Pidato Rosya : Muhammadin Wa Ala Alihi Wasahbihi Ajmain.

Assalamualaikum Wr. Wb

Alhamdulillahirabbil alamin, asshala tu wassalamu ala asrfil ambiya iwal mursalin. Sayyidina Muhammadin wa ala alihi wasahbihi ajmain. Amma badu.

Bapak Ibu Dewan Juri yang saya hormati, serta teman-teman yang saya sayangi

Nabi Muhammad saw pernah bersabda yang artinya adalah, bahwa menuntut ilmu itu sejak buaian hingga liang lahat. Ini membuktikan bahwa pendidikan itu tidak mengenal usia. Bahkan dari sejak dini perlu diberikan pendidikan. Sejak kita di kandungan, hingga kita dikubur di liang lahat nanti. Dengan pendidikan, dapat membuka wawasan, pengetahuan, dan membuat tujuan hidup kita lebih terarah serta Kita dapat mengetahui mana yang benar dan mana yang salah.

Hadirin yang saya Hormati

Berdasarkan penelitian, sekitar 50% perkembangan otak kita terjadi pada usia 4 tahun dan menjadi 80% saat usia 8 tahun. Puncaknya adalaah saat kita berusia 18 tahun. 4 tahun pertama menjadi masa emas bagi kita. Di masa ini kita perlu diberikan pendidikan anak usia dini atau PAUD.

Diibaratkan, belajar di waktu kecil bagaikan mengukir diatas batu. Belajar setelah dewasa bagaikan mengukir di atas ait. Saat kecil, ilmu yang kita dapat akan terus tersimpan dalam otak. Sedangkan saat dewasa ilmu yang kita dapat dan pelajari akan mudah lupa. Oleh karena itu, kita sejak kini harus rajin belajar, rajin mencari pengetahuan, dan ilmu yang bermanfaat bagi masa depan yang lebih baik.

Hadirin yang berbahagia

Pendidikan bisa kita dapat dimana saja. Bisa di sekolah, di rumah, di perpustakaan, atau dari teman kita sendiri. Ilmu bisa kita dapat kapan saja. Saat kita kecil, kita anak-anak, bahkan hingga kita dewasa nanti. Karena pendidikan di usia dini merupakan pondasi yang kokoh untuk membentuk karakter dan kepribadian kita agar menjadi generasi penerus bangsa yang luar biasa.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Leave a Reply