Pidato Maulid Nabi : TEKS MUHAMMAD SAW UNTUK ANAK S.D

TEKS MAULID NABI MUHAMMAD SAW UNTUK ANAK S.D
.
GREETINGS FOR THE ANSWER, I pray IN HEAVEN, FOR THAT IS NOT ANSWERED SALAM, I pray . NOT IN THE WIND
TAHU TIDAK TEMAN-TEMAN ARTINYA..
Bagi yang menjawab salam, saya doakan masuk surga,
Bagi yang tidak menjawab salam, saya doakan tidak masuk.angin
.
TERIMA KASIH. INSYA ALLAH SEMUANYA MASUK SURGA. AMIN..
. : .: .

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah dan jajarannya
Yang terhormat Dewan Guru dan Para Wali Kelas.
Bapak-bapak, ibu-ibu, teman-teman dan kakak-kakan kelas yang saya cintai.
Saya di sini akan menyampaikan ceramah tentang Maulid Nabi Muhammad SAW. SETUJU ?. BOLEH ?. TERIMA KASIH.
Sebelumnya saya mau bertanya dulu: Kenapa kita selalu memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, sedangkan wafatnya tidak pernah kita peringati?. Seperti halnya yang kita tahu kalau ada yang meninggal dunia ada acara 7 hari, 40 hari, 100 hari dan seterusnya. Sekali lagi: Kenapa kita selalu memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, sedangkan wafatnya tidak pernah kita peringati?. Ayo yang bisa menjawab akan dikasih hadiah, Cuma ngambil sendiri di Arab.JAWABANNYA ADALAH: karena Keteladanan Nabi Muhammad SAW selalu hidup di hati-hati kaum muslimin. BETUUL?. Contoh keteladanan nabi: Nabi kita Muhammad SAW : Selalu berkata jujur dan benar, tidak pernah berbohong dan tidak pernah merugikan orang lain; Nabi kita selalu menyampaikan dan mengajaak hal-hal positif dan bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun orang banyak; Nabi kita tidak pernah mengajarkan atau mengajak untuk perbuatan yang merugikan dan meresahkan masyarakat. Nabi kita selalu menggunakan kata-kata dan prilaku sopan; suka bertegur sapa dan selalu diawali dengan salam. Kalau melakukan kesalahan yang tidak sengaja cepat-cepat minta maaf atau istighfar. Dengan kata lain: Nabi selalu ingat dan takut kepada Allah SWT. Sehingga Nabi Kita Muhammad SAW menyuruh kepada kita dalam salah satu haditsnya:

Takutlah kamu kepada Allah dimanapun kamu berada, dan hendaklah jika melakukan kesalahan maka bersegeralah berbuat kebaikan supaya kesalahan itu dihapus dosanya, dan bergaullah dengan sesama manusia dengan berakhlak mulia.
Kata teman-teman SMP 3 Rancaekek:
Fear Allah and wherever you are, if you make a mistake and let then made haste to do good so that it removed his mistake, and hang out with fellow human beings with noble.
Sedangkan tujuan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW adalah untuk mengingatkan umat Islam supaya selalu mengikuti akhlak Nabi Muhammad SAW. BETUUL?. Hal ini sebagaimana di jelaskan dalam al-Quran Surat al-Ahzab ayat 21 yang berbunyi:

Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu sekalian, yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan datangnya hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.
HAS EXISTED IN THE PROPHET HIMSELF WAS A GOOD ROLE MODEL FOR YOU ALL, THAT IS FOR PEOPLE WHO EXPECT THE GRACE OF GOD AND THE DAY OF RESURRECTION AND ALLAH MUCH.
Bapak-bapak, ibu-ibu dan teman-teman yang saya cintai
Bulan Rabiul Awal adalah bulan kelahiran manusia pilihan Allah SWT, yaitu Nabi kita Muhammad SAW. Beliau adalah manusia paling terhormat yang mempunyai akal dan ahlak yang paling sempurna. Kenapa Allah menciptakan demikian? Karena kelahiran dan kehadiran Nabi Muhammad SAW dengan berbagai kesempurnaan itu dimaksudkan agar menjadi panutan dan teladan bagi seluruh umat manusia di dunia ini. LERES IBU-IBU BAPAK-BAPAK TEMAN2?. Selain itu,tanggal 12 Bulan Rabiul Awal sebagai bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah merupakan bulan penuh cahaya, karena cahaya atau nur Muhammad itu telah diciptakan Allah sebelum Nabi Adam AS diciptakan, bahkan sebelum alam semesta ini pun disiptakan. Cahaya Nabi Muhammad SAW diciptakan dari nur Allah, dan dari cahaya Nabi Muhammad SAW, Allah menciptakan alam semesta ini. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits qudsi atau firman Allah yang tidak ditulis dalam al-Quran:

