Pidato Kemajuan Teknologi bagi Para Pelajar

PIDATONama: Isna Rahmawati

Kelas: X-4

No. Abs: 12

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat, Bapak Kepala SMA 1 Kudus

Yang saya hormati, Bapak dan Ibu Guru SMA 1 Kudus

Yang saya sayangi dan saya banggakan, rekan-rekan kelas X-4

Pertama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya kepada kita. Sehingga, kita dapat bertemu saat ini dalam keadaan sehat wal afiat dan tidak kurang suatu apa pun.

Kedua, sholawat serta salam tak lupa kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang selalu kita tunggu-tunggu syafaatnya besok pada hari Kiamat. Semoga kita termasuk umatnya yang mendapat syafaat beliau. Amin, Ya Robbal Alamin.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampaikan masalah tentang Dampak Kemajuan Teknologi bagi Para Pelajar. Di sini saya akan mengambil dua macam alat elektronik yang sangat berpengaruh bagi para pelajar , yaitu televisi dan telepon genggam yang sering kita sebut dengan Handphone.

Televisi sama halnya dengan media massa lainnya yang mudah kita jumpai dan dimiliki oleh siapa pun, seperti media massa surat kabar, radio, atau komputer. Televisi sebagai sarana penghubung yang dapat memancarkan rekaman dari stasiun pemancar televisi kepada para penonton atau pemirsanya di rumah, rekaman-rekaman tersebut dapat berupa pendidikan, berita, hiburan, dan lain-lain. Televisi memiliki fungsi sebagai media informasi dan penerangan, media pendidikan dan hiburan, media untuk memperkuat ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, serta media pertahanan dan keamanan.

Televisi merupakan suatu alat elektronik yang menayangkan berbagai macam program acara. Diantaranya, ada berita TV, acara musik, film, sinetron, komedi, reality show, talk show dan juga ada acara religius. Televisi selalu menarik perhatian para pemirsa. Termasuk perhatian para remaja muda yang masih berstatus sebagai seorang pelajar. Sebagai pelajar, mereka mempunyai suatu kewajiban untuk belajar. Pada malam hari, para pelajar menggunakan waktunya untuk belajar. Tetapi, apakah mereka dapat belajar dengan konsentrasi yang cukup? Banyak di antara mereka yang belajar sambil menonton televisi. Jika mereka ditanya orang tuanya mengapa belajar di depan televisi, mereka hanya menjawab kalau tidak sambil menonton TV, mereka tidak bisa konsentrasi untuk belajar. Padahal, mereka tidak mau ketinggalan dengan program acara favorit mereka. Apakah cara belajar mereka sudah benar?

Orang tua mempunyai peran yang sangat penting untuk mengarahkan putra-putrinya ke jalan yang baik. Orang tua harus bersikap tegas dalam hal ini. Seharusnya orang tua tidak menyalakan televisi pada waktu jam belajar putra-putri mereka dan membiarkan putra-putri mereka belajar dengan tenang di dalam kamar. Tetapi, kalau memang putra-putrinya mempunyai kebiasaan belajar sambil menonton TV sebaiknya kebiasaan itu sedikit demi sedikit dihilangkan.

Setelah mereka selesai belajar, mereka dapat menonton acara televisi yang mereka inginkan. Tetapi, pada malam hari pun banyak stasiun-stasiun televisi yang menayangkan program acara yang menarik perhatian para pelajar. Terlalu asyiknya mereka menonton televisi, mereka sampai lupa waktu. Mereka tidur sampai larut malam. Akibatnya, keesokan harinya mereka telat bangun pagi. Selain itu pada saat jam pelajaran, mereka mengantuk dan tidak bisa memperhatikan pelajaran dengan baik. Jika mereka tidak bisa memperhatikan pelajaran dengan baik, maka dapat mempengaruhi prestasi siswa tersebut di sekolah.

Jika dilihat dari sisi negatifnya, mungkin tidak ada habisnya. Diantaranya dapat menyia-nyiakan waktu, melalaikan tugas dan kewajiban, menumbuhkan sikap hidup konsumtif, mengganggu kesehatan, dapat mendorong tindak kejahatan, memutuskan silaturahmi, menurunkan prestasi siswa, dan setelah menonton tayangan televisi mereka suka meniru apa yang telah mereka tonton dalam hal yang negatif.

