Pidato 8 Sifat Kepemimpinan Prof Stud

Banyak sekali cara agar karier kita berkembang dengan baik, yaitu dengan memiliki sikap-sikap kepemimpinan. Sikap-sikap kepemimpinan yang dapat mengembangkan karier kita, diantaranya kekuasaan dan kewibawaan, jujur dan adil, pandai dan ahli, demokratis dan persuatif.

Dengan memiliki sikap kekuasaan dan kewibawaan, maka kita akan menjadi seseorang yang dapat memberikan keputusan sehingga kita dapat menggerakkan bawahan. Jika kita memiliki sikap tersebut niscaya orang lain akan segan kepada kita.

Jujur dan adil adalah sikap yang perlu dimiliki agar karier kita berkembang, contohnya jika kita menjadi orang kepercayaan di dalam suatu perusahaan, kita harus jujur tentang kondisi perusahaan tersebut tanpa menutupi satu hal pun. Sedangkan adil, contohnya jika kita menjadi atasan, kita harus memperlakukan semua orang dengan sama, tidak boleh mengistimewakan sebagian orang saja.

Pandai dan ahli, yaitu menunjukkan kelebihan dalam ilmu pengetahuan dan keterampilan. Contohnya, B.J. Habibie. Beliau berhasil membuat rumus tentang kemiringan pesawat, dan sampai saat ini jika ada institusi yang menggunakan rumus tersebut, maka merejka harus membayar loyalty sebesar 5% kepada Habibie. Dengan kata lain beliau bisa mengaplikasikan gelar professor, doctor, insinyurnya.

Demokratis dan persuatif, yaitu memberikan kebebasan dan menyemangati orang lain/bawahan. Kita memberikan bawahan itu kebebasan tetapi dengan batasan norma-norma yang berlaku. Contohnya kita harus berperan aktif agar tujuan yang telah ditetapkan bersama dapat tercapai, dan jika ada bawahan kita yang terlihat lesu, maka hendaknya kita memberikan support supaya lebih semangat lagi dalam bekerja.

Nama:M. Alam Agung

NIM:2007110140

Kelas:MC11-1B

Leave a Reply