Pidato Maulid Nabi Smp 1 Pdg. Bolak

BUPATI PADANG LAWAS UTARA

PIDATO BUPATI PADANG LAWAS UTARA PADA ACARA PERINGATAN MAULID NABI BESAR MUHAMMAD SAW 1433 H SISWA/I SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK

SELASA, 14 FEBRUARI 2012

DI SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK

ASSALAMU ALAIKUM WR. WB.

YTH. SDR.KETUA DPRD KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

YTH. SDR.AL USTADZ YANG SENGAJA DIUNDANG PADA HARI INI

YTH.SDR.SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

YTH. SDR. KETUA MUI KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

YTH. SDR. CAMAT KECAMATAN PADANG BOLAK

YTH. SDR.KETUA PGRI KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

YTH. SDR.KEPALA SEKOLAH SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK

YTH. SDR. PARA STAF PENGAJAR SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK

YANG SAYA SAYANGI DAN SAYA BANGGAKAN SISWA/SISWI SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK

MENGAWALI SAMBUTAN INI SAYA MENGAJAK KITA SEMUA UNTUK MEMANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT, KARENA ATAS LIMPAHAN RAHMAT DAN KARUNIANYA KITA DAPAT BERKUMPUL DI TEMPAT INI DALAM RANGKA PERINGATAN MAULID NABI BESAR MUHAMMAD SAW TAHUN 1433 H SISWA/SISWI SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK. SEIRING DENGAN ITU MARILAH KITA MENGUCAPKAN SHALAWAT DAN SALAM KEPADA NABI MUHAMMAD SAW YANG SELALU KITA HARAPKAN SYAFAATNYA DI HARI KEMUDIAN NANTINYA.

HADIRIN YANG BERBAHAGIA SERTA ANAK-ANAK YANG SAYA SAYANGI,

PELAKSANAAN PERINGATAN MAULID NABI BESAR MUHAMMAD SAW INI BUKANLAH HANYA SEKEDAR UNTUK MENGENANG KEMBALI KELAHIRAN BELIAU, AKAN TETAPI YANG TERPENTING ADALAH MEMBERI DORONGAN MORALITAS BAGI KITA UNTUK BERUSAHA MENCONTOH PERILAKU KEHIDUPAN NABI MUHAMMAD SAW DALAM MELAKSANAKAN IBADAH, MEMPERSATUKAN UMAT, MEMBANGUN TATANAN MASYARAKAT YANG DEMOKRATIS, ADIL, MENGHORMATI HUKUM DAN HAK AZASI SESAMA MANUSIA YANG KITA KENAL DENGAN MASYARAKAT MADANI.

DI SISI LAIN PERINGATAN MAULID NABI BESAR MUHAMMAD SAW INI DIHARAPKAN DAPAT MENINGKATKAN KEIMANAN, KETAQWAAN KEPADA ALLAH SWT, UKHUWAH ISLAMIYAH DAN MAMPU MENGGUGAH HATI KITA UNTUK LEBIH MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN DALAM AJARAN AGAMA YANG BELIAU SAMPAIKAN KEPADA KITA. RASULULLAH SAW YANG KITA KENAL DALAM SEJARAH HIDUPNYA SANGAT GIGIH MENEGAKKAN AMAR MARUF NAHI MUNGKAR DENGAN MEMPERSATUKAN SEMUA KOMPONEN MASYARAKAT, SEMANGAT MENEGAKKAN KEBENARAN DAN MENGIKIS KEMUNGKARAN, YANG BELIAU TUNJUKKAN ITU HARUS KITA LESTARIKAN DALAM PEMBINAAN KEMASYARAKATAN, AGAR KITA DAPAT AMAN SEJAHTERA DAN BERBAHAGIA DI DUNIA MAUPUN DI HARI KEMUDIAN NANTI.

DENGAN MEMPERINGATI MAULID NABI INI, MARI KITA AMBIL HIKMAH DAN MANFAATNYA UNTUK KITA AKTUALISASIKAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI, KITA TINGKATKAN PENGAMALAN AJARAN AGAMA, IMAN DAN TAQWA SERTA PERWUJUDAN AKHLAKUL KARIMAH SEBAGAIMANA YANG DIAJARKAN OLEH NABI MUHAMMAD SAW.

HADIRIN YANG BERBAHAGIA SERTA SISWA/SISWI YANG SAYA SAYANGI,

KITA TELAH MELIHAT PERKEMBANGAN KEHIDUPAN MASYARAKAT SEKARANG INI BANYAK BERBAGAI PERMASALAHAN SERTA PROBLEMATIK HIDUP, AKIBAT PERKEMBANGAN DUNIA YANG SEMAKIN KOMPLEKS KARENA DEWASA INI TELAH TERJADI PERUBAHAN BAIK GLOBAL MAUPUN REGIONAL YANG MEMPENGARUHI TATANAN KEHIDUPAN SUATU NEGARA, SALAH SATUNYA TERMASUK BIDANG PENDIDIKAN DIMANA SEPERTI TELAH KITA KETAHUI BERSAMA PENGARUH BUDAYA BARAT SEMAKIN MENGKONTAMINASI SIKAP DAN PERILAKU SISWA/SISWI KITA SEKARANG. OLEH KARENA ITU, PERAN GURU SANGAT DIHARAPKAN SEKALI DALAM MEMBIMBING DAN MENDIDIK ANAK-ANAK KITA TERSEBUT TERUTAMA PENDIDIKAN AKHLAK DAN AQIDAH.

