Contoh Pidato : Hari Sumpah Pemuda (28 Oktober)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera bagi kita semua

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita panjatkan puji syukur yang sedalam-dalamnya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berkat rahmat dan karunianya, kita dapat

berkumpul di lapangan…………..Kecamatan……………. ini dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda.

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air.

Khususnya para pemuda dan pemudi yang tercinta. Pada hari ini, kita memperingati hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, khususnya di kalangan para pemuda dalam memperjuangakan Indonesia menjadi sebuah negara yang merdeka dan berdaulat.

Setiap tanggal 28 Oktober, kita tidak bisa melupakan peristiwa penting yang sangat bersejarah itu; yaitu lahirnya sebuah pergerakan para pemuda tingkat nasional menuju Indonesia merdeka. Yaitu lahirnya sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928

Saudara-saudara sebangsa dan setanah air.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pada tahun 1925, para pelajar di luar negeri mendirikan organisasi yang bernama Perhimpunan Indonesia (PI) yang berpusat di negeri Belanda. Organisasi ini adalah kelanjutan dari organisasi Indische Verenigiung yang dibentuk pada tahun 1908, yang lalu berganti nama menjadi Indonesiche Vereeniging pada tahun 1922

Pada saat yang sama di Indonesia berdiri pula beberapa perkumpulan pemuda. Pada mulanya perkumpulan itu masih bersifat kedaerahan. Kemudian beberapa pemuda mengambil prakarsa menyatukan perkumpulan pemuda dari berbagai daerah dalam satu wadah. Pada tahun 1926 mereka menyelenggarakan Kongres Pemuda Indonesia I di Jakarta. Namun kongres pertama ini belum membuahkan hasil yang kongkrit. Pada akhir bulan Oktober 1928, diadakan lagi Kongres Pemuda Indonesia II dan dalam kongres ini diambil langkah dan keputusan penting yang dikenal dengan istilah Sumpah Pemuda.

Kami putra-putri bangsa Indonesia, bertanah air satu, tanah air Indonesia;

Kami putra-putri bangsa Indonesia, berbangsa satu, bangsa Indonesia;

Kami putra-putri bangsa Indonesia, berbahasa satu. bahasa Indonesia.

Inilah sumpah sakti para pemuda yang mempersatukan mereka dalam wadah satu persatuan dan kesatuan bangsa. Berkat Sumpah Pemuda ini, pada tahun 1930, terbentuklah roganisasi nasional pernuda yang bernama Indonesia Muda. Organisasi pemuda ini merupakan penggabungan berbagai orgaganisasi pemuda yang ada di Indonesia.

Dalam peqalanan perjuangan menuju kemerdekaan Indo-lesia,para pemuda selalu mengambil peran aktif. Pada masa penjajahan Jepang, misalnya di antara mereka ada yang nenjadi tentara Peta (Pembela Tanah Air). Karena penindasan dan kekejaman Jepang terhadap rakyat semakin keras maka para pemuda yang bergabung dalam Peta tersebut bersepakat untuk melakukan pemberontakan yang terkenal dengan pemberontakan Peta di Belitar pada tanggal 15 Pebruari 1945.

Saudara, para pemuda dan pemudi yang berbahagia. Melalui peringatan hari Sumpah Pemuda ini, kita jadikan sebagai pendorong untuk membangkitkan semangat perjuangan kita demi masa depan bangsa dan regara. Kita jangan sampai hanyut terseret oleh derasnya arus budaya barat yang tidak sesuai dengan noma dan budaya kita. Kita persiapkan diri kita dengan yang sebaik-baiknya disamping kita ikut mengambi! peran aktif dalam perjuangan mamajukan rakyat dan bangsa Indonesia.

Para pemuda memegang peranan penting dan menentukan arah perjuangan bangsa yang kini sedang berlangsung. Oleh sebab itu mereka harus dibina, dididik, dikaderdan dikelola secara baik, sehingga mereka memiliki potensi dan SDM yang cukup untuk mengemban amanat bangsa menuju kehidupan mendatang yang lebih baik.

Wahai para pemuda dan pemudi yang berbahagia. Sebagai pemuda kita harus rajin belajar, melatih dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Sementara itu generasi tua haruslah benar-benar memperhatikan pendidikan anak-anaknya, supaya mereka berilmu tinggi, berbudi pekerti yang luhur, memiliki kecakapan dan etos kerja yang baik, profesional inovatif, namun tetap mempunyai ruh semangat juang dan menjunjung tinggi martabat bangsa dan negara.

Di samping para pemuda mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi canggih, para pemuda harus menghindari segala bentuk budaya negatif yang mqmbanjiri semua pelosok negeri ini!

Jangan hanya karena disebut modern, hanya karena ingin disebut gaul lalu kalian terjatuh ke dalam budaya barat yang rusak, misalkan terlibat pergaulan bebas, mengkonsumsi narkoba dan tindak kejahatan lainnya .

Ingat Semangat jiwa persatuan dan kesatuan haruslah kalian resapi sedalam-dalamnya hingga masuk ke tulang sum-sum kalian. Sehingga kalian tetap maju pantang mundur dalam memperjuangkan kepentingan bangsa!

Satu tanah air Indonesia! Satu bangsa, bangsa Indonesia i dan satu bahasa, bahasa Indonesia!
Demjkan pidato singkat ini Apabila ada kata-kata yang
kurang berkenan di hati, saya selaku manusia biasa mohon maaf sebesar-besarnya!

Terima kasih atas perhatiannya, ihdinash shiraathal mustaqin

Wassalaamu alaikum wr wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>