Seandainya tidak karena engkau. Seandainya tidak karena engkau Wahai Muhammad, tentu Aku (Allah) tidak akan menciptakan alam semesta ini.
IF I DID NOT CREATE YOU..IF I DID NOT CREATE YOU , OMUHAMMAD, I WOULD NOT CREATE THIS WORLD
Oleh karena itu wahai teman-teman, mari kita jadikan Bulan Rabiul Awal sebagai bulan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang kita cintai dan tentunya kita dapat mengambil pelajaran berharga dari sejarah kehidupannya. Berapa banyak anak-anak muslim yang tidak mengetahui kehidupan Nabi Muhammad SAW dan para shahabatnya. Mereka tidak mengetahui nama-nama keluarga Nabi Muhammad, justru mereka lebih mengenal keluarga artis apalagi artis idolanya. Mereka tidak mengenal nama-nama tokoh Islam dan para pahlawannya, mereka lebih hapal nama-nama tokoh film kartun. BETUL TEMAN-TEMAN. Akibatnya mereka tidak bisa membedakan mana yang harus menjadi TUNTUNAN DAN MANA YANG MENJADI TONTONAN, tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah, tidak bisa membedakan mana orang yang baik dan mana orang yang jahat. Apakah sifat yang demikian itu termasuk orang-orang yang cinta kepada nabinya?. JAWABANNYA DALAM HATI SAJA YAA. Sementara Allah SWT telah mengingatkan kepada kita semua dalam surat Ali Imran ayat 31 dan 32 yang berbunyi:

Katakanlah: Jika kamu sekalian benar-benar mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Katakanlah: Taatilah Allah dan Rasul-Nya, jika kamu sekalian berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir.
SAY: IF YOU DO LOVE ALLAH, FOLLOW ME, ALLAH WILL LOVE YOU AND FORGIVE YOUR SINS. ALLAH IS FORGIVING, MERCIFUL.
SAY: OBEY ALLAH AND HIS MESSENGER, IF YOU TURN BACK, ALLAH LOVETH NOT THE DISBELIEVERS.
Hadirin hadirat yang sama-sama mengharapkan ridla dan ampunan Allah
Kalau kita perhatikan kehidupan sekarang ini, sudah banyak terjadi krisis keteladanan, krisis kejujuran dan krisis akhlak; baik dalam keluarga, masyarakat maupun dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu pada kesempatan ini, Fitria yang masih kecil, membereranikan diri mengajak: Marilah kita mulai menjadi figur yang patut diteladani oleh keluarga dan masyarakat di mana pun kita berada. Karena apabila kita telah kehilangan keteladanan, kejujuran dan akhlakul karimah, akibatnya kehidupan ini akan kacau balau, tidak tenang, saling iri, saling dendam dan sebagainya. Sehingga pantaslah Nabi Muhammad SAW bersabda:

Contoh nyata lebih utama dari pada banyak bicara.
CONCRETE EXAMPLES OF THE MORE MAINSTREAM THAN A LOT OF TALK.
Dan marilah kita semua berusaha dengan segala kemampuan yang kita miliki untuk selalu menjadi orang yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama; jangan sampai kita menjadi sampah masyarakat karena akhlak kita yang tidak terpuji. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits:

Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling banyak kontribusinya terhadap masyarakat.
THE BEST OF MAN IS ONE OF THE MOST CONTRIBUTION TO THE COMMUNITY
Marilah kita semua berdoa kepada Allah, semoga kita mampu meneladani perilaku Nabi Muhammad SAW. Dan semoga kita senantiasa berada dalam bimbingan dan ampunan Allah SWT. Amin. Marilah kita merenung sejenak dengan syair al-Itirof / pengakuan banyak dosa. BARENG-BARENG YUU:

#
2. #
3. #
4. #
5. #
6. #
1. Wahai Tuhan kami, sesungguhnya kami tidak pantas sebagai penghuni Surga Firdaus; akan tetapi kami tidak akan kuat menempati Neraka Jahim.
2. Oleh sebab itu, terimalah taubat kami dan ampunilah dosa-dosa kami; karena sesungguhnya Engkau adalah Tuhan Maha Pengampun.
3. Wahai Tuhan Yang Maha Mulia, dosa-dosa kami laksana bilangan pasir di gurun sahara; semoga kiranya Engkau berkenan menerima taubat kami.
4. Jatah umur kami setiap hari makin berkurang, sedangkan dosa-dosa kami justru semakin bertambah. Bagaimana mungkin kami bisa memikulnya
5. Wahai Tuhan kami, hambamu yang suka bermaksiat bersimpuh keharibaanmu seraya mengakui dosa-dosa yang telah diperbuat dan memohon ampunanmu.
6. Seandainya Engkau berkenan mengampuni dosa-dosa kami, maka sesungguhnya Engkau adalah Maha Pengampun; dan seandainya Engkau menolak permohonan kami, maka kepada siapa kami memohon ampunan.
Cukup sekian pidato saya, jika ada kesalahan dan kekurangannya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
. . . . .

