Pidato : Bapak/Ibu Guru Yang Saya Hormati, Teman-teman Yang

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bapak/Ibu Guru yang saya hormati, teman-teman yang saya sayangi. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat dan sempat kepada kita semua, sehingga kita bisa berkumpul di sini tanpa halangan suatu apapun.

Di sini saya akan menyampaikan pidato tentang Budaya Daerah yang memperkaya Budaya Nasional. Di negara kita ini memiliki beraneka ragam budaya daerah, dari berbagai wilayah. Dari Sabang sampai Merauke, kebudayaan daerahnya memiliki ciri khas masing-masing yang unik dan menarik. Dilihat dari seni daerah, alat musik, adat istiadat, tari-tarian dan juga lagu-lagunya.

Namun, tak sedikit dari kita yang belum menyadari betapa indahnya budaya daerah hingga diri kita tak mampu menguasai dengan baik. Bahkan budaya daerah kita diambil oleh negara lain. Padahal, budaya kita tak ternilai harganya. Budaya kita harus kita jaga dan lestarikan agar tidak hilang sia-sia dan diambil negara lain.

Sangat disayangkan, bila budaya kita hilang begitu saja karena kita tak ingin mempelajarinya. Bukankah sangat bermanfaat bila kita bersedia mempelajarinya dan mengajarkan kepada generasi berikutnya.

Beragam budaya dari wilayah Indonesia akan memperkaya budaya nasional. Karena budaya daerah yang kita miliki sangat berharga dan pantas untuk diperjuangkan.

Dilihat dari segi keindahan, corak kebudayaan di Indonesia memiliki keserasian yang mempesona. Dari tari-tarian, terangkai gerakan yang indah dan menarik. Kesenian tiap daerah yang unik dan menarik. Lagu-lagu daerah dengan bahasa daerahnya semakin menambah kekayaan Indonesia. Berbagai macam jenis alat musik dan adat istiadat di tiap daerah memiliki nilai kesenian dan keindahan yang luar biasa.

Setidaknya sebagai warga yang baik kita harus bisa melestarikannya. Mengajarkan kebudayaan itu kepada generasi berikut. Menjaganya agar tidak diambil oleh negara asing yang seenaknya saja mengklaim kebudayaan milik kita.

Dengan adanya kesadaran kita yang senantiasa menjaga dan melestarikan budaya daerah dapat bermanfaat. Terutama dapat memperkaya budaya nasional.

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Bila ada salah dan kurangnya, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Incoming search terms:

  • Pidato tentang adat istiadat
  • Pidato tema adat istiadat
  • pidato ragam budaya nasional
  • contoh narasi pidato singkat tentang adat
loading...

Leave a Reply