Kerangka Pidato :  Membuat Pidato Yang Baik!!

Kerangka Pidato

Tema: Kebersihan lingkungan

Tujuan: Agar meningkatkan kebersihan lingkungan sekitar

Kerangka pidato: – Pentingnya menjaga lingkungan

– Lingkungan sangat berperan penting bagi kehidupan

Inti/Isi: – Menjaga kebersihan lingkungan di mulai dari yang terkecil :

Contohnya : a. Dilingkungan rumah,

b. Dilingkungan sekolah

– Cara menanggulanginya : a. Menjaga kebersihan

b. jangan hidup kotor atau jorok

Penutupan: Jadi kita harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar,

karena sangat penting bagi kehidupan manusia.

Pembukaan :

Kepada bapak/ibu guru yang saya hormati serta kepada rekan-rekan saya yang saya cintai.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama kita panjatkan puji serta syukur kehadirat alloh swt. Shalawat serta salam semoga terlimpah curah kepada nabi besar kita Muhammad SAW, kepada keluarganya, kepada para sahabatnya dan sampai kepada kita selaku umatnya.

Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. Di zaman modern, setelah Louis Pasteur menemukan proses penularan penyakit atau infeksi disebabkan oleh mikroba, kebersihan juga berarti bebas dari virus, bakteri patogen, dan bahan kimia berbahaya.

Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan higiene yang baik. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat, tidak bau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain. Kebersihan badan meliputi kebersihan diri sendiri, seperti mandi, menyikat gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian yang bersih.

Mencuci adalah salah satu cara menjaga kebersihan dengan memakai air dan sejenis sabun atau deterjen. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan produk kebersihan tangan merupakan cara terbaik dalam mencegah penularan influenza dan batuk-pilek.

Kebersihan lingkungan adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja, dan berbagai sarana umum. Kebersihan tempat tinggal dilakukan dengan cara melap jendela dan perabot rumah tangga, menyapu dan mengepel lantai, mencuci peralatan masak dan peralatan makan (misalnya dengan abu gosok), membersihkan kamar mandi dan jamban, serta membuang sampah. Kebersihan lingkungan dimulai dari menjaga kebersihan halaman dan selokan, dan membersihkan jalan di depan rumah dari sampah.

Tingkat kebersihan berbeda-beda menurut tempat dan kegiatan yang dilakukan manusia. Kebersihan di rumah berbeda dengan kebersihan kamar bedah di rumah sakit, sedangkan kebersihan di pabrik makanan berbeda dengan kebersihan di pabrik semikonduktor yang bebas debu.

Dilingkungan rumah contohny: menjaga kebersihan rumah, mencuci piring,ngepel lantai..

Di sekolah : membersihkan taman dan lain-lain

Cara penanggulangannya: menjaga kebersihan dengan cara tidak jorok dan sering hidup sehat ..

Conthnya:

1. Kurangi barang-barang elektronik

Untuk ketenangan pikiran, singkirkan atau kurangi barang-barang elektronik. Gunakan furnitur penyimpanan panel barang-barang elektronik seperti CD, DVD, dan peralatan digital lainnya. Dengan penekanan itu bisa menenangkan mata Anda.

2. Mulai gunakan benda-benda berbahan kain microfiber

Kain microfiber atau kain yang berbahan serat sintetis (fiber) sudah banyak dijadikan sebagai alat-alat rumah tangga dari pakaian hingga kain pel.

3. Hindari bahan kimia berbahaya

Hati-hati dengan senyawa organik yang mudah menguap seperti perabot rumah dengan bahan kimia berbahaya VOCs (Volatile Organic Compounds), misalnya cat, busa, karpet juga bisa berisi VOCs. Carilah produk-produk yang tidak ada kandungan VOCs, berbau rendah, dan tidak ada karsinogen.

4. Ubah tungku filter sesering mungkin

Jika di rumah ada terdapat tungku, sebaiknya ganti dalam tiga bulan sekali. Hal ini mencegah penumpukan debu, jamur, dan serbuk sari. Selain itu juga dapat meningkatkan efisiensi tungku serta menurunkan tagihan pemanas Anda.

5. Memakan makanan organik

Ini adalah cara yang baik untuk mengajarkan anak-anak bagaimana pentingnya kesegaran makanan dan memakan makanan yang bebas dari pestisida.

6. Amankan sambungan-sambungan kabel listrik

Jika di rumah banyak terdapat sambungan-sambungan kabel yang sifatnya permanen, itu bisa membahayakan. Kabel-kabel tersebut harusnya bersifat sementara dan tertutup agar menghindari bahaya kebakaran. Langkah terbaik, sebaiknya Anda memiliki outlet listrik langganan dan terpercaya.

7. Bersihkan rumput-rumput Anda dari bahan kimia

Jika memelihara rumput di sekitar halaman sebaiknya jangan menggunakan bahan kimia. Apabila rrumput-rumput membutuhkan kesuburan atau pemupukan gunakan gluten tepung jagung sebagai herbisida pilihan alternatif. Untuk pestisidanya, lebih baik gunakan Neem Oil (minyak Neem) yang bisa diencerkan dan disemprotkan. Ini termasuk produk organik yang aman yang bisa dimakan.

8. Selalu cuci kulkas Anda

Hal kecil ini ternyata bisa menyebabkan sesuatu yang besar, bagian kulkas yang harus selalu dicuci itu bagian yang sering tersentuh tangan atau bagian pintu. Karena kebiasaan orang-orang yang selalu membuka kulkas kemudian mengambil makanan di dalamnya. Dari situlah kuman-kuman berpindah.

9. Bersihkan kamar mandi secara rutin

Hal ini biasanya luput dilakukan dan kebanyakan orang malas melakukannya, jika sering dibersihkan akan mengurangi kondensasi dan membatasi risiko pertumbuhan jamur.

10. Biasakan bersih-bersih dengan vacum cleaner

Jika memelihara kucing, biasanya akan banyak bulu-bulu kucing yang bertebaran. Untuk membersihkannya agar benar-benar bersih gunakan vacum cleaner.

Itulah 10 rahasia agar Rumah sehat yang bisa Anda lakukan untuk cara menjaga kebersihan rumah sehat dari berbagai penyakit dan juga baha-bahan kimia yang berbahaya. Dunia kesehatan

Penutup :

Leave a Reply