Pidato Bi : Bapak Dan Ibu Guru Yang Saya Hormati Dan

Assalamualaikum wr.wb

Bapak dan ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.

Pada siang hari yang cerah ini saya akan membahas mengenai pengaruh globalisasi pada kehidupan kita sehari-hari, bagaimana sikap kita menanggapinya dan apa yang harus dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang bersifat negatif.

Pada zaman modern ini globalisasi yang berarti modernisasi telah menjadi hal yang biasa bagi kita. Oleh karena itu semua bagian kehidupan kita juga pasti terpengaruh.Misalnya di bidang transportasi, setiap hari kita melakukan perjalanan dari rumah ke sekolah. Di jalanan terlihat banyak sekali bermacam-macam jenis kendaraan.Padahal zaman dulu orang orang biasanya hanya berjalan kaki atau nak sepeda onthel.

Selain itu yang terkena dampaknya adalah di bidang telekomunikasi. Saat ini handphone merupakan barang yang mungkin wajib dimiliki setiap orang agar dapat berkomunikasi. Selain itu bila kita memiliki akses internet, telekomunikasi dapat lebih mudah lagi terakses seolah-olah membuat kita wajib memiliki komputer pribadi.

Lalu di bidang kuliner pengaruh globalisasi juga cukup besar. Makanan khas barat menjadi sangat populer di seluruh belahan dunia tidak hanya di negeri kita. Sebagai contoh di kota Sidoarjo terdapat berbagai macam restoran cepat saji khas barat seperti KFC, McD, Pizza Hut dsb.Jika keadaan ini terus berlanjut apa yang akan terjadi dengan makanan tradisional kita?

Bidang olahragapun juga mendapatkan dampak globalisasi. Saat ini seluruh dunia sedang meminati sepak bola, basket, bulu tangkis dsb. Bukan hanya olahraganya, alat-alat pendukungnyapun ikut terkena dampak globalisasi mulai dari sepatu, baju, celana dsb yang harus sesuai dengan ketentuan olahraga itu sendiri.

Dari beberapa macam aspek yang saya sebutkan tadi dapat disimpulkan globalisasi sangat berpengaruh di hampir semua bidang kehidupan. Kita sendiripun merasakan pengaruhnya sebagai pelajar di negara yang berkembang ini. Sebagai pelajar dan masayarakat yang baik harus bisa menghadapi arus globalisasi ini. Kita harus bisa menyerap nilai-nilai positif dari globalisasi ini tanpa harus merubah norma dan aturan yang berlaku di negara kita. Lalu kita juga harus membuang hal-hal negatif yang bisa merusak budaya kita ini. Karena budaya dalam negeri merupakan ciri khas kita sendiri yang harus kita jaga agar tidak hilang ditelan zaman.

Jadi masih banyak lagi hal yang bisa kita lakukan untuk menghadapi laju globalisasi tanpa harus merubah budaya yang sudah ada di negeri kita sendiri.

Semoga apa yang telah saya katakan tadi bermanfaat bagi kita semua yang ada disini. Saya berharap dengan adanya globalisasi ini semua orang dapat mengambil nilai positifnya. Terima kasih atas perhatian guru dan teman-teman sekalian.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Incoming search terms:

  • pidato tentang makanan khas
loading...

Leave a Reply