Pidato Globalisasi : Yang Terhormat Bapak/Ibu Dewan Juri,

Assalamualaikum Wr Wb

Yang terhormat Bapak/Ibu Dewan Juri,

Dan teman-teman semua yang saya sayangi,

Pertama-tama, marilah kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena hanya atas perkenanNya, kita semua dapat hadir pagi hari ini. Pada kesempatan kali ini, saya akan berpidato mengenai Dampak Globalisasi Melalui Internet Terhadap Iman dan Taqwa Siswa Sekolah

Di era gobalisasi seperti sekarang ini banyak bermunculan teknologi-teknologi canggih yang tersebar rata di seluruh dunia. Globalisasi berdampak sangat besar pada perkembangan pendidikan di dunia. Jika dulu seseorang harus pergi ke perpustakaan untuk memeperoleh ilmu tambahan, atau pun pergi ke toko buku untuk membeli buku yang ingin dipelajari, maka sekarang semua itu hampir tidak perlu lagi, sebab bisa kita dapatkan dengan mudah melalui media internet. Menggunakan media internet berbagai informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Saat ini pengunaan internet oleh anak-anak terutama siswa SD tidak dipergunakan untuk mencari materi belajar, namun mereka sering menyalah gunakan internet. Seperti menggunakan internet untuk mencari hal-hal yang tidak layak untuk mereka baca atau tonton yang diperuntukkan orang dewasa. Berbagai hal yang disediakan di Internet salah satunya permainan dalam game online dapat membuat anak-anak tersebut kecanduan, sehingga mereka melupakan kewajibannya sebagai seorang murid dan anak.

Dalam hal menghindari pengaruh buruk Globalisasi, melalui pendidikan agama baik di lingkungan keluarga maupun sekolah yang kuat anak-anak dapat secara alami membatasi setiap informasi yang mereka dapat dari internet, tanpa terpengaruh dampak negative dari internet.

Hadirin yang saya hormati,

Santen parutan kelopo, Cekap semanten atur kulo

Numpak sepur gowo tali, Mbok bilih wonten klenta-klentunipun atur kulo

kulo nyuwun agunging pangaksami, Wassalamualaikum WR. Wb

Leave a Reply