Pidato : Bapak

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bapak bapak, ibu ibu, saudara saudara,

Se bangsa dan Se Tanah Air

MERDEKA

Hari ini / malam ini atau besok pagi kita bersama memperingati salah satu Hari Besar Nasional, yakni Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ke 68

Dengan kita memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi yang ke 68, berarti kita telah menikmati Kemerdekaan selama 68 tahun. Diukur dari sejarah Negara kita sejak zaman dahulu, waktu 68 tahun merupakan sedetik waktu yang relative pendek, tapi bila diukur dengan perkembangan dan pergerakan generasi , maka 68 tahun kiranya telah dewasalah bagi kita hidup bernegara ini. Bapak bapak, ibu ibu, Saudara saudara, Se bangsa dan Se Tanah Air. Sebagaimana telah kita maklumi, bahwa pada tanggal 17 agustus 1945 jam 10.00 pagi telah diproklamasikanlah Kemerdekaan Indonesia, di Jakarta.

Dengan proklamasi itu, maka Bangsa Indonesia sejak itu menyatakan ke seluruh penjuru Dunia atas Hak Asasinya, yakni : MERDEKA. Dalam arti Kemerdekaan Nasional telah kita capai.

Kemerdekaan tersebut bukan hadiah dari siapapun, melainkan hasil perjuangan Bangsa Indonesia sendiri, yang sebelumnya telah diawali oleh perlawanan perlawanan para Pahlawan Nasional kita, kemudian dilanjutkan melalui perjuangan politik sejak lahirnya Budi Utomo dan seterusnya.

Dalam Kemerdekaan yang telah kita capai, kita akan atur penyelenggaraan Negaranya, dengan berlandasan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945, dimana kita bertujuan masyarakat adil dan makmur, materiil maupun spirituil.

Untuk itulah, maka perlu dilaksanakan suatu pembangunan Nasional yang menyeluruh, baik pembangunan phisik, maupun pembangunan mental spiritual.

Kini, 68 tahun kita merdeka, dengan melalui liku liku perjuangan, suka duka selama Revolusi phisik, Romantika dan dramatikanya perjuangan, sampailah kita pada tahun 2013 ini.

Kewajiban kita adalah menyalakan terus api dari semangat dan jiwa 45, yakni Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe, kerelaan berkorban, sikap suka bekerja keras dalam rangka pengisian Kemerdekaan ini.

Kemakmuran tiada datang dengan sendirinya tanpa melalui tangan tangan manusia yang terampil, penuh pengabdian dan tanggung jawab.

Akhirnya, kami sambut Hari Ulang Tahun / HUT Prokamasi 17 agustus 2013, dengan semangat yang berkobar kobar dalam ikut mensukseskan Pembangunan Nasional.

Sekian, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberi taufik dan hidayah , amien.

Sekali Merdeka, tetap Merdeka

Wassalamuaikum Wr. Wb.

Karanganyar, 16 agustus 2013

Leave a Reply