Pidato Kebersihan Lingkungan : Idato 1

Pidato 1 :

Pentingnya menjaga Kebersihan Lingkungan

Yth. Ibu Widiawati dan Ibu Puji selaku guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 26

Serta yang saya banggakan teman-teman kelas XII IPA 3

Assalammualaikum Wr.Wb

Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT. yang karena nikmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada siang hari ini. Saya sebagai perwakilan siswa SMA Negeri 26 mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga SMA N 26 yang telah menghimbau saya dan siswa/i lainnya untuk terus menjaga lingkungan agar tetap terlihat bersih, indah, dan nyaman. Pada pidato saya kali ini, saya mengangkat tema tentang Pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Pidato ini bertujuan agar kita semua mengerti tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, dan agar kita semua tahu bagaimana cara untuk menjaga kebersihan lingkungan tersebut.

Perlu kita sadari bahwa lingkungan merupakan tempat untuk menggantungkan hidup bagi kita semua yang ada di bumi ini. Oleh karena itu kita harus memberikan yang baik kepada lingkungan agar lingkungan pun memberikan yang terbaik untuk kita, lebih tepatnya agar lingkungan tidak memberikan bencana untuk kita. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Agar bisa menjaga kebersihan lingkungan, ada baiknya kalau kita terlebih dahulu tahu apa arti kebersihan lingkungan itu sendiri. Kebersihan lingkungan adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut layak untuk ditempati, dimana keadaan kesehatan secara fisik makhluk hidup dapat terjaga apabila berada pada keadaan tersebut. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat, tidak bau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain.

Tidak ada yang sepele dalam menjaga kebersihan lingkungan. Sekecil apapun hal yang kita lakukan untuk menjaga lingkungan, manfaatnya pasti akan dirasakan kita semua. Banyak sekali yang dapat kita lakukan sehari-hari untuk meringankan beban bumi dalam hal kebersihan dan meningkatkan kualitas hidup. Salah satu contohnya yaitu membuang sampah pada tempatnya.

Selagi kita membicarakan tentang kebersihan, semua permasalahan pasti berasal dari sampah. Bagaimana kehidupan masyarakat kedepan, jika persoalan sampah tidak segera diselesaikan. Berbagai kasus, seperti di Bantargebang, Bojong Gede, dan Leuwigajah, mengingatkan kita bahwa persoalan sampah bukanlah hal yang sepele. Lalu apa yang harus kita lakukan agar setidaknya kita dapat mengurangi permasalahan tentang sampah tersebut yang menjadi dasar permasalahan kebersihan lingkungan. Nah, sebenarnya ada beberapa hal kreatif dan efektif yang bisa kita lakukan, yaitu menerapkan prinsip 4R:

– R yang pertama adalah Replace (mengganti), gantilah barang-barang yang hanya bisa dipakai sekali dengan barang yang tahan lama.

– R yang kedua adalah Reduce (mengurangi), mengurangi sampah dengan cara membawa tas kain sendiri saat berbelanja untuk menghindari penggunaan tas plastik dan tas kertas.

– R yang ketiga adalah Re-Use (memakai kembali), pakailah botol-botol bekas untuk wadah, manfaatkan kantong plastik bekas kemasan belanja untuk membungkus,dll.

– R yang terakhir adalah Recycle (daur ulang), daur ulang memang tidak mudah jika dilakukan sendiri tapi kita dapat membantu dengan cara mengumpulkan kertas, kaleng, botol untuk disalurkan kepada ahlinya, dan alangkah baiknya jika kita menggunakan berbagai produk kertas maupun barang lainnya yang merupakan hasil daur ulang.

         Kebersihan adalah sesuatu yang mudah dan murah Sebenarnya. Namun jika diabaikan akan berakibat fatal, dan mahal harga yang harus dibayarkan jika terabaikan. Itulah pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

          Kebersihan timbul dari jiwa yang bersih, sehingga mampu melahirkan pikiran dan tingkah laku yang bersih yang akan mengantarkannya kepada kehidupan yang bersih dan jernih. Yang pada akhirnya akan menciptakan atmosfer lingkungan yang segar dan indah dalam segala hal. Kehidupan yang seperti itulah yang di idam-idamkan oleh semua manusia beriman. Oleh karena itu tunggu apa lagi, segera bergegas ciptakan kebersihan dimulai dari diri kita sendiri, agar hidup kita bermakna, berkualitas serta nyaman. Ingatlah bahwa Kebersihan sebagian dari iman.

           Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada perkataan yang salah mohon di maafkan, karena sesungguhnya kebenaran hanya milik Allah SWT. Terimakasih atas perhatiannya.