Assalamu alaikum wr wb
Bismillahirrohmaanirrahiim. Alhamdu lillahi robbil alamiin. Washolaatu wasalaamu ala asrofil anbiyaa-i wal mursaliin. Sayyidinaa wamaulana Muhammadin. Wa ala ash-haabi ajmain.

 Qolallahu taala fil quranil kariim, audzubillahi minasyaithoni rojim. Laqod kaana lakum fii rosulillahi uswatun hasanah liman kaana yarjullohi wal yaumil akhir wadzakarollohu katsiiro

 Yang kami muliakan para alim. Yang kami hormati segenap panitia peringatan Maulid Nabi Muhammad dan Bapak, Ibu, hadirin sekalian yang dimuliakan Allah.

Tiada yang lebih pantas untuk disampaikan, kecuali rasa syukur kita ke hadirat Allah SWT atas kemurahan-Nya, hingga saat ini kita semua masih mendapatkan nikmat iman dan Islam. Semoga kedua nikmat terbesar ini dapat kita raih hingga akhir hayat kita. Amin, ya robbal alamin.

 Shalawat dan salam semoga tetap atas Rasul Muhammad SAW, manusia terbaik. Teriring doa semoga kita selalu dapat meneladaninya. Amin.

Assalamu’alaikuw Wr.Wb. 

Alhamdulillahirobbil’alamin,wabihi nasta’inu ‘ala umuriddunya waddin wa’ala alihi waashabihi ajma’in, amma ba’du. 

Saudara-saudara sekalian yang dimuliakan Allah. 

Di dalam malam yang penuh dengan kebahagiaan ini marilah kita terlebih dahulu mengucapkan rasa syukur kita kepada Allah swt, atas karunia nikmat dan hidayah-Nya hingga detik ini kita masih dipertemukan kembali dalam acara ini dan tiada halangan suatu apapun. Semoga kita menjadi hamba Allah yang benar-benarberiman dan bertaqwa kepada-Nya amin. 

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, dimana beliulah yang telah membimbin umat manusia dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang seperti sekarang ini, yakni dengan membawa misinya agama Islam. Dan mudah-mudahan kita sebagi umatnya yang benar-benar setia terhadap ajaran yang telah dibawanya. 

Saudara sekalian yang dimuliakan Allah.Di dalam sejarah agama Islam telah dijelaskan mengenai kelahiran Nabi Muhammad saw, yaitu tepatnya pada tanggal 12 Rabi’ul awwal, tahun gajah. Atau bersamaan dengan tanggal 20 April tahun 571 Masehi. mengapa hari kelahiran Nabi dinamakan dengan tahun gajah, karena pada tahun itu kota Mekkah diserang oleh tentara Nashrani yang dipimpin oleh Raja abraham dengan mengendarai gajah. Akan tetapi maksud mereka itu belum berhasil, mereka telah dibinasahkan oleh Allah swt, dengan perantara burung ababil yang berupaya melempari batu yang berasal dari neraka. 

Saudara sekalian yang dimulyakan Allah. 

dan didalam peringatan tahun ini, marilah kita benar-benar mencari akan hikmah yang terkandung di dalamnya, yakni pada diri Nabi saw. Adalah merupakan uswatun khasanah bagi seluruh umat manusia di penjuru dunia, khusunya kita sekalian yang hadir ditempat ini. kita telah mengetahui akan kepribadian beliau, baik tutur katanya, perbuatannya semua mulia. oleh karenanya maka, marilah kita berupaya mencontoh dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari akan keluhuran dan kemuliaan akhlak beliau saw. Dengan mengamalkan hak tersebut, maka kita sekalian akan meraih kebahagiaa, baik kini di dunia ataupun di akhirat. 

Saudaraku sekalian yang dimuliakan Allah 

Di dalam Al-qur’an tepatnya pada surat Al Ahzab, ayat 21 Allah swt berfirman, yang artinya: "Sesungguhnya Rasululloh saw, menjadi suri tauladan yang baik bagi kamu, dan untuk orang-orang yang mengharapkan menjumpai Allah dan hari kiamat, dan yang ingat akan Allah sebanyak-banyaknya". 

Akhirnya demikianlah pidato sambutan ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita sekalian. Apabila terdapat kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Wabilahitaufik wal hidayah, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Assalamu’alaikuw Wr.Wb. 

Alhamdulillahirobbil’alamin,wabihi nasta’inu ‘ala umuriddunya waddin wa’ala alihi waashabihi ajma’in, amma ba’du. 

Saudara-saudara sekalian yang dimuliakan Allah. 

Di dalam malam yang penuh dengan kebahagiaan ini marilah kita terlebih dahulu mengucapkan rasa syukur kita kepada Allah swt, atas karunia nikmat dan hidayah-Nya hingga detik ini kita masih dipertemukan kembali dalam acara ini dan tiada halangan suatu apapun. Semoga kita menjadi hamba Allah yang benar-benarberiman dan bertaqwa kepada-Nya amin. 

