebagai pelajar sangat berharap agar kualitas pengajar ditingkatkan agar kualitas pelajarnya pun meningkat.

Akhir kata, semoga bangsa Indonesia lebih meningkatkan dan mencerdaskan serta menciptakan anak-anak didik yang produktif, kreatif, dan inovatif yang berguna bagi bangsa dan negara. Dengan memperingati Pendidikan Nasional semoga kita lebih semangat /bangkit untuk memajukan dan mencerdaskan pendidikan anak-anak bangsa agar berguna bagi bangsa, negara dan agama.

Wassalam

Leave a Reply