Pidato Apel 10 1 2011

PIDATO

BIMBINGAN DAN PENGARAHAN

BUPATI LABUHANBATU UTARA

PADA

APEL GABUNGAN

HARI SENIN TANGGAL 10 JANUARI 2011

TEMPAT

DI HALAMAN KANTOR BUPATI LABUHANBATU UTARA

PIDATO

BIMBINGAN DAN PENGARAHAN

BUPATI LABUHANBATU UTARA

PADA

APEL GABUNGAN

HARI SENIN TANGGAL 10 JANUARI 2011

BERTEMPAT DI HALAMAN KANTOR BUPATI LABUHANBATU UTARA

SAUDARA WAKIL BUPATI LABUHANBATU UTARA.

SAUDARA SEKRETARIS DAERAH LABUHANBATU UTARA.

SAUDARA PARA ASISTEN , KEPALA SKPD SE­­- KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA.

SAUDARA PARA KEPALA KANTOR, KEPALA BAGIAN, KEPALA BIDANG, KEPALA SEKSI SERTA SELURUH PESERTA APEL GABUNGAN YANG BERBAHAGIA.

PERTAMA TAMA MARILAH KITA PANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA ESA, KARENA DENGAN RAHMAT DAN RIDHONYA PADA PAGI HARI INI KITA MASIH DAPAT BERKUMPUL MELAKSANAKAN APEL GABUNGAN .

BAPAK , IBU YANG SAYA HORMATI.

DALAM KESEMPATAN INI, SAYA INGIN MENGAJAK KITA SEMUA UNTUK DAPAT MERENUNG KEMBALI PEKERJAAN PEKERJAAN YANG TELAH KITA LAKSANAKAN DAN MENJADI TUGAS POKOK DISEPANJANG TAHUN 2010,

PERLU KITA BERTANYA APAKAH MASIH ADA PEKERJAAN DAN TUPOKSI YANG BELUM DISENTUH?

MENYONGSONG ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH TAHUN 2011 SEBENTAR LAGI AKAN MULAI KITA KERJAKAN DALAM RANGKA MENGISI PEMBANGUNAN UNTUK MENCAPAI MASYARAKAT YANG ADIL DAN SEJAHTERA SEBAGAI TUJUAN PEMEKARAN KABUPATEN YANG KITA CINTAI INI .

SAUDARA HADIRIN YANG SAYA MULIAKAN

PERLU KITA CERMATI PENTINGNYA PERANAAN KEBERSIHAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN DI MASYARAKAT, BANGSA DAN NEGARA .

Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau.

BAPAK IBU PESERTA APEL YANG BERBAHAGIA

kebersihan juga berarti bebas dari virus, bakteri patogen, dan bahan kimia berbahaya.

Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan higiene yang baik. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat, tidak bau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain.

Kebersihan badan meliputi kebersihan diri sendiri, seperti mandi, menyikat gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian yang bersih.

HADIRIN YANG SAYA MULIAKAN.


Mencuci
adalah salah satu cara menjaga kebersihan dengan memakai air dan sejenis sabun atau deterjen. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan produk kebersihan tangan merupakan cara terbaik dalam mencegah penularan influenza dan batuk-pilek.

Program cuci tangan pakai sabun harus terus digalakkan terutama dilingkungan sekolah sebagai salah satu kegiatan uks dan ukgs.


Kebersihan lingkungan
adalah kebersihan tempat tinggal, tempat bekerja, dan berbagai sarana umum.

Kebersihan tempat tinggal dan tempat kerja hendaknya kita dilakukan secara berkesinambungan dengan cara melap jendela dan perabot rumah tangga serta peralatan untuk bekerja, menyapu dan mengepel lantai, mencuci peralatan masak dan peralatan makan (misalnya dengan abu gosok), membersihkan kamar mandi dan jamban, serta membuang sampah pada tempat yang telah tersedia.

Kebersihan lingkungan dimulai dari menjaga kebersihan halaman dan selokan, dan membersihkan jalan di depan rumah dan tempat bekerja .

BAPAK IBU PESERTA APEL YANG SAYA BANGGAKAN

KESADARAN AKAN KEBERSIHAN MERUPAKAN UNIT TINDAKAN TERKECIL DARI SUATU BANGSA UNTUK MENCAPAI DERAJAT KESEHATAN YANG SEMAKSIMAL MUNGKIN.

UNTUK MENCAPAI DERAJAT KESEHATAN YANG OPTIMAL. DITANAMKANNYA PERILAKU HIDUP YANG BERSIH DAN SEHAT SEJAK DINI DALAM KELUARGA SEHINGGA DAPAT MENCIPTAKAN KELUARGA YANG SEHAT. SELANJUTNYA KELUARGA YANG SEHAT AKAN MEMBENTUK MASYARAKAT, DESA DAN KELURAHAN SEHAT, KECAMATAN SEHAT, KABUPATEN DAN KOTA SEHAT, PROVINSI SEHAT DAN BANGSA SEHAT. BANGSA YANG SEHAT , YANG MEMILIKI DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT YANG TINGGI AKAN MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS BANGSA TERSEBUT. OLEH KARENA ITU, LINGKUNGAN SEHAT, KELUARGA YANG SEHAT ADALAH INVESTASI SUATU BANGSA BAGI PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIANYA YANG PRODUKTIF.