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, dimana beliulah yang telah membimbin umat manusia dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang seperti sekarang ini, yakni dengan membawa misinya agama Islam. Dan mudah-mudahan kita sebagi umatnya yang benar-benar setia terhadap ajaran yang telah dibawanya. 

Saudara sekalian yang dimuliakan Allah.Di dalam sejarah agama Islam telah dijelaskan mengenai kelahiran Nabi Muhammad saw, yaitu tepatnya pada tanggal 12 Rabi’ul awwal, tahun gajah. Atau bersamaan dengan tanggal 20 April tahun 571 Masehi. mengapa hari kelahiran Nabi dinamakan dengan tahun gajah, karena pada tahun itu kota Mekkah diserang oleh tentara Nashrani yang dipimpin oleh Raja abraham dengan mengendarai gajah. Akan tetapi maksud mereka itu belum berhasil, mereka telah dibinasahkan oleh Allah swt, dengan perantara burung ababil yang berupaya melempari batu yang berasal dari neraka. 

Saudara sekalian yang dimulyakan Allah. 

dan didalam peringatan tahun ini, marilah kita benar-benar mencari akan hikmah yang terkandung di dalamnya, yakni pada diri Nabi saw. Adalah merupakan uswatun khasanah bagi seluruh umat manusia di penjuru dunia, khusunya kita sekalian yang hadir ditempat ini. kita telah mengetahui akan kepribadian beliau, baik tutur katanya, perbuatannya semua mulia. oleh karenanya maka, marilah kita berupaya mencontoh dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari akan keluhuran dan kemuliaan akhlak beliau saw. Dengan mengamalkan hak tersebut, maka kita sekalian akan meraih kebahagiaa, baik kini di dunia ataupun di akhirat. 

Saudaraku sekalian yang dimuliakan Allah 

Di dalam Al-qur’an tepatnya pada surat Al Ahzab, ayat 21 Allah swt berfirman, yang artinya: "Sesungguhnya Rasululloh saw, menjadi suri tauladan yang baik bagi kamu, dan untuk orang-orang yang mengharapkan menjumpai Allah dan hari kiamat, dan yang ingat akan Allah sebanyak-banyaknya". 

Akhirnya demikianlah pidato sambutan ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita sekalian. Apabila terdapat kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Wabilahitaufik wal hidayah, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Sumber:

Assalamu’alaikuw Wr.Wb. 

Alhamdulillahirobbil’alamin,wabihi nasta’inu ‘ala umuriddunya waddin wa’ala alihi waashabihi ajma’in, amma ba’du. 

Saudara-saudara sekalian yang dimuliakan Allah. 

Di dalam malam yang penuh dengan kebahagiaan ini marilah kita terlebih dahulu mengucapkan rasa syukur kita kepada Allah swt, atas karunia nikmat dan hidayah-Nya hingga detik ini kita masih dipertemukan kembali dalam acara ini dan tiada halangan suatu apapun. Semoga kita menjadi hamba Allah yang benar-benarberiman dan bertaqwa kepada-Nya amin. 

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, dimana beliulah yang telah membimbin umat manusia dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang seperti sekarang ini, yakni dengan membawa misinya agama Islam. Dan mudah-mudahan kita sebagi umatnya yang benar-benar setia terhadap ajaran yang telah dibawanya. 

Saudara sekalian yang dimuliakan Allah.Di dalam sejarah agama Islam telah dijelaskan mengenai kelahiran Nabi Muhammad saw, yaitu tepatnya pada tanggal 12 Rabi’ul awwal, tahun gajah. Atau bersamaan dengan tanggal 20 April tahun 571 Masehi. mengapa hari kelahiran Nabi dinamakan dengan tahun gajah, karena pada tahun itu kota Mekkah diserang oleh tentara Nashrani yang dipimpin oleh Raja abraham dengan mengendarai gajah. Akan tetapi maksud mereka itu belum berhasil, mereka telah dibinasahkan oleh Allah swt, dengan perantara burung ababil yang berupaya melempari batu yang berasal dari neraka. 

Saudara sekalian yang dimulyakan Allah. 

dan didalam peringatan tahun ini, marilah kita benar-benar mencari akan hikmah yang terkandung di dalamnya, yakni pada diri Nabi saw. Adalah merupakan uswatun khasanah bagi seluruh umat manusia di penjuru dunia, khusunya kita sekalian yang hadir ditempat ini. kita telah mengetahui akan kepribadian beliau, baik tutur katanya, perbuatannya semua mulia. oleh karenanya maka, marilah kita berupaya mencontoh dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari akan keluhuran dan kemuliaan akhlak beliau saw. Dengan mengamalkan hak tersebut, maka kita sekalian akan meraih kebahagiaa, baik kini di dunia ataupun di akhirat. 

