Pidato : Akulah Kartini Masa Kini

Akulah Kartini Masa Kini

Nama saya Umrohtul Habibah. Saya dari perwakilan kelas X IPA 2. Sebelumnya saya ingin mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT karena kali ini saya diberi kesempatan untuk menyampaikan pidato saya yang berjudul Akulah Kartini Masa Kini.

Kartini, tentu nama itu tentu sudah tidak asing didengar, terlebih bagi para perempuan indonesia. Kartini, merupakan salah satu pejuang perempuan masa lalu, sosok wanita pejuang di masanya yang menjadi pahlawan bagi para kaumnya. Kartini merupakan bagian dari lembaran sejarah yang patut untuk di kenang dan dikagumi. Sudah banyak wanita di era modern seperti ini yang menjadikan kartini sebagai panutan dan motivator hidupnya.

Meskipun sudah bebas dari belenggu patriarkhi dan sudah mulai mendapat haknya baik dalam pendidikan, sosial dan budaya tapi tidak menutup kemungkinan masih ada sebagian perempuan yang belum mendapatkan haknya. Persoalan kekerasan, perdagangan manusia, pelecehan seksual juga dominasi laki-laki atas perempuan masih akan kita temui pada era masa kini.

Tahukah kalian bahwa kita pelajar khususnya perempuan merupakan Kartini kartini muda Indonesia.Sudah merupakan tugas dan tanggung jawab kita sebagai pelajar muda khususnya perempuan untuk memperbaiki derajat dan pandangan perempuan Indonesia kearah yang lebih baik. Apapun profesi yang anda miliki dimasa mendatang, tinggi atau rendah profesi yang anda miliki manfaatkanlah profesi anda tersebut untuk memajukan dan memperbaiki derajat perempuan indonesia. contohnya andaikan saya seorang guru maka saya harus mendidik putra-putri Indonesia dengan menanamkan karakter bangsa indonesia tanpa membedakan jenis kelamin. Seandainya saya seorang ibu maka saya harus mendidik dan mengayomi suami dan anak anak saya. Dan sebagai seorang pelajar perempuan sudah sepatutnya kita belajar dengan bersungguh-sungguh dan lebih perduli terhadap lingkungan sekitar kita dan buktikan kepada dunia bahwa perempuan pun sangat berpengaruh bagi bangsa dan negara, tanpa melupakan kodrat kita sebagai seorang perempuan.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Selamat hari kartini, majulah perempuan-perempuan indonesia dan jayalah kartini-kartini muda bangsa. Terimakasih atas perhatiannya

Wassalamualaikum wr.wb

Kartini masa kini adalah sosok kartini yang bisa memberikan inspirasi bagi lingkungan sekitarnya, bertanggung jawab, berdikari tinggi untuk selalu berusaha mewujudkan persamaan hak perempuan baik di sektor publik maupun sektor domestik. Kartini sekarang ini sudah sangat jauh berbeda dengan kartini pada masa lalu, yang menjadikannya selalu eksis hingga saat ini adalah perjuangan yang selalu ada untuk bisa meraih cita dan asa dalam kehidupan yang lebih egaliter.

Leave a Reply