Contoh Pidato Tentang Lingkungan Hidup

Contoh Pidato Tentang Lingkungan Hidup

 

Pidato Lingkungan Hidup

Reny Mawardini

X-3

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang terhormat Ibu Kinkin

Dan teman-teman kelas X-3 yang saya cintai.

Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT berkat rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul di kelas X-3 yang kita cintai ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Dalam kesempatan ini, saya Reny Mawardini akan berbicara mengenai lingkungan hidup. Mungkin ini erat kaitannya dengan pelestarian lingkungan kita.

Saat ini, seperti yang telah kita ketahui, negeri kita sedang mengalami musim hujan. Hampir setiap hari hujan deras mengguyur dan hampir setiap hari pula kita melihat banjir terjadi di mana-mana. Mulai dari peristiwa banjir yang hanya kita lihat melalui televisi sampai peristiwa banjir yang mungkin terjadi di lingkungan tempat tinggal teman-teman saat ini. Tetapi, pernahkah kita merenung sejenak, siapa yang sebenarnya bersalah dalam hal ini?  Mungkin sebagian dari kita tidak pernah menyadari bahwa kita telah melakukan sebuah kesalahan. Kesalahan kecil yang kita lakukan apabila dilakukan secara terus menerus maka akan menimbulkan akibat yang sangat besar. Contohnya saja membuang sampah sembarangan. Mereka yang melakukan hal ini biasanya beranggapan bahwa sampah yang mereka buang secara sembarangan itu jumlahnya kecil atau sedikit. Sayangnya, orang yang berpikiran seperti ini jumlahnya sangat banyak. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, maka akan menimbulkan akibat yang fatal bagi lingkungan kita. Sampah akan berserakan di pinggir jalan dan sebagian lainnya mungkin akan masuk ke dalam saluran air dan menyumbat air yang mengalir. Jika hujan deras turun, bukan mustahil jika akan terjadi banjir.

Beberapa tahun belakangan ini, pemerintah banyak mengadakan program penanaman ribuan, jutaan, bahkan milyaran pohon. Tetapi, apa manfaat dari pohon-pohon tersebut jika kita hanya menanam saja dan tidak merawatnya serta terus saja membuang sampah sembarangan? Selain itu oknum-oknum tidak bertanggung jawab terus menebang ribuan pohon setiap harinya secara liar dan membabi buta tanpa ditindak tegas oleh pemerintah. Ribuan meter kubik kayu telah mereka jarah lalu mereka tingalkan saja lahan yang sudah sedemikian kritis dan sangat membahayakan saudara-saudara kita yang lain dengan kemungkinan bencana banjir yang siap mengancam setiap saat. Mereka hanya mengatasnamakan bisnis kemudian mengesampingkan kelestarian hutan yang merupakan titipan anak cucu kita nanti.

Teman-temanku,

Kita sebagai pelajar dan generasi penerus bangsa harus mulai membiasakan diri untuk menjaga dan melestarikan lingkungan kita. Mulailah dari hal-hal yang kecil dalam diri kita seperti membersihkan rumah, tidak membuang sampah sembarangan, dan belajar untuk menanam pohon dan tidak lupa untuk terus merawatnya. Menjaga lingkungan sama halnya dengan menjaga hidup kita. Jika lingkungan tetap terjaga, bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan bencana-bencana alam lainnya yang disebabkan oleh manusia akan berkurang.

Maka dari itu, sudahilah kegiatan merusak lingkungan. Marilah kita menjaga, melestarikan, dan mencintai lingkungan kita! Karena kalau bukan kita yang melakukannya, siapa lagi? Ayo  kita mulai dari sekarang!

Sekian pidato dari saya. Mudah-mudahan ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan renungan bagi teman-teman semua. Mohon maaf apabila ada salah kata. Terima kasih atas perhatian teman-teman. Wabilahi taufik wal hidayah.

Wassalamualikum Wr.Wb

Incoming search terms:

  • contoh pidato pelestarian lingkungan
  • contoh pidato persuasif tentang melestarikan lingkungan
  • pelestarian lingkungan pidato
  • pidato melestarikan lingkungan hidup
  • pidato singkat tentang kelestarian lingkungan
  • pidato singkat tentang pelestarian hidup
  • teks pidato tentang kelestarian lingkungan alam
  • teks pidato tentang menjaga kelestarian lingkungan
loading...

Leave a Reply