Pidato : Pa Yudi Selaku Guru Pembimbing Yang Saya Hormati

Assalamualaikum Wr. Wb

Pa Yudi selaku guru pembimbing yang saya hormati dan rekan-rekan sekalian yang saya cintai. Puji syukur kita panjatkan pada Allah SWT karena sampai saat ini kita masih bisa bertemu pada kesempatan kali ini. Shalawat serta salam tak henti-henti nya kita ucapkan pada junjungan alam Nabi Muhammad SAW.

Pada hari ini saya akan menyampaikan pidato yang bertemakan Pentingnya Pengertian Orang Tua. Sampai saat ini di Indonesia masih banyak orang tua yang salah mandidik anaknya, sehingga tidak sedikit anak-anak yang terjerumus kedalam hal-hal yang negative. Seperti contohnya anak yang memakai narkoba dan lain sebagainya. Dan pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato yang berisikan tentang bagaimana seharusnya orang tua mendidik dan berbicara pada anaknya sehingga tidak membuat anaknya terjerumus kepada hal-hal yang negative.

Orang tua adalah salah satu peran utama yang membentuk sifat dari si anak tersebut, maka orang tua seharusnya tidak salah dalam cara mendidik anaknya. Beberapa contoh yang salah pada orang tua dalam mendidik anaknya dalam segala ham misalnya mudah memberi hukuman jika si anak tersebut melakukan kesalahan, memberi peraturan yang tidak menyenangkan bagi anak, mengecam anak bila melakukan suatu hal lalu gagal, dan lain sebagainya.

Seharusnya orang tua tau saat-saat ketika anak tersebut sudah mulai remaja dan dewasa, maka orang tua tersebut akanmemberi aturan-aturan yang sesuai dengan kondisi anak saat ini. Jika peraturan tersebut terlalu ditekankan kepada anak dan terlalu mengekang anak tersebut, anak cenderung akan penasaran dan mencoba hal-hal yang baru menurutnya. Contohnya coba-coba merokok, minum minuman keras, memakai narkoba dan masih banyak lagi. Semua itu dilakukan karena si anak penasaran dengan dunia luar yang belum pernah dia tau.

Maka dari itu orang tua seharusnya tau kondisi anak, dan tau pertumbuhan anaknya sendiri. Lebih baik jika orang tua selalu mendengarkan anaknya saat bercerita, menghargai usaha anaknya, dan tetap memantau perkembangan dan pertumbuhan anak, tanpa terlalu mengekan ketika sedang bermain dengan teman-temannya.

Cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga pidato yang telah saya berikan bisa cukup bermanfaat untuk hadirin sekalian. Maaf bila ada salah-salah kata yang kurang nyaman dan kurang berkenan di hati para hadirin sekalian, dan terimakasih untuk waktu luang yang telah hadirin berikan sehingga bisa berada disini.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Vidia Nurmala Savitri

Kelas X-6

Absen 33

Leave a Reply