Saudaraku sekalian yang dimuliakan Allah 

Di dalam Al-qur’an tepatnya pada surat Al Ahzab, ayat 21 Allah swt berfirman, yang artinya: "Sesungguhnya Rasululloh saw, menjadi suri tauladan yang baik bagi kamu, dan untuk orang-orang yang mengharapkan menjumpai Allah dan hari kiamat, dan yang ingat akan Allah sebanyak-banyaknya". 

Akhirnya demikianlah pidato sambutan ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita sekalian. Apabila terdapat kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Wabilahitaufik wal hidayah, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Assalamu’alaikuw Wr.Wb. 

Alhamdulillahirobbil’alamin,wabihi nasta’inu ‘ala umuriddunya waddin wa’ala alihi waashabihi ajma’in, amma ba’du. 

Saudara-saudara sekalian yang dimuliakan Allah. 

Di dalam malam yang penuh dengan kebahagiaan ini marilah kita terlebih dahulu mengucapkan rasa syukur kita kepada Allah swt, atas karunia nikmat dan hidayah-Nya hingga detik ini kita masih dipertemukan kembali dalam acara ini dan tiada halangan suatu apapun. Semoga kita menjadi hamba Allah yang benar-benarberiman dan bertaqwa kepada-Nya amin. 

Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, dimana beliulah yang telah membimbin umat manusia dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang seperti sekarang ini, yakni dengan membawa misinya agama Islam. Dan mudah-mudahan kita sebagi umatnya yang benar-benar setia terhadap ajaran yang telah dibawanya. 

Saudara sekalian yang dimuliakan Allah.Di dalam sejarah agama Islam telah dijelaskan mengenai kelahiran Nabi Muhammad saw, yaitu tepatnya pada tanggal 12 Rabi’ul awwal, tahun gajah. Atau bersamaan dengan tanggal 20 April tahun 571 Masehi. mengapa hari kelahiran Nabi dinamakan dengan tahun gajah, karena pada tahun itu kota Mekkah diserang oleh tentara Nashrani yang dipimpin oleh Raja abraham dengan mengendarai gajah. Akan tetapi maksud mereka itu belum berhasil, mereka telah dibinasahkan oleh Allah swt, dengan perantara burung ababil yang berupaya melempari batu yang berasal dari neraka. 

Saudara sekalian yang dimulyakan Allah. 

dan didalam peringatan tahun ini, marilah kita benar-benar mencari akan hikmah yang terkandung di dalamnya, yakni pada diri Nabi saw. Adalah merupakan uswatun khasanah bagi seluruh umat manusia di penjuru dunia, khusunya kita sekalian yang hadir ditempat ini. kita telah mengetahui akan kepribadian beliau, baik tutur katanya, perbuatannya semua mulia. oleh karenanya maka, marilah kita berupaya mencontoh dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari akan keluhuran dan kemuliaan akhlak beliau saw. Dengan mengamalkan hak tersebut, maka kita sekalian akan meraih kebahagiaa, baik kini di dunia ataupun di akhirat. 

Saudaraku sekalian yang dimuliakan Allah 

Di dalam Al-qur’an tepatnya pada surat Al Ahzab, ayat 21 Allah swt berfirman, yang artinya: "Sesungguhnya Rasululloh saw, menjadi suri tauladan yang baik bagi kamu, dan untuk orang-orang yang mengharapkan menjumpai Allah dan hari kiamat, dan yang ingat akan Allah sebanyak-banyaknya". 