Wabillahi taufiq wal hidayah wassalammualaikum Wr.Wb

Pidato 2 :

Kebersihan lingkungan sekolah

Assalamualaikum warrah matullahi wabarahkatu

Yang terhormat bapak ibu semua beserta teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, karena atas kehadirat Nya lah kita masih diberi kesehatan dan dapat berkumpul bersama dalam acara ini.Dalam kesempatan ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk bisa berdiri di sini.

Seperti yang kita tahu,akhir-akhir ini kita sering sekali mendengar bencana banjir terus melanda Jakarta.Baru hujan sedikit saja air sungai sudah meluap.Hal ini dikarenakan terjadinya pendangkalan sungai yang ada disekitar Jakarta.Pendangkalan ini disebabkan karena sampah yang terus menumpuk.Kalau terus dibiarkan bukan tidak mungkin ke depan sungai-sungai di Jakarta akan penuh dengan sampah.Masyarakat sekitar bantaran sungai di Jakarta suka sekali seenaknya membuang sampah rumah tangganya ke sungai.Padahal mereka tahu kalau membuang sampah sembarangan dampaknya sangat besar.Ini hanya salah satu dampak dari tidak menjaga kebersihan lingkungan,sebenarnya masih banyak dampak lainya.Tetapi sebelum kita membahas masalah ini lebih jauh,alangkah baiknya kita melihat diri kita sendiri lebih dahulu.Apakah kita sudah menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita ?

Sebagai manusia kita harus sudah mulai menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita.Kebiasaan ini harus sudah mulai di terapkan di kampus.Selain itu dengan kita menjaga kebersihan lingkungan kampus maka kegiatan di kampus akan lebih sehat dan nyaman.Karena dengan kita terus menjaga kebersihan kampus maka tidak akan ada lagi sampah dan kotoran yang bau yang dapat menganggu kenyamanan kegiatan.Selain itu sampah yang menumpuk juga dapat menyebabkan berbagai penyakit,karena sampah mengandung banyak sekali bakteri.

Sebenarnya ada banyak cara untuk menjaga kebersihan lingkungan kampus. Yang pertama selalu membuang plastik atau bungkus-bungkus makanan ke tempat sampah,sehingga sampah tidak akan berserakan di mana-mana.Lalu selalu membuat jadwal tugas piket untuk membersihkan kelas,karena dengan membuat jadwal piket, setiap hari kelas akan rapih dan bersih.Membuat UKM yang mengadakan acara rutin untuk membersihkan kampus yang dilakukan seminggu sekali,dengan adanya kegiatan ini maka akan membiasakan mahasiswa untuk rajin membersihkan lingkungan

Sebenarnya kesadaran akan menjaga kebersihan lingkungan ada pada diri kita sendiri,kalau kita mau berusaha pasti kita bisa menjaga lingkungan di sekitar kita.Karena kalau bukan kita yang menjaga lingkungan,siapa lagi ?

Mungkin demikian pidato yang dapat saya sampaikan kepada teman-teman,mohon maaf apabila ada kata kata yang kurang berkenan.Semoga teman-teman mau bersama-sama dengan saya untuk mulai membiasakan diri menjaga kebersihan lingkungan kampus kita tercinta.

Wassalammualaikum warah matullahi wabarokatu

Pidato 3 :

MENJAGA KEBERSIHAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Assalamualaikum Wr.Wb.

Selamat pagi dan salam sejahtera

Yang terhormat Dra. Tutut Sri Wahyuni selaku Kepala SMP Negeri 20 Malang,

Yang terhormat Bapak / Ibu guru,

serta teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan YME, atas berkah dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat walafiat. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato tentang Menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Perlu kita ketahui bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup.Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit kita lakukan. Contohnya adalah membuang sampah pada tempatnya. Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan kita sebagai seorang murid sangatlah kurang. Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah yang berserakan, entah sampah plastik makanan-minuman, atau kertas. Padahal tempat sampah yang disediakan sekolah sudah memadai. Di setiap sudut sekolah terdapat tempat sampah, di dalam kelas pun terdapat tempat sampah. Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita.

Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat menjalankan piket kelas sebagai aksi menjaga kebersihan lingkungan di lingkup sekolah. Biasakan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukkan ke tempat sampah.
Jenis sampah dibedakan menjadi 3 :
1. Sampah Basah yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk,
contoh; sisa makanan, sayur dan buah-buahan, sampah kebun dan sampah dapur.
2. Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah,
contoh: kertas, kardus, plastik, tekstil, karet, kaca, kaleng, dll
3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme antara lain: baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dll.