DALAM MENYIKAPI PERMASALAHAN YANG SAYA KEMUKAKAN DI ATAS, MAKA DALAM KERANGKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT SAYA INGIN SAMPAIKAN KEPADA KITA SEMUA SEBAGAI BAHAN RENUNGAN KITA BERSAMA :

PERTAMA : SALAH SATU SUMBER YANG MENJADI RUJUKAN DALAM ISLAM ADALAH AL QURAN DAN HADIST NABI MUHAMMAD SAW YANG MENGAJARKAN KEBENARAN DAN TATA NILAI YANG SIFATNYA UNIVERSAL DAN KEKAL. TUNTUNAN AL QURAN DAN HADIST NABI MUHAMMAD SAW TERSEBUT HARUS DIYAKINI, DIHAYATI DAN DIAMALKAN OLEH SETIAP MUSLIM DIMANAPUN BERADA DAN PADA ZAMAN APAPUN DIA HIDUP. DALAM KAITAN INI SAYA HARAPKAN MELALUI MAULID INI KIRANYA KITA SEMUA DAPAT MELAKUKAN INTERNALISASI NILAI NILAI AJARAN ISLAM ITU UNTUK MEWUJUDKAN MASYARAKAT BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA.

KEDUA : INTERNALISASI NILAI NILAI AJARAN ISLAM ITU HENDAKNYA DILAKUKAN MULAI SEJAK DINI BAIK DI LINGKUNGAN KELUARGA, SEKOLAH MAUPUN MASYARAKAT, KEGIATAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL QURAN HENDAKNYA DITINDAK LANJUTI DENGAN PENGAMALAN DAN PENGHAYATAN MAKNA YANG TERKANDUNG DALAM AJARAN ISLAM ITU SENDIRI.

KETIGA : UPAYA PERWUJUDAN PENGAMALAN AJARAN ISLAM ITU JANGAN DIARTIKAN HANYA SEBATAS PADA DIMENSI RITUAL SEMATA MELAINKAN JUGA MENCAKUP PADA DIMENSI SOSIAL, DENGAN DEMIKIAN UPAYA PERWUJUDAN PENGAMALAN AGAMA TERSEBUT PADA HAKEKATNYA MERUPAKAN UPAYA PEMBERDAYAAN UMAT BAIK LAHIRIYAH MAUPUN BATINIAH, ARTINYA PENGAMALAN AJARAN ITU HARUS DITUNJUKKAN MEMENUHI TUNTUNAN KEBUTUHAN UMAT YANG BERSIFAT ROHANIAH DAN JASMANIAH SPIRITUAL DAN MATERIAL YANG SEIMBANG.

OLEH KARENA ITU, SAYA MENGHARAPKAN KEPADA KITA SEMUA TERUTAMA KEPADA SISWA/SISWI, DENGAN PELAKSANAAN MAULID INI DAPAT MENINGKATKAN MINAT BACA AL QURAN LEBIH FASIH SERTA PENDALAMAN MAKNANYA, JUSTRU ITULAH BAGIAN TERPENTING DALAM KALAM ILAHI ITU SENDIRI, DENGAN MAULID INI DAPAT KITA JADIKAN UNTUK MENGGALI NILAI NILAI HAKIKI DALAM AJARAN ISLAM DENGAN MENDALAMI AGAMA YANG DIBAWA NABI MUHAMMAD SAW YANG MENUNTUN UMATNYA KE JALAN YANG BENAR.

UNTUK ITU PADA KESEMPATAN INI, SAYA MENGAJAK KITA SEMUA SUPAYA BERSAMA SAMA MENELADANI PERILAKU TAULADAN NABI MUHAMMAD SAW DENGAN NIAT YANG IKHLAS. DENGAN TEKAD YANG BULAT KITA BAHU MEMBAHU DALAM MEMAJUKAN DAN MENCERDASKAN KEHIDUPAN ANAK BANGSA TERUTAMA DI DAERAH KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA INI DENGAN TETAP MENGHARAP RIDHO DARI ALLAH SWT.

DEMIKIANLAH BEBERAPA HAL YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN PADA KESEMPATAN YANG BERBAHAGIA INI

WABILLAHI TAUFIQ WAL HIDAYAH

ASSALAMU ALAIKUM WR. WB.

BUPATI PADANG LAWAS UTARA

Drs. BACHRUM HARAHAP

Leave a Reply