Pidato Bahasa Indonesia : Ibu Guru Yang Saya Hormati

Ibu guru yang saya hormati
Serta teman teman yang saya banggakan sebagai generasi penerus bangsa
ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
      Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas berkat dan Rahmat Hidayah-Nyalah sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang mubaraqah ini.. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan membawakan sebuah pidato yang berjudul :
REMAJA SUKSES MENUJU MASA DEPAN BANGSA
    Generasi muda atau remaja adalah potensi yang paling penting yang bisa dikembangkan dalam negara kita. Masa depan suatu bangsa terletak pada generasi mudanya sebab merekalah yang menggantikan generasi sebelumnya dalam memimpin suatu bangsa. Oleh karena itu, generasi muda perlu diberi bekal berupa ilmu pengetahuan sesuai dengan tuntunan zaman. Salah satu cara dalam memperoleh bekal pengetahuan tersebut dapat melalui pendidikan baik formal maupun nonformal, baik itu pendidikan dasar maupun pendidikan tinggi.
Karena bagian dari kehidupan masyarakat dan bangsa, remaja senantiasa dihadapkan oleh berbagai problema kemasyarakatan dan kebangsaan. Kepedulian remaja terhadap berbagi masalah tersebut akan sangat dibutuhkan mengingat bahwa peran remaja sebagai generasi penerus atau tulang punggung bangsa. Dahulu, pada zaman penjajahan, tidak ada diantara kita yang tidak mengalami masa-masa yang sulit, yang berbahaya, yang penuh dengan penderitaan dan pengorbanan.
Hadere mallebi iyya engka ri onronge,
Kalloloe enrengnge tau loloe umuruna wajimacueri iyarega pajokkai pembangunangnge. Makkutoparo kalloloe riwerengngi jama jamang pajokkai enrngnge patterui pembangunange, gangkanna parellu ripikkiriki asicocokkenna pembaharuangnge iyarega papakabaruange, sibawa kaadaanna iyarega lingkunganna masyaraka engkae risesena.
Narimakuannanaro kalloloe parellui riwerengi paddisengeng matteru namaega. Sarekuammengi wedding napallaiseng iya wedding iroba iyarega nade nawedding iroba. Makkutoparo parellu toi ripikkiriki accuwerenna masyarakae pajokkai nenniya pegaui riyasengnge PERUBAHAN. Narimakuanaro wasselena sicocoi iyya riakkataiyye. Nasicocoi rilalenna adanna ugie TELLELE BULU TELLELE ABBIASANG
Teman-teman yang saya cintai,
Jika kita bertanya kepada orang yang termasuk kepada remaja, apakah yang ingin diraih didalam kehidupannya? Tentu jawabannya tidak lain adalah menjadi orang yang sukses yang bisa membawa perubahan yang positif didalam negaranya sendiri.  Ketika remaja sadar bahwa dirinya menjadi tumpuan harapan orang tua, masyarakat dan bangsa, remaja dituntut untuk membuat perencanaan yang terukur dan rasional dalam menjalani kehidupannya agar menjadi remaja yang sukses menuju masa depan bangsa.
Dear Ladies and Gentlement,
And All my beloved brothers and sisters who come in this place,
The young generation has a central position or status in society. They will be the heir of public life, people, and nation. Therefore, the young generation is often referred to future generations the ideals and the struggle of our country.  Given the important role and a very strategic position in the youth as the future successor to the nation, the hope of future glory and winning the nation is a nation that can compete with other nations hung on the young generation’s self. On the other hand, sometimes a sense of doubt and self-alienation in the social life of teenagers from the community and nation, in which teens feel that the society and nation can not accept the presence of teenagers.

Teman teman yang saya banggakan sebagai generasi muda bangsa Indonesia,
Jadi bisa kita mengambil suatu kesimpulan bahwa remaja sebagai penerus estafet merupakan the Hope of nation atau harapan bangsa  yang menentukan masa depan. Semakin baik kualitas generasi muda secara otomatis akan menjadi semakin baik suatu bangsa atau negara kita. Dan sebagai potensi yang besar generasi penerus juga harus terus meningkatkan daya saing. Lebih-lebih di era globalisasi yang sangat erat kaitannya dengan persaingan dan tantangan dan segenap generasi muda diharapkan dapat menjadi tauladan dalam mempertahankan nilai, jati diri, dan karakter bangsa. Terus menanamkan sikap optimisme didalam masyarakat.  Generasi muda harus menjadi pelopor dalam menjaga dan memperkuat kemandirian bangsa.
Didalam Al-Quran juga ada kaitannya dengan hal ini, dalam Surah Al Mujadilah ayat 11

Artinya :  Allah akan meninggikan orang orang yang beriman di antaramu dan orang- orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah  Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Ibu guru, serta teman teman yang saya cintai,
Anak ayam turun sepuluh
Mati satu tinggal sembilan
Tuntut ilmu bersungguh sungguh
Jangan satu pun ketinggalan
Cukup sekian yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat diaplikasikannya dalam kehidupan kita. Mohon maaf bila ada kata kata yang tidak berkenan di hati. Akhir kata saya ucapkan
WABILLAHI TAUFIQ WAL HIDAYAH WARIDHO WAL INAYAH
WASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

Dear Ladies dan Gentlement,
Dan Semua saudara terkasih yang datang di tempat ini,
Generasi muda memiliki posisi sentral atau status dalam masyarakat. Mereka akan menjadi pewaris dari kehidupan publik, orang, dan bangsa. Oleh karena itu, generasi muda sering disebut generasi mendatang cita-cita dan perjuangan dari negara kita. Mengingat peran penting dan posisi yang sangat strategis dalam pemuda sebagai penerus masa depan bangsa, harapan kemuliaan masa depan dan memenangkan bangsa adalah bangsa yang dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain tergantung pada diri generasi muda. Di sisi lain, kadang-kadang rasa keraguan dan pengasingan diri dalam kehidupan sosial remaja dari masyarakat dan bangsa, di mana remaja merasa bahwa masyarakat dan bangsa tidak bisa menerima kehadi

Incoming search terms:

  • yang saya hormati untuk pidato bahasa indonesia praktek
  • orang yang saya hormati
  • pidato tentang bangkitlah generasi muda bangsa
loading...

Leave a Reply