Akhirnya demikianlah pidato sambutan ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita sekalian. Apabila terdapat kesalahan kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Wabilahitaufik wal hidayah, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Assalamu Alaikum wr.Wb
Tiada kata yang pantas untuk diucapkan kecuali memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rohmat, taufiq, dan hidayahnya kepada kita sekalian. Sehingga kita masih dapat menikmati anugrah terindahnya berupa kesehatan serta oksigen yang kita hirup tanpa harus membayar sepeserpun.
Solawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi
besar kita Muhammad SAW yang telah menunjukkan kita dari jalan yang gelap gulita menuju jalan yang terang benderang
Bapak-bapak, Ibu-ibu, para hadirin yang saya hormati.
Tanggal 12 Rabiul Awal 1431 H, bertepatan pada tanggal seluruh kaum muslim merayakan maulid Nabi Muhammad SAW, tidak lain merupakan warisan peradaban Islam yang dilakukan secara turun temurun.
Dalam catatan historis, Maulid dimulai sejak zaman kekhalifahan Fatimiyah di bawah pimpinan keturunan dari Fatimah az-Zahrah, putri Muhammad. Perayaan ini dilaksanakan atas usulan panglima perang, Shalahuddin al-Ayyubi (1137M-1193 M), kepada khalifah agar mengadakan peringatan hari kelahiran Muhammad. Tujuannya adalah untuk mengembalikan semangat juang kaum muslimin dalam perjuangan membebaskan Masjid al-Aqsha di Palestina dari cengkraman kaum Salibis. Yang kemudian, menghasilkan efek besar berupa semangat jihad umat Islam menggelora pada saat itu.
Secara subtansial, perayaan Maulid Nabi adalah sebagai bentuk upaya untuk mengena akan keteladanan Muhammad sebagai pembawa ajaran agama Islam. Tercatat dalam sepanjang sejarah kehidupan, bahwa nabi Muhammad adalah pemimipn besar yang sangat luar biasa dalam memberikan teladan agung bagi umatnya.
Dalam konteks ini, Maulid harus diartikulasikan sebagai salah satu upaya transformasi diri atas kesalehan umat. Yakni, sebagai semangat baru untuk membangun nilai-nilai profetik agar tercipta masyarakat madani (Civil Society) yang merupakan bagian dari demokrasi seperti toleransi, transparansi, anti kekerasan, kesetaraan gender, cinta lingkungan, pluralisme, keadilan sosial, ruang bebas partisipasi, dan humanisme. Dalam tatanan sejarah sosio antropologis Islam, Muhammad dapat dilihat dan dipahami dalam dua dimensi sosial yang berbeda dan saling melengkapi.
Pertama, dalam perspektif teologis-religius, Muhammad dilihat dan dipahami sebagai sosok nabi sekaligus rasul terakhir dalam tatanan konsep keislaman. Hal ini memposisikan Muhammad sebagai sosok manusia sakral yang merupakan wakil Tuhan di dunia yang bertugas membawa, menyampaikan, serta mengaplikasikan segala bentuk pesan suci Tuhan kepada umat manusia secara universal.
Kedua, dalam perspektif sosial-politik, Muhammad dilihat dan dipahami sebagai sosok politikus andal. Sosok individu Muhammad yang identik dengan sosok pemimpin yang adil, egaliter, toleran, humanis, serta non-diskriminatif dan hegemonik, yang kemudian mampu membawa tatanan masyarakat sosial Arab kala itu menuju suatu tatanan masyarakat sosial yang sejahtera dan tentram.
Tentu, sudah saatnya bagi kita untuk mulai memahami dan memperingati Maulid
secara lebih mendalam dan fundamental, sehingga kita tidak hanya memahami dan memperingatinya sebatas sebagai hari kelahiran sosok nabi dan rasul terakhir yang sarat dengan serangkaian ritual-ritual sakralistik-simbolik keislaman semata, namun menjadikannya sebagai kelahiran sosok pemimpin.
Karena bukan menjadi rahasia lagi bila kita sedang membutuhkan sosok pemimpin bangsa yang mampu merekonstruksikan suatu citra kepemimpinan dan masyarakat sosial yang ideal, egaliter, toleran, humanis dan nondiskriminatif, sebagaimana dilakukan Muhammad untuk seluruh umat manusia.
Kontekstualisasi peringatan Maulid tidak lagi dipahami dari perspektif keislaman saja, melainkan harus dipahami dari berbagai perspektif yang menyangkut segala persoalan.
Misal, politik, budaya, ekonomi, maupun agama.

Bapak-bapak, Ibu-ibu, para hadirin yang saya cintai.
Nabi Muhammad dilahirkan ke dunia.
Datangnya membawa tugas.
Perginya meninggalkan bekas.
Datangnya membawa tugas yang diselesaikan dalam 23 tahun.
Datangnya ke dunia diperintah untuk memperbaiki budi pekerti (sholihah Akhlak)
supaya ummat ini menjadi umat yang sopan santun (makarimal akhlak)
Sopan terhadap siapa?
Sopan terhadap Alloh yang telah menciptakan kita
Sopan terhadap Rosululloh

Sopan terhadap agama yang kita peluk masing-masing
Sopan terhadap diri sendiri
Sopan terhadap orangtua
Sopan terhadap masyarakat
Sopan terhadap ibu pertiwi
Sopan terhadap negara.
Sopan terhadap Alloh.

Contohnya bagaimana kita sebelum makan berdoa dulu bismillahirrohmanirrohim.
Dengan nama Alloh Yang Maha Pengasih lagi Maha Pemurah adalah bentuk kesopanan
kita kepada Alloh.

Dalam pembukaan UUD 1945 menyebutkan atas berkat Rohmat Alloh Yang Maha
Kuasa merupakan bentuk kesopanan para pendahulu kita kepada Alloh. Mereka
mengakui bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia ini bukan karena pemberian sekutu,
bukan pemberian Jepang dan bukan semata-mata karena perjuangan bangsa Indonesia
melawan Belanda. Tapi adalah karena Rohmat Alloh Yang Maha Kuasa.