Akan tetapi tempat sampah yang biasa disediakan hanya 2 jenis, yaitu sampah basah dan sampah kering. Pada akhirnya pemisahan sampah basah dan sampah kering tersebut menjadi sia-sia saat dibuang disatukan kembali. Maka dari itu hal ini harus ada kerjasama antara pemerintah dan sekolah untuk pembuangan sampah basah dan sampah kering agar mengurangi pencemaran lingkungan.

Selain itu dianjurkan untuk menanam sebuah tanaman, apotek hidup, bunga-bunga, agar sekolah kita terlihat cantik, rapi dengan berhiaskan penghijauan disekitarnya. Namun selain adanya penghijauan di sekolah agar program berjalan lancar, kita harus ikut serta dalam hal pelestarian serta pemeliharaannya dan tingkat kesehatan.

Dan terpenting dalam kebersihan sekolah yaitu WC sekolah. Sering kita temukan di sekolah kebanyakan siswa-siswa tidak bersikap disiplin dalam pemakaian WC sekolah. Menjadikan WC sekolah kotor karena ulah siswa tersebut yang tidak menjaga WC sekolah, akibatnya WC menimbulkan efek bau di lingkungan sekolah.

Sebelum saya tutup, kesimpulan cara menjadikan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat dapat dilakukan dengan piket kelas, membuang sampah pada tempatnya, menyediakan tempat sampah kering dan sampah basah, menjaga kebersihan WC seperti menyiram bersih sesudah menggunakan WC, tidak membuang pembalut sembarangan dan ke ikutsertaan siswa dalam penghijauan.Kebersihan adalah sebagian dari iman dengan ini saya berharap teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersihan.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Walbilaihi Taufik Walhidayah Wassalamualaikum Wr.Wb.

Selamat pagi

Pidato 4 :

Assalamualaikum Wr.Wb
Yth. Ibu wali kelas
Serta teman-teman sekalian yang saya cintai, Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat pada hari yang cerah ini. 

Teman-teman yang saya banggakan,
Pertama-tama perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua, umat manusia. Maka kitaharus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Salah satu cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan

Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Teman-teman yang Berbahagia, Menjaga Kebersihan Lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan seperti sekarang. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta, SMPN 49 Jakarta. Apabila sekolah kita bersih maka orang lainpun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah kita ini. Dan kita sebagai penghuni sekolah ini juga terkena dampak positifnya yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.

Menjaga kebersihan Lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur dan PSN 30 menit setiap hari jumat dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari Sarang nyamuk Ades Aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah.

Sebagai penutup saya mengutip kata pepatah yang mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Kedepanya saya juga berharap kita sebagai umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Pidato 5 :

Menjaga kebersihan lingkungan

Om Swatyastu

Yang Terhormat Bapak Guru Bahasa Indonesia,

Serta  teman-teman sekalian yang saya cintai,

                    Pertama tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa,Tuhan Yang Maha Esa. Atas berkat dan rahmat beliaulah kita dapat berkumpul bersama sama di tempat ini dalam keadaan sehat.

                    Perlu kita sadari bawasannya lingkungan adalah tempat kita semua makhluk hidup baik tumbuhan, hewan maupun manusia menggantungkan hidup. Oleh sebab itu, kita harus sedapatnya menjaga lingkungan tempat tinggal kita dengan baik. Dengan begitu bumi tempat kita tinggal ini nantinya akan menghasilkan keuntungan bagi kita semua, bukanlah kerugian atau bahkan bencana bagi kita. Salah satu cara agar lingkungan kita ini tidak memberikan dampak negatif seperti bencana tersebut adalah menjaga kebersihan lingkungan.

             
       Kebersihan lingkungan adalah suatu keadaan dimana keadaan sebuah lingkungan tersebut adalah layak untuk kita tinggali, dimana kesehatan kita sebagai manusia secara fisik dapat terjaga dengan baik. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta penghidupan yang layak dan sejahtera.

                    Menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik dalam mengatasi berbagai dampak yang akan ditimbulkan jika kebersihan lingkungan tak dijaga. Seperti mencegah berbagai penyakit bermunculan, mencegah adanya bencana banjir dan lainnya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat kita mulai dari membersihkan sekolah kita tercinta ini. Apabila sekolah kita dapat terjaga kebersihannya bukan tidak tentu orang lain akan meniru apa yang kita lakukan. Dampak positif dari itupun kita dapatkan, kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita yang bersih.

Sebagai pelajar kita sebagai murid dapat melakukan beberapa cara dalam menjaga kebersihan lingkungan seperti, tidak membuang sampah sembarangan melainkan pada tempat sampah yang tersedia, menjaga kebersihan kelas dengan melaksanakan kegiatan piket secara teratur, serta tidak menaruh kemasan jajanan pada kolong meja di kelas, hal ini dapat memicu tempat tersebut menjadi sarang nyamuk. Tentunya kita semua tidaklah menginginkan kelas kita menjadi sarang nyamuk, apalagi untuk jenis Aedes Aegypti yang dapat menimbulkan penyakit demam berdarah. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama untuk menjada kebersihan lingkungan kita.

