PIDATO UJIAN PRAKTEK : PEDULI LINGKUNGAN

PIDATO PEDULI LINGKUNGAN

Oleh :
Nama: Insani Ning Arum
No: 16
Kelas : XII TKJ 1

Bottom of Form

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua.
Yang terhormat bapak ibu pengawas ujian praktek dan teman-teman yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan yang sehat wal – afiat.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas masalah peduli lingkungan. Semua sudah sadar bahwa bumi yang kita diami ini sudah semakin tua, sebagaimana manusia pada umumnya, pada usia lanjut tentunya akan semakin menurun kondisinya. Alangkah bijaksananya kita yang merasa memiliki bumi ikut andil untuk menjaga syukur-syukur sampai dengan menyelamatkan bumi yang sudah mulai sakit-sakitan ini.

Lalu apa yang dapat kita lakukan? sebenarnya banyak hal yang bisa kita kerjakan. Misalnya saja, diperempatan atau simpangan jalan yang dilengkapi lampu pengatur lalu lintas, ada beberapa tempat yang sudah dilengkapi dengan penunjuk waktu, sehingga para pengguna jalan bisa memperkirakan berapa detik akan kena merah atau berapa detik akan jalan karena lampu hijau. Bila saja pada saat berhenti (lampu merah) semua kendaraan bermotor di persimpangan mematikan mesinnya dan dinyalakan lagi pada angka 3-5 detik menjelang lampu hijau, berapa persen pencemaran udara yang berkurang karena knalpot kendaraan bermotor.

Di era teknologi yang semakin canggih ini, banyak sekali inovasi-inovasi menuju ke hal yang positif dan praktis. Kita coba mengambil contoh, kebanyakan kita tidak lagi menggunakan sapu tangan tetapi mengganti dengan tissue demi efisiensi dan kepraktisan. Kalau dulu, jamannya sapu tangan, setelah dipakai dan kotor lalu dicuci untuk digunakan kembali. Pengguna tissue, sekali pakai lalu buang, dan sering-seringnya dibuang di sembarang tempat. Bila pengguna tissue satu hari menggunakan satu bungkus tissue yang isinya lima lembar, ada berapa sampah yang berasal dari tissue saja

Kasus lain adalah penggunaan kantong plastik (kresek) sebagai pengganti kantong kertas atau daun, mungkin saat ini beberapa toko sudah mengurangi bahkan meninggalkan penggunaan plastik diganti dengan bahan yang lebih ramah lingkungan.

Mari kita peduli pada lingkungan, mulai dari yang kecil, mulai pada diri sendiri dan mulai sekarang.

 Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat berguna bagi kita semua. Bila ada tutur kata yang salah baik yang disengaja atau tidak disengaja, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Selamat pagi. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Incoming search terms:

  • pidato tentang peduli lingkungan
  • pidato tentang ramah lingkungan
  • contoh pidato kepedulian terhadap lingkungan
  • pidato tema industri ramah lingkungsn
  • pidato tentang lingkungan singkat
  • pidato ujian ptaktek
  • praktek bahasan indonesia pidato tentang kebersihan
  • teks pidato peduli lingkungan
  • www contoh teks pidato singkat tentang kebersihan sekolah ujian praktek
loading...

Leave a Reply