Pidato Memperingati Hari Kesaktian Pancasila

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia

Di pagi yang cerah ini marilah kita bersama mencurahkan rasa syukur kepada Allah Swt, karena pada kesempatan ini kita bisa hadir berkumpul di sini guna memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Hari ini tepatnyatanggai 1 Oktober…. seluruh bangsa Indonesia tidak boleh terlupakan, bahwa setiap tanggai 1 Oktober merupakan hari yang penuh dengan sejarah mendambakan persatuan dan kesatuan, hidup penuh damai, adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Saudara-saudara sebangsa setanah Air Indonesia

Kita semua telah membaca sejarah, bahwasannya partai Komunis mengadakan pemberontakan untuk memporak -porandakan negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila, tepatnya 30 September 1965. Memang partai Komunis Indonesia mempunyai tujuan ingin mengganti ideologi negara Pancasila dengan ideologi Komunis. Suatu kepercayaan yang tidak mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa, dalam hal ini tentunya tidak sesuai dengan ideologi Pancasila, dan juga menyimpang dari ajaran agama Islam.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia

Tapi kita hendak bersyukur kepada Allah Swt, karena rahmat-Nya yang Maha Kuasa telah diberikan bangsa Indonesia, sehingga dengan rasa persatuan dan kesatuan TNI bersama masyarakat akan yang setia kepada Pancasila,maka rencana yang jahat yakni PKI bisa dihancurkan dengan waktu yang singkat dibawa pimpinan Bapak Soeharto.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia

Dengan demikian geroroobolan PKI serta antek-anteknya hancur di tanah tercinta berkat kesiapan dan kebersatuan bangsa Indonesia. Bahkan sampai sekarang jangan sampai paham-paham komunis tumbuh di negara Indonesia tercinta.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia yang tercinta.

Ternyata langkah PKI tersebut sama sekali tidak diizinkan oleh Allah, tidak diridhai-Nya, karena menyimpang dari falsafah Pancasila dan syariat Islam. Kita bangsa Indonesia haruslah mengakui, bahwasannya Pancasila itu sakti karena telah diridhai oleh Allah Swt, terbukti diombang-ambingkan oleh PKI tetap sakti tidak berubah sedikitpun. Dengah,peristiwa yang begitu nyaris, maka hal ini sesuai dengan janji Allah sebagaimana yang termuat dalam firman Allah yang artinya :

Katakanlah hai Muhammad Bahwa yang benar (haq) itu telah datang, dan yang- bathil itu telah lenyap. Sesungguh-nya yang bathil itu pasti lenyap.

Saudara-saudara sebangsa setanah air Indonesia, yang berbahagia..

Kita harus yakin atas janji Allah tersebut, akan tetapi kita harus berusaha dengan usaha tersebut, tidak boleh hanya mengandalkan, dalam hal menghabisi PKI. Tanpa adanya kesiapan dan kebersatuan TNI, masyarakat yang setia dengan Pancasila, maka jangan berharap, menjadi realita seperti sekarang ini, yakni PKI terkikis habis dari bumi Indonesia.

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam pidatopada peringatan hari Kesaktian Pancasila. Mudah-mudahan Pancasila tetap kokoh untuk selamanya,- Mudah-mudahan bangsa, Indonesia tetap jaya selamanya dengan falsafah Pancasila. Kurang lebihnya pembicaraan kami mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

 

Incoming search terms:

  • pidato bahasa jawa tema pengetan dinten kesaktian pancasila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>