Pidato Isra : MIRAJ

PIDATO ISRA MIRAJ

Segala puji hak mutlak milik ALLAH SWT semata yang dengan karunianya kita di berikan penerangan cahaya keimanan di dalam hati untuk membedah semua ilmu yang terlihat ataupun yang tidak terlihat secara kasat mata seperti ilmu di dunia nyata ataupun di dunia maya itu semua akan terlihat jelas dan nyata kalau di sertai dengan kehendak oleh ALLAH SWT.

Shalawat dan Salam semoga terlimpah curahkan kepada nabi MUHAMMAD SAW yang menjadi suri tauladan di setiap aspek kehidupan bagi umatnya.

tatkala kita ingin di akui umatnya maka tiada salahnya kita mengingat kembali salah satu kejadian yang sangat istimewa dan satu satunya hamba ALLAH SWT yang mengalaminya yaitu Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Jamaah yang di rahmati ALLAH SWT disini saya akan menguraikan secara singkat history perjalanan Isra Mi;raj yang sangat penting bagi kita semua karena dengan adanya peristiwa ini banyak sekali pelajaran yang dapat di jadikan barometer dan acuan bagi kehidupan bahwa tidak ada yang tak mungkin di pandangan ALLAH SWT.

Arti dari Isra dan Mi’raj yaitu penggabungan dua kata yang mempunyai arti di berjalankan dan di angkat kelangit seorang hamba termulya yaitu Nabi Muhammad SAW oleh ALLH SWT sebagai bentuk kecintaan Allah terhadap Nabi dalam waktu yang sangat singkat kurang lebih hanya seperempat malam saja.

Coba kita bayangkan secara logika perjalanan Isra Nabi Muhammad SAW dari masjid Haram yang ada di kota Makah ke masjid Aqsa yang ada di palestina yang berjarak beribu-ribu KM di tambah dengan perjalanan Mi’raj yaitu di angkatnya nabi dari bumi tepatnya dari masjid Aqsa ke langit ke tujuh sampai sidrotulmuntaha hanya di tempuh beberapa jam saja. kalau di pikir secara logika yaitu tidak mungkin semua itu bisa terjadi, namun kalau dipandang secara keimanan maka itu mungkin saja terjadi karena cara mandangnya dengan cahaya keimanan di dalam hati yang begitu replek dan cepat menerimanya seperti cepatnya cahaya matahari menembus permukaan bumi.

Begitu pula dengan kejadian Isra Mi’raj yang tidak lepas dengan sebuah cahaya atau lebih tepatnya ada empat sumber cahaya yang menyebabkan kejadian itu sangat singkat dan cepat.berikut empat sumber cahaya tersebut:

Adanya ALLAH SWT dzat yang memiliki cahaya

Adanya malaikat yang di ciptakan dari cahaya

Adanya Nabi Muhammad yang wajahnya bagaikan cahaya

Adanya Buraq yaitu kendaraan yang di pakai oleh nabi Muhammad SAW pada waku Isra Mi’raj yang pada jidatnya di tulis nama Muhammad yang mengandung cahaya ke Nabian.

Namun yang lebih penting bagi kita semua selaku umatnya adalah membenarkan dan mengimankan bahwa peristiwa Isra Mi’raj yang di alami oleh Nabi Muhammad SAW itu benar adanya dan sudah menjadi suatu kepastian dari Allah SWT bagi hambanya. Jika Allah sudah berkehendak siapapun tidak bisa menolak

Demikian yang bisa saya sampaikan meskipun sangat singkat namun udah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita semua. Ditutup dengan Do’a

PIDATO ISRA MIRAJ

Yang terhormat Bapak Lurah
Yang terhormat Bapak Ketua RW/RT..
Yang terhormat Bpk … (Yang Dituakan),
Hadirin dan hadirat yang kami hormati,

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Terimakasih atas bapak/ibu yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan sedikit sambutan acara tentang kebesaran Nabi kita "Muhammad SAW". Sebelumnya Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, atas nikmat dan rahmat yang dianugerahkan kepada kita semua, sehingga khususnya pada malam hari ini kita semua diberi kenikmatan berupa kesehatan jasmani dan rohani untuk bersama-sama mendengarkan ceramah agama sebagai santapan rohani, dalam rangka mmperingati Isra dan Miraj Nabi Besar Muhammad SAW.

Selanjutnya saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap hadirin yang dengan tulus ikhlas sudi meringankan langkah meluangkan waktu, untuk mencari ilmu dengan mendengarkan ceramah agama yang sebentar lagi akan disampaikan oleh Bpk (Yang Akan Memberikan Pidato/Ceramah).

Hadirin yang mulia, sebagai umat Islam sudah sewajarnya kita mengenal lebih dekat junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. Semuanya itu semata-mata untuk meningkatkan taqwa kita kepada Allah SWT. Dengan demikian kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dapat lebih baik menjalankan perintah-Nya sekaligus dapat menjauhi larangan-larangan Allah.