Tetapi, televisi juga mempunyai sisi positifnya juga. Tayangan televisi yang bersifat positif adalah adanya acara yang bersifat keagamaan, dan adanya acara yang berhubungan dengan pendidikan, seperti cerdas cermat, berita, dan lain-lain. Mereka dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan melalui acara-acara tersebut.

Untuk dapat mengoptimalkan fungsi TV ada banyak hal yang dapat dilakukan, antara lain pilihlah program acara televisi yang memang benar benar bermanfaat bagi seluruh keluarga, gunakan televisi yang ada hanya sebagai media untuk mendapatkan informasi penting seperti cerita, tentukan dan bedakan waktu menonton televisi bagi anak anak yang belum dan sudah dewasa, batasi waktu menonton televisi untuk anak anak, dan alihkan perhatian dan kegemaran anak anak dalam keluarga dari kecanduan menyaksikan seluruh acara televisi kepada bentuk bentuk kegiatan dan kesenangan baru yang positif seperti membaca dan mempelajari al-quran dan hadits, membaca koran, membaca buku dan lain sebagainya.

Hadirin yang berbahagia,

Alat elektonik yang kedua adalah HandPhone(HP). Pada saat ini, banyak anak muda atau pelajar yang menggunakannya untuk alat berkomunikasi. Tapi tidakkah anda tahu bahwa anak muda sering menyalah gunakannya, yaitu untuk melihat hal-hal yang tidak patut mereka lihat apalagi sebagai pelajar. Bayangkan jika para pelajar melihat hal-hal seperti itu. Perilaku pelajar dewasa ini semakin menjadi-jadi. Tak sedikit pelajar yang ketahuan menyimpan video dan foto yang tidak senonoh di handphone. Belum lagi, handphone juga digunakan untuk tukar-menukar jawaban ujian.

Ada 2 manfaat yang dapat kita peroleh. Dampak positif adanya handphone adalah mempermudah komunikasi, menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi, dan memperluas jaringan persahabatan. Sedangkan dampak negatifnya dapat mengganggu perkembangan anak, efek radiasi, rawan terhadap tindak kejahatan, sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa, serta pemborosan.

Tidak jarang para pelajar disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek dalam ulangan. Bermain game dan smsan saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi. Sebaiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan HP secara permanen. Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP bisa digunakan tidak pada fungsinya. Dengan mempunyai HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi pemborosan yang saja.

Perkembagan teknologi sekarang yang cukup modern dapat mempengaruhi dunia pendidikan di Indonesia. Maraknya HP sekarang juga sudah merusak akhlak pelajar di negeri kita rusak. Menggunakan HP lebih baik tidak pada waktu belajar. Lebih baik lagi jika saat belajar, HP dinonaktifkan. Jadi, para siswa tidak bisa melakukan aktifitas lain selain belajar. Jika tidak seperti itu, para siswa dapat menggunakan fasilitas-fasilitas yang tersedia di handphone. Misalnya kamera, video, MP3, permainan, sms, telepon, dan internet. Kebanyakan dari mereka, sering menggunakan fasilitas internet. Bukannya mencari informasi yang penting, tetapi malah membuka facebook atau twitter. Sehingga, mereka internetan sambil belajar, bukan belajar sambil internetan.

Jadi, semua itu tergantung diri kita masing-masing. Jika kita dapat selektif dalam memilih alat elektronik, dapat menggunakannya dengan tepat, dan dapat mengambil unsur positifnya, Insya Allah kita dapat menambah ilmu dan pengetahuan yang begitu luas. Sebagai seorang pelajar, jika kita tidak menyalahgunakan teknologi, kita dapat menemukan manfaat yang sangat besar dalam diri kita sendiri. Jadilah generasi muda yang berprestasi dan janganlah menjadi generasi muda yang merugi di kemudian hari.

Demikian, yang dapat saya sampaikan. Semoga kita semua dapat mengambil manfaat dari apa yang saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian hadirin sekalian. Mohon maaf bila ada tutur kata saya yang salah dan tidak berkenan di hati Anda.

Wallahul Muwafiq Ila Aqwamith Thariq

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Leave a Reply