Tugas Bahasa Indonesia Naskah Pidato Ain

AINUR ROHMAH

Assalamuaalaikum Wr. Wb.

Yang terhormat bapak Yuniarto, ST., MT. selaku ketua jurusan Diploma III Teknik Elektro

Yang saya hormati Ibu Bapak Dosen serta karyawan Program Studi Diploma III Teknik Elektro

Serta yang saya banggakan kawan-kawan mahasiswa

Puji Syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat kepada kita semua sehingga kita bisa menghadiri acara Penerimaan Mahasiswa Baru hari ini. Tak lupa pula shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, semoga kemuliaan selalu tercurah kepada keluarga dan para sahabat beliau.

Pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat datang kepada adik-adik mahasiswa di dunia kampus, dimana pembelajar tidak lagi disebut seorang siswa akan tetapi sudah disebut mahasiswa, dimana maha diartikan sebagai paling tinggi. Sehingga berbahagialah adik-adik saat ini yang mempunyai kesempatan emas berada pada tingkat perguruan tinggi karena sebagaimana kita lihat masih banyak kawan-kawan kita diluar sana yang belum memperoleh pendidikan yang layak.

Oleh karena itu sudah seharusnya sebagai insane intelektual, mahasiswa mempunyai tugas yang lebih mulia, jika dibandingkan dengan siswa yang hanya berkewajiban mengejar indeks pemahaman individu dan nilai tinggi, mahasiswa mempunyai tanggung jawab yang lebih besar yakni kepada bangsa dan masyarakat. Tentunya pola pikir yang diharapkan pun jauh berbeda dengan saat masih menjadi siswa. Maka sejatinya yang menentukan keberhasilan mahasiswa bukanlah kemampuan saat ia masuk perguruan tinggi tetapi apa yang mahasiswa lakukan setelah ia lulus dari perguruan tinggi.

Sebuah fakta menyakitkan, di Indonesia setiap tahunya perguruan tinggi meluluskan sekitar 300.000 mahasiswa, akan tetapi hanya 100.000 mahasiswa yang terserap dalam dunia kerja. Lantas kemana 200.000 mahasiswa lainnya? Ini yang menjadi tugas kita sebagai generasi masa depan yang akan meneruskan tonggak kemerdekaan bangsa.

Perlu saya sampaiakan pula bahwa mahasiswa mempunyai tiga peranan utama dalan kehidupan berbangsa dan bernegara yakni sebagai agent of change, iron stock, dan social control. Sebagai agent of change mahasiswa dipersiapkan untuk membuat perubahan ke arah yang lebih baik namun dengan tidak melupakan nilai-nilai luhur bangsa dan jiwa pancasila sebagai dasar fundamental. Sebagai iron stock mahasiswa sebagai pemuda bangsa nantinya akan menjadi pengganti pemerintah dalam menjalankan roda kepemimpinan di Indonesia, jadi sebaiknya kecerdasan dan semangat tinggi yang dimiliki para pemuda saat ini di imbangi dengan penguatan karakter bangsa dalam diri dan kebijakan dalam bertindak. Trakhir sebagai social control mahasiswa sebagai kaum intelek turut mengawasi kebijakan public dan turut membantu masyarakat menyuarakan kesejahteraan demi terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara yang sehat dan tertib serta adil bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kawan-kawan mahasiswa yang saya banggakan, ada pepatah mengatakan bahwa dunia kampus adalah miniature kehidupan bernegara. Berbeda dengan dunia sekolah yang hanya berisi kegiatan belajar mengajar, di tingkat perguruan tinggi banyak sekali terselanggara berbagai kegiatan mulai dari kegiatan internal kampus hingga kegiatan eksternal kampus. Maka dari itu, sebaiknya jika kawan-kawan tertarik mengikuti, pilihlah dengan bijak kegiatan yang kawan-kawan anggap sesuai dan tidak mengganggu kegiatan perkuliahan, karena perlu diingat kawan-kawan tugas utama mahasiswa adalah kuliah yang merupakan amanah dari orang tua kita.

Harapan saya kawan-kawan semua disini dapat memanfaatkan waktu selama kurang lebih tiga tahun menjadi mahasiswa dengan baik dan bisa berkontribusi secara maksimal baik untuk kampus, lingkungan sekitar, masyarakat pada khususnya dan alam pada umumnya, serta pada bangsa Indonesia. Tidak hanya dalam bentuk partisipasi semata namun dalam bentuk kontribusi nyata yang dapat membangun bangsa bersama.

Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan. Terkahir pesan saya jangan bangga menjadi mahasiswa Universitas Diponegoro tapi buatlah Universitas Diponegoro bangga terhadap kalian.

Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan karena kesalahan mutlak milik saya semata dan kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

PSD III TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS DIPONEGORO

Incoming search terms:

  • contoh judul pidato untuk mahasiswa
  • pidato tentang agent of change
  • pidato tentang kampus
  • pidato tentsmg majadiswa
  • teks pidato mahasiswa
  • teks pidato tentang agent of change
loading...

Leave a Reply