Atas nama Ketua Panitia peringatan Isra Miraj, kami berharap semoga pengetahuan agama kita khususnya masalah Isra Miraj ini nantinya akan benar-benar dapat dihayati oleh hadirin, untuk selanjutanya dapat diamalkan sesuai dengan tuntunan yang telah diajarkan olehNya kepada kita semuasebagai umatNya.

Khusus kepada Bapak (Yang Akan Memberikan Pidato/Ceramah) kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas keikhlasan Bapak dalam memberikan tambahan wawasan agama kepada kami pada malam hari ini, semoga amal ibadah Bapak ini dapat diterima dan dibalas oleh Allah SWT dengan pahala yang berlipat-ganda.
Amin.

Akhir kata, wa billahitaufiq walhidayah,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

PIDATO ISRA MIRAJ

Asslamaualaikum Wr Wb

Alhamdulillah robbil alamin. Ashalatu wassalamu ala saydina muhammadin Waala Alihi washobhihi ajmain. Amma badu.

Hadirin yang berbahagia. Pada bulan yang penuh berkah ini kita perlu lebih banyak melakukan muhasabatun nafsi atau instrosfeksi diri. Terutama yang berhubungan dengan peningkatan kualitas sholat kita khususnya dan kualitas ibadah secara keseluruhan.

Karena sudah seharusnya kita selaku kaum muslimin untuk selalu meningkatkan kualitas diri dan amaliyah serta ibadah kepada Allah SWT. Celakalah orang yang amal hari ini lebih buruk dari hari kemarin, rugilah orang yang amal hari ini sama dengan amal hari kemarin, maka beruntunglah orang yang jika amal hari ini lebih baik dari kemarin.

Karena amal ibadah sholat menjadi tolok ukur dari identitas seseorang muslim, maka segala upaya untuk mendapatkan sholat yang khusyu, ikhlas dan makbul termasuk rangkaian ibadah. Sedangkan sholat khusyu, ikhlas dan makbul itu tidak akan pernah terwujud jika tidak ditunjang dengan ilmu. Oleh sebab itu Islam mewajibkan semua muslimin muslimat untuk menuntut ilmu.

      

Dalam hadits yang lain dikatakan, Tuntutlah ilmu meskipun sampai di negeri Cina. Jika kita analisa secara mendalam, mengapa Rasulullah SAW menghubung-hubungkan ilmu dengan Cina ? Ada kepentingan apa ? Sejauh mana pengetahuan beliau tentang Cina ?

Hadirin yang berbahagia.

Umat Islam mulai sadar pada saat perintah sholat mulai diwajibkan. Ternyata banyak sarana dan prasarana pendukung yang menghantarkan pada ibadah sholat yang khusyu. Karena ibadah sholat mengandung syarat dan rukun. Adapun perkara rukun akan dapat terpenuhi dengan cara menggali ilmu sholat. Sedangkat yang menyangkut masalah syarat akan berhubungan dengan alat dan materi. Logikanya, hadirin… pada saat sholat diwajibkan, maka menutup aurat itu disyaratkan. Menutup aurat itu harus dengan kain, dan pada saat itu sekitar tahun 621 Masehi, satu-satunya negara yang mampu menghasilkan tekstil kain adalah negeri Cina. Itulah sebabnya kenapa Rasulullah SAW menghubungkan kewajiban menuntut ilmu dengan negeri Cina.

Hadirin yang berbahagia.

Bulan Rajab, di mana kita melewatinya dari tahun ke tahun. Dan tidak sekadar melewati, kita selaku kaum muslimin selalu menyambut bulan Rajab ini dengan peringatan-peringatan, pengajian-pengajian yang dikaitkan dengan uraian tentang sholat. Tapi apakah dengan datangnya bulan rajab ini akan selalu lewat begitu saja ? Tentu tidak. Karena yang lebih penting bagi kita adalah merenungi dan memaknai ibadah sholat itu dengan aktifitas hidup kita. Pada saat sholat itu diwajibkan untuk khusyu maka dalam melakukan pekerjaan apapun kita harus khusyu atau serius atau sungguh-sungguh. Ketika sholat itu disyaratkan untuk bersih dari hadats, maka dalam melakukan apapun itu harus bersih dari kebohongan, tidak korupsi dan saling menzdolimi. Jika seorang buruh tidak korupsi waktu, dan jika si majikan tidak memperlakukan pekerja dengan semena-mena. Demikian pula masih banyak hikmah sholat yang perlu kita telaah secara mendalam. Mari kita aplikasikan makna sholat kita di luar sholat. Semoga kita selalu diberi kekuatan, petunjuk, dan pertolongan dari Alloh SWT, amin.

Demikianlah apa yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Aqulu qouli hadza astaghfirullohal azdim. Wallohul muwafiq ila aqwamit thoriq.

Wassalamualaikum wr.wb.

Leave a Reply