Teman teman sekalian,

                    Ada sebuah pepatah yang menyatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Maka dari itu apabila seseorang mengacuhkan atau tidak peduli terhadap kebersihan maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang memiliki iman penuh. Saya harap kita sebagai umat manusia mampu lebih giat di dalam menjaga kebersihan lingkungan kita bersama.

                    Akhir kata saya tutup pidato ini dengan mengucapkan terimakasih untuk teman-teman sekaliah yang telah berkenaan hadir. Tidak lupa juga saya ucapkan maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan di hati teman-teman sekalian. Pidato ini saya tutup dengan slam umat.

Om Santih, Santih, Santih Om

Pidato 6 :

Assalamualaikum wr.wb

                Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Surakarta, yang saya hormati Bapak Ibu guru dan karyawan SMA Negeri  5 Surakarta,  dan teman teman semua yang saya cintai. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul pada siang hari ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan. 
Maka dari itu, perkenankanlah saya menyampaikan sedikit ulasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang sangat penting guna menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Lingkungan yang sehat akan meminimalisir penyebaran penyakit dan akan memberikan kenyamanan saat berada di lingkungan tersebut.

Oleh karena itu lingkungan juga merupakan faktor pendorong keberhasilan proses belajar mengajar di kelas. Siswa dan guru akan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara efektif karena didukung oleh keadaan lingkungan yang nyaman. Maka dari itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah dimulai dari diri sendiri, seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan barang-barang di laci karena dapat menjadi sarang nyamuk.  Dengan demikian, menjaga kebersihan lingkungan menjadi sangat penting guna menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.

Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga kita semua dapat menjadi partisipan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Terimakasih atas perhatian yang hadirin berikan, apabila ada salah kata ataupun hal-hal kurang berkenan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr.wb

Pidato 7 :

Bismillahirrohmanirrohim

 

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

 

       Bapak,ibu tim penilai lomba siswa berprestasi yang saya hormati.

Teman-teman peserta lomba dan para hadirin yang berbahagia.

       Telah kita ketahui bersama bahwa kebersihan sangatlah penting dalam kehidupan kita. Kebersihan yang mliputi kebersihan keadaan, pakaian, tempat tinggal dan lingkungan sekitar kita.

       Kebersihan diri tentu terbiasa kita lakukan setiap hari. Bagaimana kita menjaga kebersihan lingkungan kita?

       Bapak, ibu dewan juri yang saya hormati, serta para hadirin yang berbahagia, marilah kita mulai dari diri kita masing-masing.

Ketika pagi hingga siang kita berada di sekolah banyak kegiatan yang di lakukan menghasilkan sampah, misalnya membeli makanan akan menyisakan bungkusnya yang berupa plastik, kertas atau daun pembungkus makanan. Apa yangharus kita lakukan?

Tentu saja kita harus mmbuang sampah pada tempat yang telah di sediakan. Jangan sampai sampah berserakan di mana-mana, nanti akan merusak keindahan sekolah. Daun-daun kering yang berjatuhan segera di bersihkan kemudian sampah itu di timbun, kalau perlu di bakar agar tidak menjadi sarang bagi tikus, lalat atau binatang penyebar penyakit lainnya.

       Bapak, ibu dewan juri yang saya hormati. Pepatah mengatakan kebersihan adalah pangkal kesehatan, yang artinya jika kita menjaga kebersihan baik badan maupun lingkungan tentu akan terwujud kesehatan jasmani maupun rohani.

       Oleh karena itu marilah kita menjaga kebersihan diri dan lingkungan agar budaya bersih tercipta dalam kehidupan kita.

       Cukup sekian dari saya, meski hanya sedikit,  semoga ada manfaatnya bagi kita semua. Jika ada tutur kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

       Sekian terima kasih. Wabillahi taufik wal hidayah

 

Wassalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Incoming search terms:

  • pidato kebersihan lingkungan kampus
  • pidato dengan tema lingkungan dan berjudul program jakarta bersih
  • perkataan mentri kesehatan tentang pentig menjaga lingkungan
  • menjaga kebersihan lingkunagan dapat dimulai dari
  • kegiatan membersihkan sekolah bertujuan agar
  • kata menumbuhkan budaya malu di lingkungan sekolah com
  • contoh pidato tentang lingkungan kampus
  • contoh pidato tentang kesadaran akan lingkungan
  • contoh pidato lingkungan kampus
  • yg telah saya lakukan untuk menerapkan kebersihan sehari hari
loading...

Leave a Reply