Pidato : Rizky Nabila Diani

Rizky Nabila Diani

2013/345759/KU/15670

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak/Ibu serta teman teman yang saya sayangi,

Pertama tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatnya lah kita dapat berkumpul di sini. Shalawat serta salam juga tidak lupa kita panjatkan kepada Rasulullah Muhammad SAW, beserta para keluarga, sahabta, dan pengikut Beliau hingga akhir zaman nanti.

Hari ini , saya akan menyampaikan pidato mengenai kondisi lingkungan kita. Ada beberapa poin yang saya ingin sampaikan kepada anda semua , Apa yang terjadi dengan lingkungan kita , bagaimana hal itu bisa terjadi dan apa penyebabnya , kemudian bagaimana solusinya .

 Seperti kita semua tahu , bahwa keadaan bumi kita sampai sekarang ini mulai memburuk atau mungkin telah memburuk . Hampir setiap hari kita mendengar berita tentang illegal – logging yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak memiliki kepedulian terhadap kelestarian lingkungan . Sungguh hati ini merasa sangat prihatin atas kebiasaan buruk yang dilakukan oleh orang-orang atas nama bisnis dan kemudian menimpa pelestarian hutan yang dipercayakan anak cucu kita nanti.

Berapa ribu meter kubik hutan yang telah mereka tebangi. Hal ini menyebabkan proses penyerapan karbon dioksida tidak bisa optimal dan akan mempercepat pemanasan global . Sementara, setelah mereka meninggalkan lahan yang keadaannya sudah kritis, tanpa penanaman kembali, keadaan seperti inilah yang nantinya bisa mengancam generasi kita dimasa mendatang dengan kemungkinan bencana banjir yang siap mengancam setiap saat. Di sisi lain , hal ini mengakibatkan penurunan populasi hewan di hutan , terutama hewan yang dilindungi , mereka semua beresiko mengalami kepunahan akibat tempat tinggal mereka yang sudah tiada.

Seperti yang kita tahu bahwa di era sekarang ini tidak dipungkiri lagi bahwa semua aktivitas yang dilakukan masyarakat modern sangat tergantung pada ketersediaan energi . Hampir di semua sektor kegiatan , energi menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa ditawar-tawar . Oleh karena itu, kemajuan suatu negara akan sangat terkait dengan kecukupan ketersediaan energi di negara tersebut . Sebut saja negara-negara maju seperti Amerika , Jepang , dan negara-negara Eropa lainnya , dan bahkan Korea .

Memang benar bahwa ketersediaan energi sangat penting dan di negara-negara yang cukup untuk melakukan kegiatan di berbagai bidang yang bisa diandalkan untuk pembangunan bangsa dan negara . Tapi pertanyaannya adalah " Apakah cara mereka sudah benar , pengusaha atau pemerintahnya , dalam menyediakan energi ini? Beberapa pengusaha atau pemerintah tidak berpikir atau tidak memperhatikan faktor kelestarian lingkungan di masa depan , seperti " Apa dampak atau hasil di masa mendatang nanti jika saya melakukan kegiatan ini atau proyek ini ? "

Lalu, orang-orang yang tidak peduli tentang kebersihan , seperti membuang sampah tidak pada tempatnya . Sampah ini menghasilkan gas metana . Dengan jumlah sampah yang banyak, maka limbah tersebut akan memancarkan gas metana dengan 9500 ton / tahun . Dengan demikian , dalam limbah perkotaan yang merupakan sektor yang sangat potensial , mempercepat proses pemanasan global .

Ini semua adalah karya dari orang yang tidak peduli atau tidak mengerti apa yang terjadi dengan lingkungannya , pemerintah egois yang tidak berpikir apa yang terjadi di masa depan , orang-orang yang serakah dan boros dalam memanfaatkan potensi lingkungan dan penggunaan energi .

Dan ini mengakibatkan pemanasan global seperti temperatur meningkat , permukaan air laut naik yang bisa menenggelamkan pulau-pulau kecil dan tanah di sekitar pantai , perubahan iklim , yang sekarang terjadi di beberapa tempat termasuk di negeri ini , tentang beberapa hujan asam .

Banjir meluap di mana-mana , penggundulan hutan yang tidak terkendali , penipisan lapisan ozon , polusi di semua tempat , es mencair di kutub , kepunahan hewan atau habibat di hutan akibat dari tangan orang-orang yang tidak peduli terhadap lingkungan , hanya mengutamakan kepentingan dari dirinya sendiri , misalnya seperti berita mengenai pembantaian orangutan .

Sekarang sudah saatnya kita memanfaatkan bahan bakar nonfosil untuk berbagai keperluan seperti untuk pembangkit listrik . Jadi selain untuk berpartisipasi dalam upaya melestarikan lingkungan global , membuang sampah pada tempatnya , menggunakan energi seefisien mungkin , melestarikan dan melindungi habitat yang ada di bumi , hindarkanlah illegal logging . Mari kita menjaga lingkungan bersama-sama , menjaga kelestariannya , jangan pernah merusak dan mencemari lingkungan . Ingat kata-kata ini dan menjadi seperti orang yang dimaksud dalam kata ini , " Kamu akan selalu dikenang karena perbuatanmu , bukan oleh kata-katamu " .

Saya kira hanya ini yang dapat saya sampaikan, bila ada kelebihan semata mata berasal dari Tuhan, dan apabila ada kesalahan asalnya dari kami dan mohon dimaafkan. Terima kasih.

Wassalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Leave a Reply