Ada orang yang berpidato menyebutkan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia adalah
karena hasil perjuangan rakyat Indonesia adalah bentuk ketidak-sopanan kepada Alloh.
Sopan terhadap Rosululloh, Rosul merupakan pintu gerbang agung agama. Maka sudah sepantasnya kita sopan kepada Rosululloh
agama, itu adalah kebohongan. Itu adalah atas nama hawa nafsu mereka sendiri
Semua agama mengajarkan kesucian. Karena itu kita harus sopan dalam beragama
Demonstrasi dengan meneriakkan Allohu Akbar sambil saling memukul,
menghancurkan, itu juga bentuk ketidak-sopanan kepada agama. Kalimat Allohu Akbar
adalah kalimat pertama yang dibaca pada waktu sholat, bagaimana bisa digunakan
untuk sesuatu seperti itu. Kalau tidak setuju dengan sesuatu, maka lakukan dengan
sopan pula. Penggusuran dengan meneriakkan Allohu Akbar, ini kan pelecehan
terhadap agama. Ketidaksopanan kepada agama. Mereka tidak menyadari bahwa
dengan berbuat seperti itu mereka telah berbuat tidak sopan kepada agama.
Sopan kepada diri sendiri
Bagaimana kita diperintah untuk menutup aurat adalah bentuk kesopanan pada diri
sendiri dan sebaik-baik pakaian adalah pakaian takwa. Tujuh lapis langit dan tujuh lapis
bumi yang diciptakan Alloh ini ibarat sepet (kulit sabut kelapa-red.), sedangkan
berliannya adalah manusia, maka sopanlah kepada diri sendiri.
Sopan kepada orang tua
Jangan sampai kita durhaka seperti kisah bagaimana seorang dari desa yang berhasil
menyekolahkan anaknya sampai menjadi sarjana dan orang yang sukses. Tapi ketika
orang tuanya datang tidak dihormati malah diusir. Ketidak-relaan orang tua
menyebabkan anak itu dan keluarganya diazab Alloh dengan dihancurkan rumah dan
keluarganya. Padahal seharusnya si anak bangga dengan orang tuanya yang tinggal di
desa tersebut karena telah berhasil mendidik anaknya menjadi orang yang sukses
dibandingkan dengan orang kota yang belum tentu berhasil mendidik anaknya menjadi
orang yang sukses.
Sopan kepada masyarakat
Dalam kehidupan ini kita tidak bisa keluar dari masyarakat, maka kita harus sopan
kepada masyarakat.
Sopan kepada ibu pertiwi
Hadis Cinta tanah air bagian dari iman adalah bentuk kesopanan kepada ibu pertiwi.
Pendahulu kita memberikan lambang negara berbentuk Garuda Pancasila
melambangkan jiwa yang besar. Namun yang terjadi sekarang jiwa bangsa Indonesia
sedang sakit kronis dengan semakin berkurangnya rasa Cinta Tanah Air
Di zaman sekarang ini globalisasi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari. Namun tak
ada satu negara pun yang mau dilibas oleh negara lain. Satu-satunya cara adalah
dengan menumbuhkan Cinta Tanah Air. Jepang, Korea tidak sampai terlibas dalam era
globalisasi karena mereka mempunyai akar yang kuat dengan Cinta Tanah Air.
Sedangkan pada siapa kita diajar untuk santun?

Kita diajar santun kepada anak-anak yatim
Kita diajar santun kepada para fakir miskin
Kita diajar santun kepada orang-orang yang teraniaya
Kita diajar santun kepada orang-orang yang terkena bencana.

Semoga uraian ini bermanfaat. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.
Assalamu alaikum wr. wb.

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

            Alhamdulillahi rabbil alamin wa shalatu wa salamu ala ashropil anbiayi wal mursalin, wa ala alihi wa ash habihi ajmain amma badu.

            Tiada kata yang layak kita sanjungkan pada detik-detik ini melainkan sanjungan puja dan puji syukur ke hadirat allah swt. Karena atas berkat rahmat dan hidayah nya lah kita semua bisa berkumpul di tempat yang mulia ini. atas berkat nikmat nya pula kita semua dapat merasakan apa yang orang lain belum tentu dapat dirasakan.

            Shalawat beserta salam semoga senantiasa tercurah limpahkan kepada habibana wa nabiyana muhammad saw. Yang pada bulan ini kita peringati hari kelahirannya. Atas jasa beliau lah islam dapat menyebar ke seluruh dunia dan kita dapat merasakan keindahan islam. atas jasa nya pula kita semua dapat membedakan yang haq dan yang bathil sehingga kita bisa terhindar dari adzab dan siksa allah swt.

            Saya ucapkan banyak terima kasih kepada panitia maulid nabi yang bersusah payah menyiapkan segala persiapannya sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar tanpa ada masalah sedikitpun.

            Hadirin rahima kumullah.

            Perlu hadirin ketahui, Sesungguhnya peringatan maulid nabi itu termasuk bidah, karena hal itu  tidak ada di zaman nabi. Namun bidah tersebut adalah bidah hasanah artinya bidah yang membawa kebaikan.  selama perayaan tersebut semata-mata berupa ungkapan syukur atas kelahiran nabi muhammad saw karena kelahirannya menjadi rahmat bagi seluruh alam.