SAUDARA PESERTA UPACARA YANG SAYA MULIAKAN

UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 2009 TENTANG KESEHATAN, MENGAMANATKAN BAHWA PEMBANGUNAN KESEHATAN DITUJUKAN UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN, KEMAUAN DAN KEMAMPUAN HIDUP SEHAT BAGI SETIAP ORANG, AGAR TERWUJUD DERAJAT KESEHATAN MASYARAKAT YANG SETINGGI-TINGGINYA SEBAGAI INVESTASI BAGI PEMBANGUNAN SEMBER DAYA MANUSIA YANG PRODUKTIF SECARA SOSIAL DAN EKONOMIS.

HADIRIN YANG TERHORMAT.

BANYAK PERMASALAH KESEHATAN YANG DAPAT DIATASI BILA ASPEK PRILAKU DIPERHATIKAN . KELUARGA SEHAT BERKAITAN ERAT DENGAN PRILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ATAU PHBS DIRUMAH TANGGA, BEBERAPA PERMASALAHAN KESEHATAN SEPERTI DIARE DAPAT DICEGAH BILA MASYARAKAT DAPAT MENERAPKAN PRILAKU SEHAT DENGAN MENCUCI TANGAN PAKAI SABUN, MINUM AIR YANG DIMASAK DAN MEMANFAATKAN SARANA KESEHATAN LINGKUNGAN DENGAN BAIK.

DEMAM BERDARAH DAPAT DICEGAH BILA MASYARAKAT MELAKUKAN 3M PLUS YAITU MENGURAS, MENUTUP, MENGUBUR PLUS MEMBASMI SARANG NYAMUK, MENGHINDARI GIGITAN NYAMUK DAN MENCIPTAKAN LINGKUNGAN SEHAT YANG BEBAS DARI JENTIK NYAMUK.

MALARIA DAPAT DICEGAH JIKA SELURUH ANGGOTA KELUARGA DI-DAERAH ENDEMIS MALARIA MENGGUNAKAN KELAMBU PADA SAAT TIDUR.

GIZI BURUK DAPAT DIDETEKSI SECARA DINI DAN DICEGAH BILA BAYI DAN BALITA SELALU DIBAWA KEPOSYANDU SETIAP BULAN .

KEMATIAN BAYI DAPAT DICEGAH BILA IBU MELAHIRKAN DITOLONG OLEH PETUGAS KESEHATAN DI FASILITAS KESEHATAN.

PENYAKIT JANTUNG DAN HIPERTENSI DAPAT DICEGAH BILA MASYARAKAT MENERAPKAN GAYA HIDUP SEHAT YAITU BEROLAHRAGA SECARA TERATUR, TIDAK MEROKOK DAN MAKAN MAKANAN YANG TINGGI SERAT.

BAPAK, IBU YANG SAYA MULIAKAN

PERMASALAHAN KESEHATAN TIDAK DAPAT DISELESAIKAN OLEH DINAS KESEHATAN SENDIRI MELAINKAN PERLU DIDUKUNG OLEH PERAN SERTA BERBAGAI PIHAK BAIK LINTAS SEKTOR, ORGANISASI MASYARAKAT, LSM, MAUPUN DUNIA USAHA. OLEH SEBAB ITU PENINGKATAN UPAYA KEMITRAAN DAN PERAN SERTA DALAM PEMBANGUNAN KESEHATAN PERLU TERUS DIDORONG, DITINGKATKAN, DAN DIKEMBANGKAN .

SAUDARA SAUDARA YANG BERBAHAGIA.

SEBAGAI SEORANG ABDI NEGARA, ABDI MASYARAKAT, PEGAWAI NEGERI SIPIL DITUNTUT UNTUK DAPAT MELAKSANAKAN PENGABDIAN KEPADA NEGARA DAN BANGSA KHUSUSNYA KEPADA KABUPATEN LABUHANBATU UTARA YANG KITA CINTAI INI, UNTUK MEWUJUDKAN LINGKUNGAN SEHAT,KELUARGA SEHAT SEBAGAI INVESTASI BANGSA MELALUI SEMANGAT BERSAMA KITA BISA, SEBAGAI UPAYA KITA UNTUK MEWUJUDKAN DERAJAT KESEHATAN YANG SETINGGI-TINGGINYA BAGI MASYARAKAT INDONESIA MENDAPATKAN RIDHO DARI ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA KUASA. AMIN.

TERIMAKSIH DAN SELAMAT BEKERJA.

WASSALAMUALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH.

AEK KANOPAN , 10 JANUARI 2011

BUPATI LABUHANBATU UTARA

H.KHARUDDIN SYAH SE.

Leave a Reply