Pidato Narkoba : Nama V. Viktor L.

Nama : V. Viktor L.

Kelas : X.10/39

Topik : Ketidaksadaran masyarakat tentang Narkoba

Tujuan : Agar pendengar dapat lebih termotivasi untuk memerangi narkoba

Pendengar : masyarakat kota

Situasi : Pada pagi hari, di dalam gedung serbaguna. Acara Formal.

Selamat pagi para hadirin sekalian. Salam sejahtera bagi kita semua. Pada pagi hari ini, saya akan berpidato tentang narkoba yang sedang marak di masyarakat kita.

Di Indonesia, jumlah pengguna narkoba dalam beberapa tahun ini diperkirakan sekitar empat juta. Jika setiap pemakai narkoba mengonsumsi satu gram sehari berarti hanya dalam waktu 24 jam sebanyak empat ton narkoba berbagai jenis dikonsumsi penduduk Indonesia. Sebulan jumlah itu mencapai 120 ton. Sebuah angka yang sungguh fantastis.

Jumlah pengguna yang begitu besar ditambah lemahnya penegakan hukum di Indonesia tentu membuat ngiler para pengedar narkoba untuk mengeruk keuntungan. Tak mengherankan bila kemudian negeri ini dijadikan pusat peredaran narkoba oleh para pengedar internasional. Tentu saja mereka juga bekerja sama dengan warga negara Indonesia.

Penyalahgunaan narkotik sama saja dengan tindak kejahatan lain. Para pelakunya tidak mengenal waktu, tidak mengenal hari, tidak kenal siang-malam, dan tidak kenal bulan apa pun.

Oleh karena itu, siapa pun perlu memahami bahwa penyalahgunaan narkoba harus disikapi bersama. Yakni, dikampanyekan terus-menerus, dilawan, dan diperangi bersama-sama.

Memang aparat kepolisian harus berada di barisan terdepan dalam memberantas kejahatan, tetapi itu saja belum cukup. Sebab, selain tenaga polisi terbatas, tindak kejahatan yang merupakan penyakit masyarakat sering tertutup oleh kehidupan sosial yang seolah-olah bukan tindak kejahatan.

Masyarakat harus saling bekerja sama, saling bertukar pengalaman, dan bertukar informasi tentang apa penyakit masyarakat, tentang apa tindak kejahatan penyalahgunaan narkotik atau penyalahgunaan narkoba.

Dengan demikian, akan diperoleh kesamaan pandangan dan sikap dalam menghadapi meluasnya tindak kejahatan penyalahgunaan narkoba. Selama ini sebagian besar orang berpandangan sama mengenai ancaman narkoba. Mereka menganggap narkoba mengancam kelangsungan hidup generasi muda. Tetapi, pemahaman yang sama belum tentu diikuti sikap yang sama pula dalam memerangi narkoba.

Meski semua orang paham bahwa narkoba mengancam masa depan generasi muda, dalam bersikap terhadap penyalahgunaan narkoba, masyarakat belum seperti menghadapi ancaman perampokan atau tindak kejahatan disertai kekerasan. Oleh sebab itu, mari kita memerangi penyalahgunaan narkoba!

Terima kasih atas perhatian para hadirin. Semoga para hadirin dapat ikut berpartisipasi dalam menanggapi masalah ini.

Leave a Reply