            Bertepatan dengan maulid kali ini, saya akan sedikit mengingatkan saudara sekalian tentang sejarah kelahiran nabi muhammad saw. Saya disini hanya sekedar mengingatkan, karena saya tahu mungkin saudara semua sudah banyak yang mengetahui hal tersebut. Mungkin pengetahuan saudara jauh lebih luas dari pada pengetahuan saya.

            Hadirin rahima kumullah

            Tepat pada tanggal 12 rabiul awal tahun gajah, atau 20 April tahun 570 masehi, pada malam yang gelap gulita lahirlah sebuah bintang yang sangat terang benderang menyinari malam yang gelap gulita. Ia adalah cahaya dalam kegelapan, ia adalah cahaya dalam dada. Cahaya nya semakin terang sampai berabad-abad setelah ia tiada. ia dikenal dengan nama muhammad. Seorang nabi yang sangat mulia yang diutus oleh allah.

            Peristiwa kelahiran nabi muhammad dipenuhi beberapa  peristiwa-peristiwa luar biasa, mulai dari padam nya api di kerajaan persia, hancurnya sesembahan batu di sana, dan penyerbuan tentara bergajah untuk menghancurkan kabah di mekkah, namun tentara tersebut dihancurkan oleh burung ababil yang di utus oleh sang pemilik kabah. Sehingga tahun kelahiran nabi muhammad dikenal pula dengan tahun gajah. Itu semua telah menjadi pertanda yang luar biasa untuk menyambut lahirnya seseorang yang luar biasa pula.

            Nabi muhammad dilahirkan dari seorang perempuan yang bernama siti aminah dan ayahnya bernama Abdullah bin Abdul Muthalib. Beliau dilahirkan ke dunia ini sudah dalam keadaan yatim, karena ayah nya sudah mendahuluinya 7 bulan sebelum kelahirannya.

Nabi muhammad adalah sosok yang penuh dengan suri tauladan yang layak untuk kita tiru. Beliau mengajarkan kepada kita bagaimana bertutur sapa yang baik, berdagang yang baik, bekerja yang baik, menjadi pemimpin yang bijaksana, menjadi suami yang bertanggung jawab, menjadi manusia yang patuh pada Allah, menjadi sahabat yang bisa dipercaya, pedagang yang jujur, ucapannya jujur, perangainya yang mulia, janji yang bisa ditepati. Dan lain sebagainya.

            Nabi Muhammad adalah nabi yang terakhir diutus Allah ke bumi untuk menyelamatkan manusia dari jalan kesesatan. Baginda nabi adalah Rasul yang menjadi penerang dari jalan ke gelapan, yang mengangkat derajat wanita muslim, yang menghargai hak asasi manusia, Nabi muhammad adalah sosok pemimpin yang menggemparkan dunia. Pengaruhnya hingga ke pelosok bagian bumi jauh dari mekah termasuk Indonesia. Nabi Muhammad adalah nabi akhir zaman, tidak ada nabi setelah beliau. Beliau terus berjuang tanpa menyerah menyebarkan islam ke penjuru dunia, walaupun kaum kafir quraisy banyak yang menentangnya. Beliau dengan kesabaran nya terus berjuang sampai akhir hayatnya.

           

            Sekian penjelasan tentang sekilas sejarah peristiwa kelahiran nabi muhammad saw. Semoga maulid kali ini membuat kita lebih cinta dan lebih menjunjung tinggi rasulullah . Yang selanjutnya rasa cinta tersebut dapat diamalkan dengan perbuatan. Misalnya dengan banyak bershalawat kepada nya, meneladani sifat-sifat nya yang mulia dan sebagainya. Dengan kisah yang dikemukakan diatas, semoga hadirin semua bisa mengambil hikmah nya. Semoga kita semua menjadi orang yang disayang oleh allah dan rasul nya muhammad saw. Insya allah  Amin

            Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan pada detik ini, kesimpulannya adalah melalui maulid ini kita semua diharapkan bisa mengambil hikmahnya agar kita bisa menjadi lebih baik lagi dan lebih baik lagi, sehingga kita bisa menjadi manusia yang mulia dimata allah swt, seperti nabi muhammad saw. Amin

Sebelum kami tutup pembicaraan ini, saya sangat menyadari sekali  semua yang telah kami jabarkan tidak terlepas dari banyaknya kesalahan. kesalahan tersebut semata-mata adalah dari diri saya yang penuh dengan kekurangan. karena itu, saya sampaikan permintaan maaf saya yang sebesar-besarnya. Jika pun ada manfaatnya semata datangnya dari allah swt yang maha sempurna .

Hadanallahu wa iyakum ajmain hud ma sha fa wa da ma kadar  akhirul kalam wassalamualaikum wr.wb.

 

Leave a Reply