Contoh Pidato Tentang Meningkatkan Motivasi Belajar

Assalamualaikum Wr Wb

Yang saya hormati bu Endang selaku guru bahasa indonesia dan teman-teman yang saya sayangi. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat-Nya kepada kita. Sehingga, kita semua dapat berkumpul disini tanpa kurang satu apapun. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit hal yang dapat membuat kita termotivasi untuk lebih giat belajar

Rekan-rekan siswa,

Wiliam A. Ward pernah mengatakan mengenai resep sukses seseorang, dengan kalimat yang begitu indah Resep sukses adalah : belajar ketika orang lain tertidur, bekerja ketika orang lain malas dan bermimpi ketika orang lain berharap. Dari perkataan tersebut kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa kita harus senantiasa belajar agar bisa menjadi orang sukses dan tidak menyia-nyiakan waktu.

Rekan-rekan siswa,

Setiap orang satu dengan yang lainnya memiliki cara yang berbeda untuk meningkatkan motivasi belajarnya. Seseorang memiliki motivasi untuk belajar karena memiliki keinginan, cita-cita, atau manfaat bagi dirinya sendiri. Tetapi mengapa kita tidak mau belajar, padahal banyak manfaat yang bisa kita ambil jika kita giat belajar?

Dan sebagian besar orang menjawab pertanyaan itu dengan jawaban malas. Sebuah jawaban singkat yang sangat besar dampaknya bagi diri kita. Dan sejujurnya hal itu juga masih sering menghantui diri saya sampai sekarang. Lalu Mengapa malas belajar ? Dan jawabannya adalah karena tidak ada ulangan, ada acara TV kesukaan, mau bermain dulu, atau macam-macam. Dan kita baru tersadar untuk belajar saat mendekati ulangan semester atau harian. Namun, biasanya saat itu tugas juga akan menumpuk. Sehingga membuat kita menjadi lebih pusing lagi untuk membagi waktu. Dan pada akhirnya kita hanya bisa menyesal karena malas untuk belajar.

Rekan-Rekan siswa,

Saya sangat berharap. Jangan sampai hal-hal sepele seperti yang telah saya katakan sebelumnya menggerogoti kita disaat kita akan menghadapi UN yang sudah semakin mendekat. Untuk itu berikut ini saya akan memberikan beberapa tips agar kita bisa meningkatkan minat diri untuk belajar yang saya telah rangkum dari beberapa sumber

Pertama, kita harus bisa melakukan pengendalian diri terhadap diri kita terhadap hal-hal yang bisa membuat kita menjadi malas belajar.

Kedua, belajarlah lewat internet. Dari internet kita bisa mendownload buku-buku bse yang dapat kita gunakan untuk sumber selain buku-buku dari sekolah. Atau kita bisa mencari suatu situs yang membahas tentang pelajaran dan kita bisa bergabung kedalam situs itu. Tetapi, saat kita belajar lewat internet muncul sebuah pernyataan seperti ini Kalau sudah membuka internet maka akan lupa untuk belajar dan malah membuka situs lain. Dan salah satu cara untuk menghindari hal tersebut adalah dengan melakukan tips pertama yaitu kita harus bisa mengendalikan diri kita meskipun itu akan menyakitkan.

Ketiga, Temukan motivator atau penyemangat. Kadang, seseorang butuh penyemangat untuk meningkatkan motivasi dalam belajar. Misal : teman, orang tua, atau guru.

Keempat, Bergaullah dengan tepat. Pergaulan merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita. Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar akan membuat kita minat untuk belajar juga.

Mungkin itu saja tips-tips yang bisa saya berikan. Semoga tips-tips tersebut bisa membuat kita menjadi semakin giat belajar kedepanya. Amin.

Sekian pidato dari saya, terima kasih.

Leave a Reply